Jumat, Agustus 19, 2022
More
    BeritaBaterai ABC Bisa Dipakai Untuk Motor Listrik

    Baterai ABC Bisa Dipakai Untuk Motor Listrik

    Nama baterai ABC memang sangat familiar di Indonesia. Bagaimana tidak, di rumah saja, baterai ABC pasti banyak digunakan mulai dari jam, senter, hingga mainan anak. 

    Namun OLXers harus tahu, baterai ABC yang diproduksi PT International Chemical Industry ternyata sudah melakukan berbagai evolusi. Termasuk memproduksi baterai untuk kendaraan listrik.

    Menurut Marketing Director PT International Chemical Industry Hermawan Wijaya, perusahaannya sudah mulai melakukan pengembangan baterai ABC Lithium sejak 2019 tapi saat itu belum banyak.

    “Baterai Lithium ini akhirnya mulai diproduksi awal 2022,” ungkap Hermawan.

    Kata Hermawan, molornya produksi baterai untuk kendaraan listrik salah satunya karena pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020, dimana banyak hal membuat pengembangan berbagai aspek jadi terhambat. 

    Untuk saat ini, penggunaan baterai ABC lithium memang masih dalam skema business to business (B2B). Salah satunya dengan motor listrik Katalis. 

    Namun tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang baterai ABC lithium dijual untuk business to government (B2G) hingga business to customer (B2C).

    Strategi Pemasaran ABC

    Untuk memasarkan baterai ABC Lithium, PT International Chemical Industry menggaet SWAP Energi Indonesia sebagai perusahaan pendukung Smoot Motor.

    Kolaborasi ini ABC dan SWAP Energi ini berlangsung ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

    Melalui kerjasama ini, SWAP Energi Indonesia akan menciptakan solusi terbaik bagi aktivitas pengendara motor listrik di Indonesia.

    Kerjasama ini diyakini dapat mempercepat produksi dan penyediaan baterai yang berkualitas untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara motor listrik di Indonesia.

    Pasalnya, dengan kerja sama ini pengguna motor listrik yang memakai ABC Lithium tidak perlu menunggu lama untuk melakukan pengecasan. 

    Tapi, melalui fasilitas yang diberikan SWAP Energi berupa skema swap battery maka mereka cukup menukar baterai tanpa menunggu lama. 

    Jenis baterai ABC untuk kendaraan listrik

    Berdasarkan informasi, baterai ABC lithium untuk kendaraan bermotor memiliki beberapa jenis mulai dari baterai E-3 Wheeler, Starter Lighting Ignition (SLI), E-Bike, E-Motorcycle.

    Untuk jenis baterai ABC Lithium E-3 Wheeler ada dua jenis, yaitu 60 Volt 60 Ah, dan 48 Volt 200 Ah. Sedangkan ABC Lithium SLI sama dua jenis yaitu 12 Volt 3Ah dan 12 Volt 6Ah.

    Adapun untuk ABC Lithium E-Bike, terdiri dari 48 Volt 6,4 Ah dan 48 Volt 7,2 Ah. Sementara untuk E-Motorcycle 60 Volt 20 Ah dan 60 Volt 25 Ah. 

    Tentu saja jika tak ada aral melintang ABC juga menggarap baterai untuk mobil listrik.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here