Kamis, Juli 7, 2022
More
    MobilBalik ke Indonesia, Subaru Forester Hadir Model Terbaru

    Balik ke Indonesia, Subaru Forester Hadir Model Terbaru

    Subaru, merek mobil asal Jepang pada tahun 2021 kembali hadir meramaikan pasar otomotif di Indonesia di bawah payung PT Plaza Auto Mega selaku agen pemegang merek.

    Menandai kembalinya Subaru, PT Plaza Auto Mega secara resmi meluncurkan All New Subaru Forester, di Flagship dealer Subaru Alam Sutera, Tangerang, Banten.

    Subaru Indonesia mengklaim, munculnya model baru Forester, dilakukan dengan berbagai ubahan mulai dari teknologi, eksterior, interior, dan fitur.

    Menurut Chief Operating Officer Subaru Indonesia, Arie Christopher Setiadharma, Subaru Forester generasi keempat sudah dilengkapi Subaru Core Technology, Subaru Global Platform, Boxer Engine, dan Symmetrical All-Wheel Drive dengan X-Mode paling anyar.

    “Kami yakin All New Subaru Forester akan menjadi benchmark baru di kelasnya, sebuah SUV harian yang aman dan nyaman, serta memiliki kemampuan off-road yang dapat diandalkan,” klaim Arie saat peluncurannya, Rabu (18/5/2022).

    Untuk pasar Indonesia, Subaru Forester generasi kelima hadir dengan dua pilihan yaitu tipe 2.0i-L dan 2.0i-S EyeSight.

    Nah, OLXers mau tahu kelebihan lainnya dari All New Subaru Forester, lihat ulasannya di bawah ini.

    Perubahan All New Subaru Forester

    Subaru Global Platform

    Seperti disebutkan di atas, Subaru Forester terbaru sudah menggunakan Subaru Global Platform, yang diklaim mengedepankan unsur keselamatan.

    Manfaat dari platform tersebut antara lain penyerapan benturan hingga 40 persen lebih baik, body roll berkurang mencapai 50 persen, dan peningkatan rigiditas sampai 70 persen.

    Nah, dengan platform ini, diklaim memberikan rasa aman, impresi berkendara dinamis, dan menawarkan rasa nyaman bagi penumpang. 

    Symmetrical All-Wheel Drive dan X-Mode

    Dengan Symmetrical All-Wheel Drive yang sudah disempurnakan, mobil ini memiliki impresi berkendara lebih lincah dan mudah dikendalikan.

    Sementara untuk sistem penggerak Symmetrical All-Wheel drive memungkinkan pergerakan empat roda secara full time, sehingga traksi lebih optimal di semua kondisi jalan.

    Adapun keberadaan X-Mode merupakan fitur yang dapat disesuaikan sehingga meningkatkan kemampuan jelajah di segala medan, baik on road maupun off road.

    Khusus Subaru Forester tipe 2.0i-S EyeSight, terdapat mode Snow atau Dirt dan Deep Snow atau Mud yang dapat berubah hanya dalam satu sentuhan.

    Subaru EyeSight

    Subaru memiliki versi EyeSight, dimana untuk tipe ini mempunyai Advanced Safety Equipment yang memberikan enjoyment dan peace of mind dalam berkendara di kondisi apapun. 

    Subaru EyeSight sendiri merupakan bagian varian berbeda karena dilengkapi sejumlah fitur menarik.

    Nah, fitur menarik tersebut antara lain Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking, Pre-Collision Throttle management, Lead vehicle start alert, Lane departure warning, Lane sway warning, serta Lane keep assist, dan Subaru Rear-vehicle detection (RSVD).

    Eksterior

    Selain teknologi yang dibenamkan, beberapa hal menarik lainnya juga kita bahas pada bagian eksterior.

    Secara tampang, Subaru Forester memiliki desain “Dynamic x Solid”, yang diklaim menggabungkan karakter kokoh layaknya mobil SUV dan sebuah kenyamanan mobil keluarga.

    Mobil ini juga dilengkapi dengan desain bumper X, dan lampu depan berupa Daytime Running Light, serta projector LED dengan Adaptive Driving Beam (ADB) dan Steering Responsive Headlight (SRH).

    Subaru Foresta terasa lebih mewah berkas sejumlah aksen chrome, mulai dari bagian fog lamp, window frame, serta silver garnish.

    Masih di bagian depan, terdapat underguard yang menyatu dengan under-body flat panel. Hal ini jadi terlihat lebih macho dan cocok untuk mobil adventure.

    Melihat bagian samping terdapat dua garis body dan empat garis fender.

    Baca juga  Harga Lengkap dan Simulasi Kredit Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross

    Nah, untuk Subaru Forester tipe 2.0i-L, dilengkapi velg berukuran 17 inch yang dibalut ban 255/65. Sedangkan Forester 2.0i-S EyeSight, ukuran velg lebih besar, yakni 18 inch palang lima dengan ban 225/55.

    Pada bagian belakang, desain lampu mobil ini membentuk C-shape, serta integrated roof-spoiler. Oia, pada bagian atas mobil ini juga dilengkapi yang dapat mendukung kegiatan outdoor.

    Interior

    Interior All New Subaru Forester diklaim telah menggunakan material terbaik dan built quality khas Monozukuri craftsmanship dari Jepang.

    Dengan desain interior tersebut, mobil ini semakin memberikan kesan premium dan unik.

    Beberapa kelengkapan dari interior Subaru Forester anyar yaitu Setir center-spoke sudah banyak tombol, termasuk untuk tipe  Subaru EyeSight dijejali Adaptive Cruise Control.

    Mobil ini sudah memiliki Infotainment, dan Subaru Intelligent Drive, untuk moda berkendara Intelligent Mode dan Sports Mode, serta paddle shift.

    Instrument cluster hadir dengan dua dial dan satu layar LED untuk informasi yang interaktif. Mobil ini juga dilengkapi sistem infotainment dengan layar sentuh delapan inch.

    Mobil ini juga memiliki infotainment yang sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto menjadi standar untuk semua varian.

    Sementara itu layar di center console menampilkan informasi seperti konsumsi bahan bakar, temperatur, Off-Road display, Subaru EyeSight, dan Kompas.

    Subaru Forester sudah dilengkapi electric seat dan memory function pada jok bagian depan, kemudian bagian belakang dilengkapi hand-rest, dan cup-holder.

    Untuk kapasitas bagasi, mobil ini mampu menampung 500 liter dan jika bagian jok di direbahkan maka bisa mencapai 1.740 liter

    Khusus untuk varian 2.0i-S EyeSight, tipe ini lebih mewah dengan material interior didominasi soft touch panel dan genuine nappa leather.

    Selain itu, varian ini juga sudah dilengkapi sistem Audio Harman Kardon 9-speaker, 576 watt, kemudian juga ada Sunroof.

    Performa Mesin All New Subaru Forester

    Untuk jantung pacu, All New Subaru Forester dibenamkan Boxer Engine dengan tata letak poros simetris 180 derajat, sehingga diklaim menghasilkan performa mesin seimbang, halus, dan minim getaran.

    Lebih lanjut Boxer Engine sudah dikombinasikan dengan mesin Subaru FB20 4-silinder, berkapasitas 2.0 liter, Naturally Aspirated yang menghasilkan tenaga 156 Ps pada 6.000 rpm dan torsi hingga 196 Nm pada 4.000 rpm.

    Daya yang hadir pada mesin ini disalurkan melalui transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD.

    Adapun untuk perpindahan gigi bisa dilakukan secara manual melalui paddle shift pada lingkar setir.

    Harga All New Subaru Forester

    Nah, warna yang bisa OLXers pilih yaitu Horizon Blue Pearl, Crystal Black Silica, Crimson Red Pearl, Crystal White Pearl, Magnetite Gray Metallic, Autumn Green Metallic, Ice Silver Metallic, dan Brilliant Bronze Metallic.

    Nah menyoal harga, untuk Forester 2.0i-L dijual Rp 579,5 juta, sedangkan Forester 2.0i-S EyeSight dilepas Rp 659,5 juta Kedua harga ini berstatus on the road Jakarta.

    Perlu dicatat, untuk pembelian All New Subaru Forester akan mendapatkan garansi tiga tahun atau 100.000 km, servis gratis tiga tahun atau 50.000 km.

    Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan Subaru Roadside Assistance selama tiga tahun, kemudian layanan bantuan darurat 24/7 dari Atlas Indonesia.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here