Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    TipsBegini Aturan Jelas Penggunaan Lampu Hazard

    Begini Aturan Jelas Penggunaan Lampu Hazard

    News.OLX.co.id – Menyalakan lampu hazard di tengah kondisi hujan lebat kerap dilakukan oleh pengendara roda empat. Hal ini dimaksudkan untuk memberi tanda keberadaan mobilnya dan alarm pada pengemudi lain supaya lebih berhati-hati.

    Namun apakah kebiasaan ini bisa dibenarkan serta sudah sesuai dengan aturan berlalu lintas? Begini penjelasan yang benar, dan patut disimak oleh seluruh pemilik kendaraan terkait aturan penggunaan lampu hazard.

    Aturan Mengenai Lampu Hazard

    Lampu hazard merupakan alarm atau peringatan kepada pengguna jalan lain agar berhati-hati karena mobil yang mengirimkan sinyal darurat melalui lampu hazard ini  terkena masalah sehingga wajib berhenti. 

    Aturan penggunaan lampu hazard diatur oleh UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 121 Ayat 1 yang menyatakan: “Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di Jalan.”

    “Isyarat lain” yang dimaksud adalah lampu darurat, dimana pada mobil difasilitasi oleh lampu belok kiri-kanan yang berkedip bersamaan. 

    Sedangkan yang dimaksud dengan “keadaan darurat” adalah kendaraan dalam keadaan mogok, kecelakaan lalu lintas, atau mengganti ban. 

    Aturan ini sudah sangat jelas, tidak hanya tertuang dalam undang-undang, bahkan di buku kepemilikan kendaraan juga tertulis jelas, penggunaan lampu hazard hanya saat mobil berhenti karena bermasalah.

    Alasan Lampu Hazard Dinyalakan Saat Mobil Berhenti Darurat

    Saat mobil berjalan dan menyalakan lampu hazard, ini sama saja menghilangkan fungsi lampu sein (isyarat) yang sangat dibutuhkan untuk memberikan isyarat kepada kendaraan lain saat melakukan akselerasi pindah jalur atau berbelok. 

    Akibatnya saat melakukan manuver, kendaraan lain tidak bisa mengantisipasi karena kedua lampu isyarat belok menyala bersamaan. Pengemudi lain tidak mengetahui kemana arah mobil. 

    Jelas kondisi ini sangat berbahaya dan mengancam keselamatan di tengah kondisi lingkungan yang memang sudah kurang kondusif akibat hujan lebat, jalanan licin, dan berkurangnya daya pandang.

    Dengan daya pandang yang berkurang akibat hujan lebat, bias sinar dari lampu hazard yang dipantulkan oleh air hujan juga membuat pandangan pengguna jalan lainnya semakin terganggu oleh silau lampu hazard yang berkedip. 

    Ujung-ujungnya berisiko salah melakukan antisipasi seperti saat pengereman mendadak lantaran fokus pandangan terganggu oleh nyala lampu hazard.

    Kesimpulannya, dilarang keras menyalakan lampu hazard saat kendaraan masih berjalan apalagi di tengah kondisi cuaca buruk. 

    Begitu juga saat melakukan konvoi atau berada di persimpangan jalan, karena akan membuat pengguna jalan lain terganggu dan bingung. Nyalakan lampu kendaraan sesuai dengan fungsinya, terapkan prinsip safety driving, dan patuhi aturan lalu lintas, maka perjalanan berlangsung dengan aman dan nyaman,

    Solusi Pengganti Lampu Hazard

    Lampu Hazard

    Untuk mengirim sinyal hati-hati ketika sedang dalam perjalanan, bukan menggunakan lampu hazard. Sebagai gantinya, cukup menyalakan lampu senja atau lampu kecil saat mengemudi di tengah hujan. 

    Atau kalau memang membutuhkan tambahan daya pandang, bisa juga dengan mengaktifkan lampu utama. Manfaatkan juga foglamp untuk meningkatkan visibilitas ketika hujan. 

    “Gunakan lampu hazard atau lampu darurat sesuai peruntukannya yaitu ketika berhenti dalam kondisi darurat. Untuk menjaga kondisi lampu mobil dan komponen lainnya, bisa memanfaatkan keuntungan dari berbagai promo servis seperti Promo SPONTAN dan PERKASA yang ditawarkan Auto2000,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Minggu (14/3/2021).

    Namun dari semua hal tersebut, kiat paling utama adalah dengan mengurangi kecepatan mobil dan jaga jarak aman guna mengantisipasi segala kemungkinan.

    Tentang OLX 

    OLX.co.id adalah situs iklan baris online terbesar di Indonesia, menjadi media yang mudah bagi para penjual untuk memasang iklan dan dengan cepat menjual barangnya. Sekaligus merupakan media terpercaya bagi para pembeli dalam mencari dan membeli beragam produk serta layanan untuk kebutuhannya secara aman dan nyaman. 

    Semua kebutuhan hidup bisa didapatkan lewat OLX.co.id, mulai dari mobil dan sepeda motor, handphone, komputer, perangkat rumah tangga, properti hingga lowongan kerja dan layanan lainnya. 

    OLX berada di lebih dari 40 negara, dengan total pengguna aktif lebih dari 260 juta setiap bulannya, lebih dari 19 miliar halaman yang dikunjungi, dan merupakan aplikasi nomor 1 di 17 negara berdasarkan Google Playstore, kategori Belanja/Gaya hidup. 

    Tentang OLX Autos

    OLX Autos merupakan layanan jual mobil online yang memungkinkan pelanggan untuk menjual mobil secara langsung dan instan ke jaringan yang terdiri lebih dari 4000 mitra serta memiliki 100 inspection center di 8 kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali dan Medan.  

    OLX Autos Jual Beli Mobil Instant menawarkan kepada pelanggan, sebuah proses menjual mobil yang cepat, aman dan nyaman, dengan cara penawaran harga instant serta memungkinkan pelanggan mendapatkan harga terbaik setelah melalui inspeksi untuk ditawarkan kepada pembeli mobil profesional di seluruh Indonesia melalui 15 outlet Jual-Beli-Tukar-Tambah serta OLX Authorized Dealer.

    Sebaliknya bagi pelanggan yang melakukan pembelian atau penjualan unit mobil bekas di Jual-Beli-Tukar-Tambah maupun OLX Authorized Dealer dijamin mendapatkan sebuah pengalaman baru serta benefit yang menguntungkan mulai dari test drive di rumah, garansi mesin 30 hari, garansi uang kembali 7 hari, serta akses produk dan layanan yang juga sudah tersedia di Tokopedia.

    OLX.co.id dan OLX Autos adalah bagian dari OLX Group. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi layanan khusus konsumen di 150264.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here