Akibat pandemi COVID-19 sektor penjualan kendaraan niaga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyebut penjualan truk secara total mengalami penurunan hingga 31,6 persen YoY Maret 2020.
Berbagai kebijakan Pemerintah sebagai langkah memerangi virus COVID-19 menyebabkan banyak orang khususnya para pengusaha tidak lagi memikirkan bagaimana kondisi kendaraan komersial.
Meyikapi kondisi tersebut, Astra UD Trucks menempuh berbagai strategi untuk memberikan support kepada setiap pelanggannya.
“Kami berusaha memberikan kemudahan bagi para pelanggan agar dengan mudah mendapatkan informasi terkini mengenai kebutuhan pelanggan baik servis dan suku cadang maupun pelayanan penjualan dan purna jual menggunakan kemajuan teknologi,” ujar Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/5/2020).
Selama masa pandemik Covid-19 setiap pelanggan yang melakukan perbaikan truk dibengkel Astra UD Trucks, akan diberikan penyemprotan disinfektan pada bagian-bagian penting atau yang sering bersentuhan langsung dengan pengemudi atau kenek truk. Astra UD Trucks juga memberikan masker bagi pelanggan atau driver yang datang.
Selain itu Astra UD Trucks mematuhi aturan pemerintah terkait PSBB, sehingga seluruh cabang Astra UD Trucks bisa membantu pelanggan yang bidang usahanya diperbolehkan beroperasi dalam kondisi terbatas, dimana cabang hanya memberikan pelayanan purna jual atau biasa disebut bengkel siaga yang sesuai regulasi dan perijinan SIINAS yang berlaku.
Setiap tim yang bertugas selalu dicek dan dipantau sesuai guideline kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk COVID-19 setiap harinya dan dipantau langsung oleh team gugus COVID-19 Astra UD Trucks.
Beberapa bentuk dukungan lain yang diberikan Astra UD Trucks antara lain program Technical Assistance 24 hours yang terdiri dari nomor hotline nasional, nomor lokal dan nomor khusus atau HP PIC yang dapat membantu apabila pelanggan mempunyai isu atau permasalahan teknis dan membutuhkan bantuan secara cepat, termasuk saat membutuhkan bantuan tanpa harus datang langsung ke cabang Astra UD Trucks.
Disamping itu tersedia juga berbagai macam layanan yang memudahkan pelanggan berinteraksi melalui Live chat yang bisa diakses dari website www.astraudtrucks.co.id.
Tersedia juga mobile service yang siap untuk datang ke lokasi pelanggan yang tidak terkena PSBB atau bidang usahanya diperbolehkan beroperasi dalam kondisi terbatas. Booking service bisa dilakukan terlebih dulu melalui website Astra UD Trucks atau Astra World Call Center maupun melalui nomor-nomor 24/7 technical support di nomor 1-500 898.
Astra UD Trucks juga memberikan solusi ataupun dukungan lainnya berupa program Telematics atau yang biasa dikenal Fleet Management Support yang dapat membantu para pelanggan dalam mengelola armadanya secara efektif, melalui berbagai macam fitur yang dimiliki oleh telematics, seperti pelacakan lokasi truk secara real time, memantau efisiensi penggunaan bahan bakar truk, dukungan proaktif seperti pencatatan histrori perbaikan dan perawatan truk, sampai dengan pembatasan rute jalan yang akan dilalui oleh truk tersebut, dan semuanya dapat dilakukan secara real time.
“Dengan beberapa program yang telah hadir, Astra UD Trucks berkomimen untuk terus berupaya memberi kemudahan dan dukungan pelayanan yang menyeluruh untuk menjaga bisnis para pelanggan di tengah global pandemik atau situasi tidak menentu seperti saat ini” tutup Winarto. (Z)