Jumat, September 30, 2022
More
    BeritaBalapan Street Race Polda Metro Jaya Ke-4 Digelar di Kemayoran

    Balapan Street Race Polda Metro Jaya Ke-4 Digelar di Kemayoran

    Ajang balap Street Race Polda Metro Jaya 2022 ke-4 siap kembali digelar untuk mewadahi para penghobi balapan yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

    Kali ini, Street Race besutan Polda Metro Jaya yang ke-4 akan digelar di jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta, 3-4 September 2022.

    Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, Kemayoran akan dijadikan lintasan karena jalanan tersebut cukup memadai untuk menggelar Street Race dan memiliki konstruksi jalan yang representative.

    Selain itu, kata Latif, pihaknya akan betul-betul lebih mengakomodir keinginan dari penyuka hobi balap jalanan.

    “Tentunya kita akan berpindah tempat dan kebetulan pada seri keempat ini di Kemayoran memiliki tipikal dan konstruksi jalan yang cukup untuk menampung para pembalap dan penonton yang akan menontonnya sehingga akan lebih nyaman,” ujar Kombes Latif Usman.

    Ya, sebelumnya program Street Race Polda Metro Jaya ini sukses digelar di 3 lokasi, yaitu Ancol, Jakarta Utara, BSD, Tangerang Selatan dan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat.

    Street Race didukung IMI

    balap liar atau street race
    Ilustrari balapan liar. (Korlantas Polri)

    Kegiatan balapan Street Race ternyata mendapatkan dukungan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai pihak regulator di olahraga otomotif Indonesia. 

    Menurut Pengurus Roda Dua di PP IMI dan Senior di dunia balap motor Indonesia Eddy Saputra selaku kerja sama dengan Polda Metro Jaya ini memang untuk memfasilitasi para komunitas balap liar.

    “Bedanya kali ini Streetrace diikuti dan dilaksanakan oleh pembalap pembalap liar yang memang sesungguhnya komunitas balap liar di jalanan,” jelas Eddy.

    Eddy menambahkan, IMI selaku regulator akan terus bekerja sama dengan para stakeholder, khususnya Polda Metro Jaya agar para pecinta balap liar ini bisa beralih ke balap resmi.

    “Kami mengapresiasi pihak Polda yang memfasilitasi kegiatan balap liar ini, dengan maksud dan tujuannya adalah untuk mengurangi balap liar di jalan raya dan menghindari kerugian di pihak lain,” ujarnya.

    Edy menyatakan, dalam kegiatan Street Race, pihak IMI selalu menghimbau dan mengedukasi komunitas agar mereka dapat ikut balap resmi dan tidak ugal-ugalan di jalan raya. 

    “Sekarang balap drag bike resmi tingkat daerah dan nasional sudah ada, jadi kegiatan ini adalah menampung komunitas balap liar dijalan raya demi mengurangi resiko kecelakaan di jalanan,” terangnya.

    Jadwal Streetrace diubah

    Jadwal Steer Race sendiri sempat diundur dari jadwal seharusnya, yang digelar pada 27-28 Agustus 2022, menjadi 3-4 September 2022.

    Kata Latif, hal ini dilakukan untuk mempersiapkan acara Streetrace lebih matang sehingga balapan berjalan lancar.

    “Kegiatan ini akan dilakukan dua hari, tanggal 27 dan 28 yang dilaksanakan jam 8 sampai jam 10 malam, karena ini kita mengakomodir seluruh keinginan peserta,” tambahnya.

    Untuk diketahui, pada Street Race Seri-4 membuka kelas balap trek lurus sepanjang 500 meter, mulai dari kelas matik, bebek 4 tak, juga motor 2 tak.

    Pada acara tersebut ada beberapa kegiatan lainnya seperti gelaran tinju, eksibis motor gede, vaksin booster dan bazar.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here