Minggu, Mei 29, 2022
More
    BeritaArus Balik Mudik Diprediksi Terjadi 6, 7, dan 8 Mei 2022

    Arus Balik Mudik Diprediksi Terjadi 6, 7, dan 8 Mei 2022

    OLXers yang melakukan mudik lebaran di kampung halaman dengan mobil pribadi, disarankan untuk kembali ke tempat menetap atau kota dimana kita bekerja lebih awal.

    Pasalnya, pemerintah memprediksi puncak arus balik pasca mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H diprediksi akan terjadi pada 6,7,8 Mei 2022.

    “Setelah kita merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman, tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja, maupun beraktivitas lainnya,” ungkap Presiden RI Joko Widodo dalam akun Youtube Sekretariat Kabinet RI, Selasa (3/5/2022).

    Bahkan mantan Walikota Solo menyebutkan, masyarakat yang mudik bisa saja melakukan perjalanan setelah puncak arus balik.

    Namun dengan syarat, hal itu tentu sesuai dengan izin yang didapat dari tempat bekerja

    Jokowi menyatakan, bahwa pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat, termasuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

    “Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah (one way) dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman,” jelasnya.

    Harus Diantisipasi Pemudik

    Peningkatan lalu lintas arus balik mudik pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 juga diprediksi Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

    Menurut Heru, jika semua orang merencanakan pulang di akhir libur panjang, maka peningkatan lalu lintas serentak secara bersama-sama ini harus diantisipasi oleh pengguna jalan.

    “Periode arus balik sendiri memiliki jumlah hari yang cukup pendek jika dibandingkan dengan arus mudik,” terangnya.

    Heru mengatakan, jika melihat data lalu lintas untuk kendaraan yang masuk wilayah Jabotabek pada periode yang sama, menurun dibandingkan dengan periode normal.

    “Secara total, pada H1 Lebaran 2022 kemarin, kami mencatat sebanyak 93.818 kendaraan, turun hingga 31,9 persen dari periode normal,” kata dia.

    “Jumlah ini juga merupakan kumulatif dari empat gerbang tol utama di arah timur, barat dan selatan,” sambung Heru.

    Melihat tingginya lalu lintas mudik, Heru mengimbau masyarakat yang saat ini tengah berada di kampung halaman untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

    Mau beli mobil bekas berkualitas untuk mudik bisa kunjungi OLX Autos.

    Baca juga  Jalur Alternatif Jakarta-Bandung, Cirebon-Jawa Tengah Saat One Way

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here