Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    BeritaBegini Wujud Truk Listrik eCanter yang Nongol di GIICOMVEC 2020

    Begini Wujud Truk Listrik eCanter yang Nongol di GIICOMVEC 2020

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) menampilkan truk listrik eCanter di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020.

    Kehadiran eCanter tentu saja menjadikannya sebagai truk pertama di Indonesia yang menggunakan daya listrik sebagai tenaga penggerak.

    Menurut President Director of KTB, Atsushi Kurita, truk eCanter saat ini belum dipasarkan di Indonesia. Akan tetapi, keberadaannya di GIICOMVEC 2020 untuk mensosialisasikan kecanggihan teknologi truk elektrik.

    “Dua tahun lalu KTB telah memperkenalkan prototype dari eCanter, dan kini KTB membawa serta eCanter yang telah disempurnakan, telah diproduksi secara massal, serta telah dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, serta beberapa Negara Eropa, yang diperuntukkan bagi konsumen fleet,” ungkap Atsushi, saat ditemui di acara GIICOMVEC 2020 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

    Sekilas memang kalau OLXer melihat dari dekat, truk eCanter ini wujudnya sama seperti truk pada umumnya, tanpa ada perbedaan sama sekali. Bahkan, pemasangan box di bagian belakang juga sama.

    Namun begitu, jika truk tersebut sudah dinyalakan, maka OLXer baru akan merasakannya. Ya, karena eCanter sepenuhnya beroperasi secara elektrik, maka tidak ada knalpot sehingga tidak akan mengeluarkan gas buang.

    Tentu saja, jika dibandingkan truk konvensional yang masih mengeluarkan gas buang karena berbahan bakar solar, truk eCanter ini jauh dari kata polusi, karena lebih ramah lingkungan.

    Selain itu, kelebihan lain dari truk eCanter ini tentu saja tidak bising. Ya, kendaraan bermesin listrik memang minim getaran tentu saja hal ini jadi kelebihan dari kendaraan listrik, yang memaksimalkan unsur kenyaman di dalamnya.

    “Dibandingkan dengan kendaraan diesel konvensional, eCanter lebih sedikit getaran, serta mengurangi beban fisik pada pengemudi, dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan lingkungan kerja yang lebih baik,” ujar Atsushi.

    Kecanggihan eCanter

    Diketahui untuk mengisi daya, eCanter dilengkapi  6 modul baterai yang dapat diisi selama 6-8 jam (normal charging) dan 1,5 jam (fast charging) dengan kekuatan listrik sebesar 200-230 V yang mampu menempuh jarak 100 km dengan baterai penuh dan muatan 75 persen.

    Dengan baterai lithium ion berkapasitas 82,8 kWh, eCanter menghasilkan tenaga hingga 135 kW atau setara dengan 190 Hp dan torsi maksimum 390 Nm.

    Fitur lainnya dari truk ini yaitu keberadaan kunci elektronik, lebih aman dan nyaman, serta fitur keselamatan berupa fitur bantuan pada saat di tanjakan, anti-lock braking system, electronic stability program agar kendaraan tetap stabil, serta sistem lane departure warning agar kendaraan tetap dalam jalur.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait