OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Review /  Wuling Almaz RS, SUV Dengan Sensasi Berkendara Mirip Pesawat



Wuling Almaz RS, SUV Dengan Sensasi Berkendara Mirip Pesawat

04 Apr 2021

Wuling Almaz RS

Wuiling Almaz RS resmi meluncur di Indonesia (Foto : Istimewa)

News.OLX.co.id - Wuling boleh dibilang satu langkah lebih maju dalam hal inovasi teknologi dibandingkan pabrikan otomotif lain yang telah lama ada di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari taburan teknologi yang tersemat pada setiap produknya. Salah satunya yang ada pada Wuling Almaz. 

Wuling Almaz merupakan mobil pertama di Indonesia yang bisa menangkap perintah suara dalam bahasa Indonesia. Praktis membuat pengendara di Tanah Air sangat terbantu untuk menjaga konsentrasinya saat berkendara, karena tak perlu repot kedua tangan harus melepas lingkar kemudi.

Tak main-main, perintah suara yang dikenal dengan nama Wuling Indonesia Command (WIND) itu bisa hadir berkat kerja keras lebih dari 100 insinyur dan menghabiskan lebih dari 3.000 jam.

Tapi rasanya itu saja belum cukup. Wuling kemudian mengenalkan teknologi canggihnya berupa Internet of Vehicle (IoV) pada SUV teranyarnya Almaz RS.

Wuling Almaz RS kini dilengkapi teknologi canggihnya berupa Internet of Vehicle (IoV). 

Perlu diketahui, IoV merupakan salah satu bagian dari Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) atau inovasi terbaru dari Wuling yang menciptakan ekosistem pintar yang dapat menghubungkan Anda dengan mobil melalui Internet Car dan memaksimalkan keamanan dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Dengan adanya IoV maka memungkinkan pengoperasian mobil dapat dilakukan dari sebuah smartphone. Pastinya kehadiran IoV akan meminimalisir kekhawatiran para pemilik mobil. 

Contoh sederhananya, saat OLXer harus pergi keluar untuk sebuah meeting. Kemudian saat itu Anda datang terlambat, sehingga harus terburu-buru. Sesampainya di lift, baru menyadari apakah mobil sudah dikunci atau belum, tetapi pertemuan dengan klien itu sudah tak mungkin lagi ditunda. 

Nah, dengan teknologi canggih yang tersemat pada Wuling Almaz RS ini memungkinkan OLXer untuk mengunci pintu dari smartphone tanpa perlu kembali ke mobil hanya untuk mengeceknya. 

"Anda tak perlu khawatir dengan Wuling Almaz RS. Yang perlu dilakukan hanya menyalakan aplikasi MyWuling+ dan Anda bisa mengontrol mobil dari situ. Anda bisa mengunci dan membuka kuncinya serta membuka jendela jadi pertemuan dengan klien tak terganggu," ungkap Chief Financial Officer PT SGMW Motor Indonesia, James Wu. 

Konsumen Setia Wuling Almaz

Wuling Almaz dan Capt Vincent
Captain Vincent Raditya, yang juga seorang Youtuber dan pilot menjajal langsung Wuling Almaz RS. (Instagram)

OLXer juga bisa mengetahui posisi Wuling Almaz RS kapanpun. Fitur keamanan yang satu ini tentu memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya. Kecanggihan teknologi Wuling Almaz RS tak ayal mengundang decak kagum dari konsumennya. 

Adalah Captain Vincent Raditya, yang juga seorang Youtuber dan pilot justru menganggap Wuling sudah mirip pesawat terbang lantaran sistem canggih disematkan pada Almaz RS. 

Pria yang memiliki pesawat Cessna 172 tersebut mengakui kecanggihannya dan fitur-fitur yang ada pada Wuling selalu top of the line.

“Dimana sekarang era electrical, autopilot, automation. Saya memang sudah biasa terbang ya, kita selalu terbang dengan autopilot dengan autothrottle, saya benar-benar amaze sekali dengan kecanggihan fitur mereka. Mobilnya bisa berjalan dengan semi autonomous. Itu kalau di pesawat udah kaya autopilot, autothrottle wah itu keren banget lah canggih," ujar Capt Vincent yang diketahui sudah menggunakan Wuling Almaz selama dua tahun belakangan. 

Capt Vincent juga bukan hanya mengagumi kecanggihan teknologi yang ada pada Wuling Almaz RS, sebab dia juga menyukai desainnya yang dianggap sangat memikat. 

Desain Mewah Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS samping
Desain samping Wuling Almaz RS.

Ya, kalau diperhatikan dengan seksama tampilan Almaz RS dan Almaz biasa memang berbeda.  Namun satu hal yang tak hilang adalah desain mewahnya. SUV yang memiliki makna berlian ini benar-benar menyita perhatian.

Wuling mengusung banyak garis tajam mulai dari pinggiran lampu depan, tonjolan di bagian bemper belakang dan terkesan menjadi sebuah tiga dimensi yang menyerupai potongan berlian. Ini sejalan dengan misi Wuling untuk menawarkan yang memang ingin menghadirkan kemewahan di kelas atas. 

"Pertama yang saya rasakan kesan premiumnya benar-benar ada ya, mulai dari masuknya eksteriornya, desain interior sama semua fitur-fiturnya itu keren. Dari awal ke luar Wuling itu sudah luar biasa. Dari pertama saya memang sudah 2 tahun pakai Almaz sendiri," kata Capt. Vincent lagi. 

Desain mewah dan fitur canggih pada setiap mobil biasanya harus dibayar mahal oleh sang konsumen. Namun hal berbeda justru ditempuh Wuling. Agar kecanggihan teknologi ini bisa dirasakan berbagai lapisan masyarakat Indonesia, banderolan harga pada Wuling Almaz RS justru amat kompetitif. Tak heran jika Wuling berani menargetkan Almaz RS bisa terjual 1.000 unit per bulannya.

Itu belum seberapa, karena Wuling juga memberikan subsidi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada Almaz RS yang membuat harganya dijual mulai Rp 340,8 juta hingga Rp 354,8 juta untuk varian tertinggi. Perlu dicatat harga tersebut berlaku hanya sampai 30 April 2021. 

Terhitung mulai 1 Mei 2021, harga Wuling Almaz RS bakal naik dan diumumkan pada kesempatan berbeda. Bagi konsumen yang membeli selama periode tersebut akan diberikan  gratis biaya servis berkala hingga 50.000 kilometer atau 4 tahun dengan syarat dan ketentuan berlaku.

"Kita semua tau pemerintah menerapkan relaksasi PPnBM mulai Maret sebuah dorongan yang bagus untuk industri otomotif Indonesia. Untuk mengikuti arahan dari pemerintah meskipun Almaz RS tak masuk dalam daftar penerima PPnBM, Wuling memutuskan untuk memberikan PPnBM hingga Rp 16 juta," kata James Wu.

Wuling Almaz RS Banjir Fitur 

Wuling Almaz RS
Tampilan interior Wuling Almaz RS

Sekadar informasi, seperti yang disebutkan Capt Vincet, Wuling Almaz RS memiliki berbagai inovasi canggih, seperti dibekali panel layar sentuh Smart Multimedia 10.4" touchscreen yang terkoneksi dengan aplikasi musik bawaan, JOOX, hingga mampu mendengarkan musik secara live streaming. 

Fitur yang tak kalah membuat mobil ini jadi keren yaitu keberadaan Panoramic Sunroof dengan  panel kaca di atap lebarnya hingga 0.82 meter persegi dan dioperasikan secara elektrik. 

Mobil ini juga dijejali fitur Emergency Stop Signal, 360° Camera, Keyless Entry, Keyless Remote, Start-Stop Button, Drive Mode (Eco - Sport), 2nd Row USB Port, Audio Steering Switch, Front & Rear Parking sensor, ISOFIX, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Sound System Infinity by Harman, Immobilizer, Anti-Theft Alarm, Seat Belt Reminder.

Tidak hanya itu, Wuling Almaz RS memiliki fitur-fitur safety seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA). Kombinasi ABS, EBD, dan BA ini disebut bisa memaksimalkan daya pengereman kendaraan.

Selain itu, ada juga Electronic Stability Control (ESC), rem tangan elektrik dengan sentuhan jari atau Electric Parking Brake (EPB), kemudian Hill Hold Control (HHC), hingga Auto Vehicle Holding (AVH) yang membantu mobil untuk tetap diam saat pedal gas tidak diinjak.

Mobil ini juga dilengkapi kantung udara atau SRS Airbag (Front & Side) di kursi pengemudi maupun penumpang, TCS (Traction Control System) untuk mencegah roda mobil selip saat berakselerasi.

Fitur lainnya yang juga termasuk Internet of Vehicle dan Assistance System, antara lain  Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, Bluetooth Key,  Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App, Adaptive Cruise, Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA)-Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA), Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA),  Collision Mitigation System (CMS), hingga Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Spesifikasi Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS
Wuling Almaz RS. 

Nah, selain fitur keamanan dan keselamatan, berikut ini beberapa spesifikasi dari Wuling Almaz RS:

Dimensi Wuling Almaz RS

Panjang 4.655mm
Lebar 1.835mm
Tinggi 1.760mm
Wheel Base 2.750mm

Mesin Wuling Almaz RS

Mesin 4 silinder segaris DOHC, Turbocharged, 1.451cc
Tenaga Maksimal 140 dk @5.200 rpm
Torsi Maksimal 250 Nm @1.600-3.600 rpm
Transmisi Continuously Variable Transmission (CVT)
Bahan Bakar Bensin
Transmisi Continuously Variable Transmission (CVT)
Girboks 8 percepatan
Bahan Bakar Bensin

Suspensi, Ban dan Rem Wuling Almaz RS

Suspensi Depan McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension
Suspensi Belakang Multi-link Trapeziodal, Independent Suspension
Ban 215/60
Material Velg Aluminium dual tone
Ukuran Velg 17 inch
Rem Depan Disc brake
Rem Belakang Disc brake
ABS Ya

Harga Wuling Almaz RS

Varian Wuling Almaz RS

Harga On The Road Jakarta
Spesial Subsidi
EX 5-Seater Rp355.800.000 Rp340.800.000
EX 7-Seater Rp365.800.000 Rp350.300.000
Pro 7-Seater Rp370.800.000 Rp354.800.000

OLXer bisa mencari informasi tentang Wuling Almaz bekas disini.

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga