Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaAsal Usul Toyota Kijang, Mobil Sukses dan Legendaris di Indonesia

    Asal Usul Toyota Kijang, Mobil Sukses dan Legendaris di Indonesia

    Toyota Kijang Innova, mungkin mobil yang satu ini sudah tak asing didengar bahkan dilihat di jalanan Indonesia. Namun, tahukah OLXer asal usul munculnya Toyota Kijang Innova?

    Pada dasarnya Toyota Kijang Innova ini hadir pada 2004 sebagai evolusi dari nama Toyota Kijang atau tanpa embel-embel kata Innova. Adapun nama Innova diambil dari bahasa Inggris yaitu Innovation. Sementara itu, karena sudah go international, Kijang Innova yang dipasarkan di luar negeri ternyata tidak mencatut nama 'Kijang' di depannya, melainkan hanya nama 'Innova'.

    OLXer sendiri tau nggak sih kenapa disebut Toyota Kijang? Mungkin yang ada dibenak selama, nama Kijang diambil dari nama hewan liar berkaki empat asal Indonesia yang mampu berlari kencang dan lincah. Tentu saja tidak salah jika berpikir hal tersebut. Karena Toyota Kijang juga bandel.

    Akan tetapi, nama Kijang merupakan singkatan dari ‘Kerjasama Indonesia dan Jepang’. Bahkan pemberian nama Kijang sendiri dicetuskan oleh Jusuf Kalla. Tentu saja saat itu, JK (sapaan Jusuf Kalla) di era 70-an bukan menjabat sebagai wakil presiden, melainkan masih sebagai Direktur Utama Grup Usaha PT Hadji Kalla.

    Toyota Kijang Bukan Mobil Penumpang

    Toyota Kijang generasi pertama dan kedua masih dibuat dengan gaya pikap. (Wikipedia)

    Toyota Kijang sendiri awal mulanya bukan mobil yang sanggup menampung kapasitas 7-8 orang penumpang. Sebaliknya, Toyota Kijang yang lahir 1977 merupakan mobil jenis pikap dengan lebih berbentuk persegi. 

    Dilansir wikipedia, Toyota Kijang diluncurkan pada Pekan Raya Jakarta 1977 dengan disaksikan oleh Presiden RI, Soeharto, dan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. 

    Oia, karena Toyota Kijang berjenis pikap, ternyata saat itu mobil tersebut diragukan apakah dapat diterima pasar Indonesia atau tidak. Pasalnya, pada era 70-80’an, mobil keluarga seperti minibus dan sedan cukup populer. 

    Sebaliknya, karena Toyota Kijang mengusung konsep pikap, sehingga akan hanya digunakan masyarakat mengangkut barang dan membawa sayur mayur, buah-buahan di bak belakang.

    Lucunya, Toyota Kijang generasi pertama dijuluki ‘Kijang Buaya’, hal ini disebabkan bentuk mobilnya ketika buka-tutup kap mesin depan, maka hidung mobil (bonnet) mirip seperti mulut buaya. Terlebih ketika menganga ditambah bak lekang yang memanjang. 

    Toyota Kijang Mulai Bertransformasi

    Toyota Kijang Generasi kedua sampai tahun 90'an memiliki model dengan bentuk lebih kotak. (Wikipedia)

    Meski awalnya pesimis, namun penjualan Toyota Kijang nyatanya semakin meluas dan mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan pada 1982, muncul Toyota Kijang yang dilengkapi kabin tertutup sehingga bisa digunakan untuk mengangkut penumpang, dengan desain lebih presisi, termasuk dilengkapi pintu, atap, hingga jendela. 

    Lucunya lagi, Toyota Kijang generasi kedua ini akrab disebut sebagai ‘Kijang Doyok’, yang diambil dari nama sebuah serial kartun bertokoh Doyok pada harian Pos Kota.

    Lalu kenapa disebut Kijang Doyok? Konon hal ini dikarenakan raut wajah karakter Doyok yang mancung pada bagian bibir dan gigi mirip dengan tampang Toyota Kijang. 

    Toyota Kijang kembali hadir dengan generasi ketiga pada 1986-1996. Perubahan yang paling mencolok karena bentuknya lebih melengkung sehingga lebih modern di masa itu. 

    Toyoa Kijang Kapsul hadir pada 1997 dengan desain yang lebih melengkung dan juga cembung. (OLX)

    Setelah itu, pada 1997 muncul lagi Toyota Kijang Kapsul. Bentuk dari Kijang Kapsul lebih melengkung lagi, dan tentu saja di masanya mobil ini cukup modern dari model sebelumnya. Tak sedikit pula model yang satu ini dikenal dengan sebutan ‘Kijang Baru’.

    Masuk di 2004, Toyota akhirnya merilis generasi kelima dan disebut Toyota Kijang Innova untuk pasar domestik dan Toyota Innova untuk pasar ekspor. Bentuk mobil ini jauh lebih modern dan futuristik lagi OLXer. 

    Pada 2015, Toyota akhirnya meluncurkan generasi keenam Kijang dengan desain lebih modern. (Sumber Toyota))

    Selain desain, semua jeroan mesin, suspensi, kabin dan lainnya telah mengalami penyempurnaan. Nah, setelah lama tak muncul model baru, pada 2015 hadirlah generasi keenam Toyota Kijang Innova dengan ubahan yang lebih menarik lagi.

    Hingga saat ini, Toyota Kijang Innova yang digarap di Indonesia diekspor ke sejumlah negara, baik di Asia Tenggara, Asia, Timur Tengah, Afrika, sampai Amerika Latin. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here