Sabtu, Januari 22, 2022
More
    BeritaBaru Masuk Indonesia, Harga Toyota GR Yaris Bekas Tembus Rp 1,5 Miliar

    Baru Masuk Indonesia, Harga Toyota GR Yaris Bekas Tembus Rp 1,5 Miliar

    Toyota GR Yaris bisa dibilang baru seumur jagung mendarat di pasar otomotif nasional. Bahkan mobil bergaya sport yang mulai didistribusikan untuk tahap pertama dilakukan pada November 2021.

    Sempat kami prediksi bahwa, Toyota GR Yaris akan lama ditemukan model bekasnya. Karena sangat terbatas pemiliknya. Namun hal itu ternyata salah besar.

    Ya, di platform jual beli mobil bekas OLX.co.id, sudah ada beberapa unit Toyota GR Yaris dengan status tangan kedua, yang sedang menunggu calon pembeli.

    Paling menarik kita bahas adalah Toyota GR Yaris bekas harganya langsung melejit, naik hampir dua kali lipat.

    Bagaimana tidak, jika model paling baru Toyota GR Yaris dibanderol Rp 850 jutaan, maka untuk harga bekasnya bukan turun, tapi sebaliknya sudah tembus Rp 1,3 miliar sampai Rp 1,5 miliar.

    Salah satu dealer mobil bekas Auto Trader Surabaya, menjabarkan bahwa Toyota GR Yaris yang dijualnya merupakan model terbaru dengan jarak tempuh di bawah 100 km.

    Usut punya usut, salah satu faktor yang membuat Toyota GR Yaris karena mobil ini dianggap istimewa dan calon mobil langka.

    Diketahui Toyota GR Yaris ini hanya dijual sebanyak 25 ribu unit di seluruh dunia. Sedangkan untuk pasar Indonesia kebagian cuma 126 unit dari 600 orang pemesan.

    OLXers mau beli sekarang? Telat, karena pemesanan sudah berakhir. Beberapa bulan lalu sebelum dipasarkan. Bahkan menentukan siapa yang mendapatkannya harus melalui sistem undi.

    Keistimewaan Toyota GR Yaris

    Toyota GR Yaris GIIAS 2021 (TAM)
    Toyota GR Yaris dipamerkan di GIIAS 2021. (TAM)

    Selain soal mobil istimewa karena jumlah terbatas, ada beberapa hal lain yang membuat Toyota GR Yaris menarik. Toyota GR Yaris memang beda bukan seperti Yaris pada umumnya.

    GR Yaris ini bisa disebut mobil sport karena tujuan Toyota membuatnya sebagai syarat atau homologasi mengikuti kejuaran balapan World Rally Championship (WRC).

    Disebutkan, untuk membuat Toyota GR Yaris, divisi mobil sport Toyota di Jepang yaitu Gazoo Racing (GR), harus berjibaku dan meraciknya. Setidaknya meski mobil balap, tapi harus bisa digunakan untuk harian.

    Maka dari itu, GR Yaris ini bukanlah sebuah Yaris yang di setting ulang mesin supaya menjadi kencang.

    Namun, mobil ini benar-benar dibuat ulang oleh tim Gazoo Racing agar bisa menang di balapan WRC.

    Oleh karena itu, untuk mengikuti ajang WRC, setidaknya GR Yaris harus dibuat secara masal, dan diproduksi sebanyak 25.000 unit.

    Belum lagi mobil yang dirakit di Motomachi, Jepang ini dikerjakan orang-orang terpilih, dimana mereka harus memiliki pengalaman merakit mobil dalam waktu 60.000 jam.

    Mereka yang membuat ini pun disebut Takumi atau master craftsman Toyota.

    Performa mesin

    Toyota GR Yaris
    Toyota GR Yaris dibejek untuk melakukan drifting. (Toyota)

    Adapun rahasia dari kehebatan GR Yaris tak lain berkat dibenamkannya mesin G16E-GTS 3 silinder, DOHC, 12-Valve with VVTi ditambah turbocharger, dengan kapasitas 1.600 cc.

    Baca juga  Kecelakaan Pesepeda Saat Pandemi Coronavirus Meningkat di Seluruh Dunia

    Di atas kertas mobil ini mampu memuntahkan daya hingga 261 Tk dan torsi 360 Nm.

    Belum lagi mobil dengan transmisi manual enam percepatan ini sudah menggunakan sistem all-wheel-drive atau 4WD berkode ‘GR-FOUR’.

    Rahasia kenyamanannya ternyata tak lepas dari penggunaan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang menggunakan Double Wishbone.

    Mau lihat lebih banyak Toyota GR Yaris bekas, lihat di OLX.co.id.

    OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here