Selasa, Maret 19, 2024
Lainnya
    BeritaBeli Pertalite dan Solar Kini Harus Daftar di Aplikasi Mypertamina

    Beli Pertalite dan Solar Kini Harus Daftar di Aplikasi Mypertamina

    Masyarakat yang ingin membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar mulai 1 Juli 2022 terlebih dahulu harus sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina.

    Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, inovasi yang dilakukan PT Pertamina (Persero) agar penyaluran Pertalite dan Solar tepat sasaran.

    “Sebagai badan usaha yang menjual Pertalite dan Solar, kami harus patuh, tepat sasaran dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah,” ungkap Alfian dalam keterangannya.

    Karena Pertalite dan Solar merupakan BBM bersubsidi, maka penyaluran dan penugasan ini diatur oleh regulasi, antara lain Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020.

    Dalam menyalurkan BBM subsidi ada aturannya, baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari sisi segmentasi penggunanya.

    “Saat ini, segmen pengguna Solar subsidi ini sudah diatur, sedangkan Pertalite segmentasi penggunanya masih terlalu luas,” kata Alfin.

    Disebutkan, saat ini masih terjadi di lapangan adanya konsumen yang tidak berhak mengkonsumsi Pertalite dan Solar.

    Jika tidak diatur, besar potensinya kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

    Cara daftar membeli Pertalite dan Solar

    Untuk mengatur siapa target pembeli Pertalite dan Solar, maka Pertamina menyiapkan website MyPertamina dengan link https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022.

    Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website tersebut. Kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar.

    “Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna,” ucap Alfian.

    Masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/.

    Jika ingin menggunakan smartphone, OLXers bisa mengunduh aplikasi MyPertamina lewat Google PlayStore atau AppStore.

    Tahapan Pendaftaran Pengguna Baru

    • Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
    • Buka website subsiditepat.mypertamina.id
    • Centang informasi memahami persyaratan
    • Klik daftar sekarang
    • Ikuti instruksi dalam website tersebut
    • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
    • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

    Selanjutnya, kamera smartphone Anda diarahkan ke mesin EDC SPBU Pertamina, kemudian scan QR code yang ditampilkan.

    Setelah harga dan jumlah liter yang muncul sudah sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik “Bayar”. Kemudian masukkan PIN akun LinkAja Anda. Maka OLXers akan menerima notifikasi pembayaran BBM berhasil.

    Nah, pengguna yang terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukan bahwa data mereka telah cocok dan dapat melakukan transaksi pembelian Pertalite dan Solar di SPBU.

    Wilayah yang diuji coba

    Karena aturan pembelian Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina baru diuji coba pada 1 Juli 2022 besok, maka implementasinya baru sebagian kota-kota di Indonesia.

    Adapun wilayah yang dilakukan uji coba yaitu Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta, dan Kota Sukabumi.

    “Seluruh transaksinya akan tercatat secara digital. Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar sehingga kedepannya,” tuturnya

    Dengan begitu, Alfian beranggapan, hal ini bisa menjadi acuan dalam membuat program ataupun kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah, sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi.

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, yuk cek di OLX Autos.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait