Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaCatat! Bagian Mobil Ini Tidak Lebih Higienis Dari Toilet

    Catat! Bagian Mobil Ini Tidak Lebih Higienis Dari Toilet

    Kursi toilet adalah tempat paling banyak ditemukan bakteri. Karena kita tau hal tersebut, sampai-sampai untuk menjaganya agar tetap bersih, kita sampai harus mengguyur atau menyikatnya dengan bahan kimia. 

    Tapi pernah gak kalian berpikir kalau bagian interior mobil kalian juga merupakan sarang bakteri yang punya potensi lebih besar mendatangkan penyakit. 

    Tapi karena kita gak pernah tau hal ini, biasanya kita akan mengabaikannya begitu saja. Apalagi kalau yang rutin melakukan cuci steam, pasti gak pernah kepikiran bahwa beberapa bagian mobilnya merupakan sarang bakteri.

    Beberapa penelitian yang pernah dilakukan, menyebutkan jok mobil, tombol radio dan tombol seatbelt merupakan bagian di dalam mobil yang banyak terdapat kuman dan bakteri. 

    Semakin panas dan semakin lembab kondisi geografis sebuah negara, akan membuat kuman lebih mudah berkembang biak. Jadi untuk yang tinggal di Indonesia, masih yakin interior mobil kalian bebas kuman?

    Contoh sebuah penelitian yang menyebutkan area atau bagian mana yang paling kotor di dalam mobil, serta tipe mobil apa dan tipe pengemudi mana yang bisa memperburuk keadaan.

    Urutan teratas dari penelitian ini menyebutkan bahwa satu-satunya bagian paling kotor di mobil adalah kenop radio di head unit. Gak usah kaget karena ini sangat masuk logika kok. Faktanya bahwa kontrol putar kecil ini sangat sering digunakan dan cukup sulit untuk dibersihkan, utamanya yang memiliki lapisan karet atau lapisan anti-selip.

    Apalagi mobil-mobil yang masih pakai head unit jadul (single din) dimana untuk mendengarkan siaran radio favorit kita masih harus putar kanan-kiri mencari gelombang. Kalau sekarang sih sudah digital dan lebih mudah dengan adanya audio steering switch.

    Urutan kedua bagian interior paling kotor dalam daftar adalah seatbelt atau sabuk pengaman. Harus diingat, bagian ini adalah yang paling banyak disentuh saat berkendara. Setidaknya dua kali dalam satu trip perjalanan. Naik mobil pasang seatbelt, turun mobil lepas seatbelt. 

    Selanjutnya ada tombol power window, lingkar kemudi, tuas persneling, jok, dan dashboard. Semua bagian tersebut adalah yang paling sering disentuh. Jadi gak heran kan kalau jadi tempat melekatnya kuman dan bakteri akibat tersentuh jari-jari berminyak, mengerikan! 

    Hasil studi juga menyebutkan bahwa orang yang menikah memiliki mobil yang lebih kotor daripada yang lajang. Disebutkan juga kalau mobil yang dipakai wanita lebih kotor daripada pria, serta fakta bahwa mobil yang secara teratur mengantar anak-anak memiliki bakteri dan jamur lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak.

    Sementara ada juga penelitian membahas bidang masalah yang sama, namun lebih fokus pada jenis mobil pribadi dan mobil rental. Dari hasilnya disebutkan bahwa mobil rental bisa tiga kali lebih penuh kuman berbanding mobil pribadi. 

    Bingungnya lagi adalah karena kita tidak bakal pernah bisa menghilangkan kuman dan spora jamur di mobil sekeras apapun usaha kita untuk melakukannya. 

    Kalaupun kita bisa, tentunya dengan melakukan hal-hal ekstrim, namun mereka (kuman dan bakteri) bisa kembali nongol lewat kebiasaan atau hal-hal simpel yang kita lakukan di dalam mobil. 

    So, setidaknya kalian bisa menyadari kalau ternyata interior mobil belum tentu jauh lebih bersih berbanding toilet duduk. Dan kalian bisa lebih bijak untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. (Z) 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here