Copied to clipboard!

Xiaomi perkenalkan skuter listrik yang disebut A1 dan A1 Pro. (Electrek)



MOTOR

Xiaomi Kini Punya Skuter Listrik Harganya Lebih Murah dari Smartphone

Author : Herdi Muhardi

03 Apr 2020


Perusahaan teknologi jenama China, Xiaomi, kini tak hanya akan dikenal sebagai pabrikan ponsel pintar atau tablet. Sebab mereka kini sudah masuk ke ranah otomotif dengan memperkenalkan sebuah skuter listrik terbaru.

Ya, Xiaomi baru saja mengumumkan sosok skuter listrik berjenis e-moped yang disebut Xiaomi A1 untuk versi rendah dan A1 Pro versi tertinggi.

Xiaomi A1 dan A1 Pro sendiri merupakan kombinasi antara e-bike dan e-scooter. Hal ini karena skuter listrik ini bentuknya cukup mungil, namun dilengkapi pedal seperti sepeda kayuh. Diketahui, pedal ini sangat bermanfaat jika baterai habis, maka dapat dikayuh sehingga menghasilkan energi listrik.

Xiaomi A1 dan A1 Pro
Xiaomi A1 dan A1 Pro. (Electrek)

Dilansir Electrek, Jumat (3/4/2020), Xiaomi A1 dan A1 Pro, akan diproduksi dan dipasarkan melalui grup Xiaomi yaitu 70mai dan dijual melalui platform e-Commerce yang disebut Youpin.

Diketahui, Xiaomi A1 dan A1 Pro bobotnya cukup ringan yaitu hanya 52 kg dengan ukuran diameter roda depan dan belakang 16 inci. Untuk roda depan dilengkapi sistem pengereman cakram hidrolik, sedangkan bagian belakang menggunakan tromol.

Agar menambah kenyamanan ketika berkendara, kedua skuter ini sudah dilengkapi suspensi teleskopik di depan dan peredam kejut di bagian belakang.

Fitur

Xiaomi A1 dan A1 Pro
Fitur yang ada pada Xiaomi A1 Pro. (Electrek)

Keunikan dari motor listrik ini selain desain, yaitu fitur yang dibenamkan. Lihat saja, untuk instrumen atau tampilan layarnya untuk menunjukan berbagai informasi sudah berwarna. Bahkan untuk model Xiaomi A1 Pro sudah dilengkapi layar sentuh seperti mobil-mobil masa kini.

Oia, Xiaomi A1 dan A1 Pro juga sudah dilengkapi GPS built-in. Untuk versi A1 Pro Anda juga bisa mengoperasikannya dengan menggunakan fitur kontrol suara.

Fitur lain yang tak kalah keren yaitu, motor listrik ini sudah dijejali kamera beresolusi 1080 pixel dengan lensa lebar 130 derajat, sehingga mampu merekam segala kejadian ketika berkendara. Untuk Xiaomi A1 Pro sudah dilengkapi  memori internal, sedangkan A1 dijual terpisah.

Jantung Pacu

Untuk jantung pacu, Xiaomi belum memberikan informasi secara detail. Kemungkinan, karena bentuknya kecil, motor listrik varian Xiaomi A1 ini dibenamkan baterai lithium berkapasitas 750 watt dengan daya 48V 16Ah. Dengan baterai tersebut, motor listrik ini mampu dipacu dengan kecepatan 25 km/jam dan menjangkau hingga 60 km

Sedangkan untuk Xiaomi A1 Pro, menggunakan baterai 960Wh dengan daya 48V 20Ah. Dengan baterai ini varian A1 Pro bisa dipacu hingga 70 km.

Harga

Xiaomi A1 dan A1 Pro
Xiaomi A1 dan A1 Pro. (Electrek)

Soal harga, untuk Xiaomi A1 dijual dengan bandrol US$ ​​424 atau sekitar Rp 7 jutaan, sedangkan Xiaomi A1 Pro dijual mencapai US$ ​​523 atau sekitar Rp 8,7 jutaan. Tengtu saja untuk sebuah skuter dengan brand Xiaomi harga yang diberikan ini cukup murah meriah, bahkan lebih murah dari smartphone dan tablet.