Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsBegini Cara Mudah Menghitung Biaya Operasional Harian Mobil Anda

    Begini Cara Mudah Menghitung Biaya Operasional Harian Mobil Anda

    News.OLX.co.id – Memutuskan untuk membeli mobil, baik untuk keperluan mobilitas harian atau untuk mendukung kegiatan usaha tentu banyak yang harus jadi bahan pertimbangan. 

    Biaya kepemilikan untuk sebuah kendaraan roda empat tentu tidak bisa hanya melihat dari faktor harga jual mobil saja, karena setelah memilikinya, ada biaya operasional harian yang juga menjadi beban keuangan. 

    Artinya, saat beli mobil, biaya perawatan, biaya bensin serta biaya perpanjangan pajak juga sudah harus diperhitungkan. Jangan sampai ketika sudah membeli malah pemilik mobil ngos-ngosan untuk urusan penggunaan sehari-hari.

    “Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa mengganggu perencanaan finansial rumah tangga,” saran Hariadi, Service Asst to Dept. Head PT SIS yang dibeberkan dalam sebuah keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

    Menentukan Biaya Harian Mobil

    Suzuki New Ignis

    Seperti dijelaskan di atas, bahwa memiliki mobil tidak selesai ketika sudah berhasil membawanya pulang ke garasi rumah. Karena setelah itu tentu banyak lagi biaya-biaya yang mesti dipersiapkan. 

    Hariadi memberi contoh bagaimana menghitung biaya kepemilikan harian untuk model Suzuki Ignis baru.  

    “Kami berinisiatif untuk menjabarkan estimasi biaya kepemilikan New Ignis yang sangat terjangkau bagi para pelanggan. Kami harap perhitungan biaya ini dapat memudahkan konsumen untuk semakin yakin atas produk Suzuki,” lanjutnya.

    Untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan mobil New Ignis, banyak variabel yang bisa dimasukkan perhitungan, mulai dari biaya perawatan berkala, biaya pajak, serta biaya pembelian bahan bakar. 

    Variabel ini tentunya bisa berubah sewaktu-waktu serta disesuaikan dengan penggunaan kendaraan, kejadian tidak terduga, penyesuaian dengan biaya di daerah masing-masing, serta berbagai hal lain yang berbeda-beda di masing-masing pemilik mobil New Ignis. 

    Biaya Perawatan Berkala

    Variabel pertama adalah estimasi biaya servis atau perawatan berkala New Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun. Untuk New Ignis, biaya ini berkisar Rp 7.877.300 atau sekitar Rp 7.193 per hari. Ini berlaku untuk New Ignis varian transmisi manual maupun AGS. Estimasi ini sudah termasuk program gratis biaya jasa servis 1.000 km – 50.000 km.

    Biaya Pajak 

    Setelah biaya perawatan berkala, sekarang masuk penghitungan variabel kedua, yakni biaya pajak tahunan. Ini tentunya berlaku untuk semua jenis kendaraan, tidak hanya untuk New Ignis saja. 

    Untuk estimasi ini menggunakan pajak kendaraan bermotor mobil New Ignis dengan plat nomor kendaraan keluaran Jakarta (plat B) yang berkisar Rp 2.940.000 per tahun atau Rp 8.054 per hari.

    Biaya Pembelian Bahan Bakar

    Pajak mungkin masih bisa ditangguhkan, tentu saja dengan konsekuensi harus berurusan dengan pihak yang berwenang. Tapi untuk variabel biaya ketiga ini tidak bisa ditawar, beban biaya pembelian bahan bakar. 

    Selain kendaraan listrik, sudah pasti butuh bahan bakar untuk menggerakkannya. Artinya, jika digunakan setiap hari, ada beban pembelian bahan bakar. Apalagi untuk New Ignis yang tidak bisa menggunakan jenis bahan bakar harga termurah. 

    Estimasi-nya, konsumsi bahan bakar New Ignis per harinya rata-rata sebanyak 10 km/liter. Jika dalam satu hari pemilik mobil menempuh jarak sejauh 50 km, maka kebutuhan harian rata-rata untuk bahan bakar sebanyak 5 liter. Jika dikalikan dengan harga Pertalite saat ini Rp7.650 per liter, biaya harian konsumsi bahan bakar berkisar di Rp 38.250 per harinya.

    Total Biaya Harian Kepemilikan New Ignis

    Jika tiga variabel tersebut disatukan :

    Biaya Perawatan Berkala + Biaya Pajak Tahunan + Biaya Konsumsi Bahan Bakar:

    Rp 7.193 + Rp 8.054 + Rp 38.250 = Rp 53.497/hari (hingga 3 tahun).

    Bisa disimpulkan bahwa biaya kepemilikan New Ignis per hari sekitar Rp 53.497. Ini belum termasuk hal tidak terduga atau faktor lainnya seperti perbaikan kerusakan ketika tabrakan atau mencuci mobil di Car Wash dan biaya poles body.

    “Dengan perhitungan tersebut, New Ignis benar-benar bisa memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil yang nyaman dan aman dengan biaya kepemilikan terjangkau serta memberikan value for money yang maksimal bagi pelanggan,” tutup Hariadi.

    Suzuki New Ignis

    Berikut daftar harga Suzuki New Ignis untuk wilayah Jabodetabek :

    • New Ignis GL M/T : Rp 175.500.000 
    • New Ignis GL AGS : Rp 185.500.000
    • New Ignis GX M/T : Rp 194.500.000 
    • New Ignis GX AGS : Rp 204.500.000
    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here