Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruBegini Wujud Crossover Listrik Nissan di Masa Depan Bernama Ariya Concept

    Begini Wujud Crossover Listrik Nissan di Masa Depan Bernama Ariya Concept

    Nissan terus berinovasi untuk menghadirkan produk di masa depan. Hal ini pula ditandai dengan dihadirkannya Ariya Concept yang merupakan mobil crossover dengan penggerak motor listrik kembar di gelaran Tokyo Motor Show ke-46 yang berlangsung di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang,  Rabu (23/10/2019).

    Bagi Nissan, kehadiran Ariya Concept menandai awal era baru dalam mendefinisikan ulang filosofi untuk fase evolusi kendaraan bermotor yang selanjutnya.

    Menurut perwakilan eksekutif, Nissan Motor Co Ltd Yasuhiro Yamauchi, Ariya Concept merupakan kolaborasi yang kuat antara desain dan keahlian teknik, sehingga menghasilkan kabin premium yang luas, fitur melimpah dan teknologi tinggi.

    “Desain ini mewujudkan visi Nissan Intelligent Mobility untuk transportasi pribadi – yang memberikan pengalaman perjalanan yang mulus dan adaptif yang bebas kecelakaan atau emisi berbahaya melalui elektrifikasi dan kecerdasan kendaraan,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

    Adapun Ariya Concept ini disebutkan memiliki desain dan elemen lebih baru dibandingkan Nissan IMk Concept yang juga diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017 lalu.

    Namun begitu, desain Ariya Concept disebutkan memiliki DNA khas Jepang yang terlihat sederhana namun bertenaga. Hal ini pula sesuai dengan tema yang diusung, ‘Timeless Japanese Futurism.’

    Desain Eksterior

    Nissan Ariya Concept
    Nissan Ariya Concept. (Nissan)

    Secara tampilan, mobil ini memiliki desain shield yang merupakan ciri khas V-motion yang dikombinasikan dengan bilah lampu depan LED sipit sehingga terlihat modern dan semakin kekinian. Tak kalah menarik fender depan dibuat lebar, serta pelindung depan dihiasi emblem Nissan yang telah disesuaikan. 

     “Kami mengganti grille konvensional dengan apa yang kami sebut shield – bagian ekspresif dengan tekstur 3-D inovatif yang bukan hanya elemen yang mempercantik kendaraan, tetapi juga berfungsi untuk menekankan teknologi yang bersembunyi di dalam kendaraan,” kata Wakil Presiden Senior Desain Global Nissan, Alfonso Albaisa.

    Desain yang tak kalah menarik juga terlihat pada bagian roda-roda berbahan aluminium dengan ukuran 21-inci five-blade yang dibalut ban khusus. Desain belakang mobil juga tak kalah keren karena lampu belakang LED memanjang dan ukurannya tipis.

    Secara keseluruhan, mobil terlihat aerodinamis, karena bagian atap  rendah dan ramping memungkinkan kendaraan untuk mengurangi hambatan udara.

    Desain Interior

    Nissan Ariya Concept. (Nissan)
    Nissan Ariya Concept. (Nissan)

    Ketika melihat interior, tampilannya juga minimalis namun modern. Hal ini terlihat dari dashboard berlapisan kulit sintetis yang tidak banyak ditemukan tombol seperti yang ada pada kendaraan konvensional. Sebaliknya, Ariya Concept memiliki dashboard layar sentuh berukuran 12,3 inci yang memanjang sampai terintegrasi dengan panel instrument. Adapun ketikan mesin mobil mati, maka tampilan dashboard juga ikut menghilang.

    Canggihnya pada mobil Ariya Concept ini juga bisa dirasakan pada bagian kursi atau jok. Yak, jok depan dan belakang sudah berlapis kulit dengan pola berlubang-lubang, ditambah bahan ekstra di tempat-tempat yang langsung bersentuhan dengan punggung bawah dan pinggul penumpang.

    Agar memberikan kesan mewah, desain interior juga dilengkapi aksen aluminium berwarna tembaga satin, dimasukkan ke dalam panel instrumen, kursi dan roda kemudi.

    Beberapa teknologi lainnya yang ada pada Ariya Concept yaitu fitur antarmuka manusia-mesin terdapat Door to Door Navigation, yang memungkinkan siapapun untuk menetapkan tujuan pada smartphone mereka, maka data akan ditransfer ke Ariya Concept dan membuat sistem navigasi menawarkan arah.

    Oia, mobil ini juga dilengkapi sensor radar dan teknologi lainnya, termasuk fitur yang dapat membaca jalan dan memvisualisasikan hal-hal yang tidak dapat dilihat pengemudi.

    Nissan Ariya Concept. (Nissan)
    Nissan Ariya Concept. (Nissan)

    Selain itu, ketika pengemudi berjalan mendekati Ariya Concept, pengemudi akan disambut dengan welcome light dan pada saat bersamaan kendaraan membuka secara otomatis, memperkecil kemungkinan kunci yang hilang.

    Mobil dapat disinkronisasikan dengan jadwal pengemudi untuk mengantisipasi waktu keberangkatan dan mempersiapkan kendaraan untuk menerapkan kendali iklim, dan siap memulai perjalanan – memaksimalkan jangkauan mengemudi dengan menggunakan power grid untuk memanaskan atau mendinginkan mobil.

    Ketika pengemudi berada di dalam, fitur Virtual Personal Assistant juga dapat membantu mencari informasi dan menemukan tempat parkir, sehingga pengemudi dapat mengawasi jalan.

    Mobil ini juga memiliki Smart Route Planner yang secara otomatis mengidentifikasi dan merencanakan pengisian di sepanjang jalan, memastikan bahwa pengemudi tiba di tujuan, baik dekat maupun jauh.

    Nissan Ariya Concept. (Nissan)
    Nissan Ariya Concept tampang depan. (Nissan)

    Manajemen penyimpanan daya yang sempurna memungkinkan berkendara jarak jauh, tanpa waktu pengisian yang lama yang mengganggu rencana perjalanan. Ketika tiba saatnya untuk mengisi daya, Ariya Concept menggunakan CHAdeMO quick charging untuk mengisi energi baterai dengan cepat dan nyaman. 

    Mobil ini juga memiliki fitur video chat terintegrasi dapat membantu mengkonfirmasi detail sebelum berangkat. Fitur ini juga dapat terhubung dengan smartphone para penumpang dan pengemudi, serta tampilan informasi pusat Konsep Ariya untuk menunjukkan lokasi mereka secara tepat.

    Fitur lainnya adalah ProPILOT Remote Park, di mana pengemudi dapat menggunakan smartphone atau perangkat khusus untuk memarkir mobil secara otomatis dari lokasi sekitar.

    Ketika diparkir di kantor atau rumah, Ariya Concept hadir dengan  teknologi Nissan Energy. Teknologi ini memungkinkan untuk terhubung dengan sistem energi yang dapat mengisi baterai listrik, dari rumah dan tempat bisnis, bahkan menjual energi listrik kembali ke jaringan listrik. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here