Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    TipsBan Serep Wajib Dibawa, Begini Cara Mudah Merawatnya

    Ban Serep Wajib Dibawa, Begini Cara Mudah Merawatnya

    Ban serep atau ban cadangan jadi salah satu bagian yang wajib ada di dalam mobil. Tentu saja, ban cadangan bisa sangat bermanfaat ketika terjadi masalah pada ban mobil OLXer.

    Bahkan keberadaan ban cadangan ini diatur pemerintah dengan ditetapkan dalam Pasal 57 ayat 3 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Ya, ban cadangan jadi perlengkapan wajib dibawa saat berkendara sama seperti keberadaan sabuk keselamatan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm (pengendara motor), rompi pemantul cahaya (pengendara mobil), dan perlengkapan Peralatan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

    Sebaliknya jika OLXer mengabaikan pasal tersebut, maka akan dikenakan pasal 278  No 22 Tahun 2009 UU LLAJ, yang berbunyi:

    “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 57 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling paling banyak Rp 250 ribu”.

    Tentu saja UU tersebut harus tetap dijalankan meskipun saat ini sudah ada pabrikan ban menerapkan teknologi Run Flat Tire (RFT), di mana ban dicap lebih kuat lantaran masih bisa melaju meski tertusuk paku.

    Nah, balik lagi soal ban serep. Tak sedikit ban yang satu ini ternyata banyak diabaikan perawatannya. Padahal ban serep akan sangat penting jika terjadi masalah di perjalanan. 

    Karena itu, ada baiknya ban serep juga selalu dilakukan pemeriksaan. Untuk pengecekannya tidak hanya sekedar melongok posisi keberadaan ban cadangan, tetapi juga harus dibersihkan dari kotoran, serta diperiksa tekanan anginnya. 

    Ya, untuk melakukan pengecekan tekanan angin ban serep disarankan dilakukan sebulan sekali. Karena tekanan angin ban bisa berkurang, ada baiknya diisi kembali dan ukurannya disesuaikan seperti tercatat di dinding ban. Jika ban kempes, tentu saja akan tidak bisa digunakan ketika darurat.

    Oia, OLXer juga jangan heran ya, kalau ban serep ini ukurannya lebih kecil dari pelek dan ban standar dari yang digunakan. Hal ini karena alasan untuk menghemat tempat penyimpanan.

    Karena berstatus cadangan, tentu saja jika ketika mengalami masalah dan terpaksa mengganti ban standar dengan cadangan, maka ada baiknya setelah menemukan bengkel, ban standar diperbaiki atau diganti. Setelah itu, ban kembali dipasang, sedangkan ban cadangan disimpan kembali dan baru dipakai jika keadaan terdesak. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here