Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsBegini Cara Menjaga Shockbreaker Lebih Panjang Umur

    Begini Cara Menjaga Shockbreaker Lebih Panjang Umur

    Di musim hujan seperti saat ini, sangatlah penting buat para pemotor dalam menjaga kebersihan kendaraannya. Selain agar tetap enak dilihat, performa motor dalam kondisi bersih juga tentunya beda dengan motor yang kotor. Coba aja kalian buktikan sendiri.

    Tapi bukan cuma urusan performa motor saja yang ‘maknyus’ kalau kita terus menjaga motor tetap bersih. Parts motor juga pastinya akan jauh lebih awet.

    Salah satu parts yang rentan rusak kalau kebersihan motor tidak pernah terjaga adalah shockbreaker. 

    Menurut Suwandi dari MB Motor, sole distribution shockbreaker Scarlet di Indonesia, menyebut usia pakai shockbreaker itu rata-rata 2-3 tahun, tergantung dari modelnya. Kalau yang model spring biasanya itu bisa lebih lama usianya dibanding yang model tabung.

    Tapi apapun jenis shockbreaker-nya, di musim hujan seperti ini harus benar-benar diperhatikan kebersihannya agar kinerja shock tetap maksimal.

    Shockbreaker yang sering dibiarkan dalam kondisi kotor sangat rentan mengalami kebocoran (Foto: Google)

    “Tidak ada perawatan khusus sebenarnya. Tapi kalau sudah musim hujan begini, sudah pasti banyak pasir dan lumpur yang menempel dan masuk kedalam shockbreaker. Sebaiknya segera langsung dibilas kalau mau umur pakai shock lebih awet,” jelas Suwandi saat ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Barat, Senin (3/2/2020).

    Scarlet sendiri merupakan merek shockbreaker aftermarket yang diimpor dari CIna sejak tahun 2013 lalu. Pilihannya cukup lengkap, mulai dari model spring hingga tabung atas maupun bawah untuk berbagai merek motor.

    Harga yang ditawarkan mulai dari yang termurah seharga Rp 250 ribu hingga jenis paling tinggi berbandrol Rp 2 juta.

    Keunggulan lain dari shockbreaker Scarlet ini adalah bahan material yang berkualitas. Apalagi dari pihak Scarlet sendiri memberikan garansi produk selama satu bulan sejak pemakaian.

    “Kita garansi pemakaian satu bulan, kalau bocor tinggal kasih tau kita. Selama masih masa garansi kita langsung ganti baru. Tapi kalau lewat dari masa garansi, kita juga terima servis,”pungkasnya. 

    Nah, berarti bisa kita simpulkan, shockbreaker mahal atau murah, jenis spring atau tabung, musuhnya adalah kotor. Kunci agar shockbreaker bisa lebih awet adalah dengan tetap menjaga kebersihannya dan perlakukan dengan wajar saat melintasi polisi tidur maupun jalan berlubang. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here