Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBelum Sebulan, Pemesanan Mobil Daihatsu Naik 2 Kali Lipat

    Belum Sebulan, Pemesanan Mobil Daihatsu Naik 2 Kali Lipat

    Stimulus potongan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) disetujui pemerintah hingga nol persen pada kendaraan bermesin kurang dari 1.500 cc dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 70 persen mulai Maret 2021 kini sudah membuahkan hasil.

    Bahkan Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, sejak 1-17 Maret 2021 Daihatsu mengalami peningkatan penjualan 2-3 lipat dibandingkan Februari 2021.

    “Daihatsu juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah dalam memberikan insentif berupa relaksasi pajak dan memberikan dampak positif bagi pasar otomotif. Kami yakin, dengan adanya dukungan ini, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Hendrayadi dalam video conference bersama awak media, Kamis (19/3/2021).

    Menurut Hendrayadi, dengan adanya relaksasi PPnBM 0 persen, hal ini dianggap dapat menggairahkan kembali pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

    Lebih lanjut dia mengatakan, setidaknya ada empat model mobil Daihatsu yang menikmati insentif pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max Mini Bus. Keempat mobil tersebut, kata dia mengalami peningkatan permintaan yang naik secara signifikan rata-rata mencapai 233 persen sejak diimplementasikan.

    “Persentase kenaikan permintaan per-modelnya adalah Xenia sebesar 220 persen, Terios 253 persen, Luxio 197 persen, dan Gran Max Minibus 194 persen,” sebutnya.

    Akan lebih laris

    Sebagaimana diketahui, secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia pada bulan Februari 2021 mencapai sekitar 46 ribu unit atau turun sebesar 13,1 persen dibandingkan pada Januari 2021 sekitar 53 ribu unit.

    Sedangkan penjualan ritel Daihatsu, pada periode yang sama mencapai 8.414 unit, atau turun sebesar 11,7 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 9.528 unit.

    Berdasarkan angka penjualan ritel di atas, market share Daihatsu mengalami kenaikan menjadi 17,9 persen pada Februari 2021, dikarenakan penurunan penjualan ritel Daihatsu masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar.

    Selain itu, penurunan penjualan otomotif pada Februari 2021 juga disebabkan karena pasar masih menunggu (wait and see) perkembangan terkait kebijakan program relaksasi ini.

    Namun begitu, Hendrayadi optimisme pertumbuhan penjualan setiap bulan akan kembali meningkat beberapa bulan kedepan, karena walau pajak PPnBM 0 persen tapi tidak semua semua customer sudah ready dan sudah siap dengan keuangannya.

    “Bisa jadi nanti di tiga bulan berikutnya kan masih ada relaksasi PPnBM 50 persen, itu nanti akan makin mendorong mereka lagi. Nanti di kuartal terakhir juga akan seperti itu, meskipun hanya 25 persen,” ucap Hendrayadi.

    Hendrayadi berharap, dengan adanya relaksasi PPnBM maka dapat mendongkrak pertumbuhan pasar otomotif ke arah semakin positif.

    Promo Daihatsu

    Untuk semakin mendongkrak penjualan mobil, Daihatsu termasuk salah satu brand yang gencar melakukan program penjualan melalui online. Bahkan mereka akan kembali melakukan program penjualan secara virtual bertajuk Virtual Daihatsu Festival pada Sabtu, 20 Maret 2021, pukul 10.00 – 11.00 WIB.

    Dalam acara ini Daihatsu akan memberikan berbagai paket promo penjualan, seperti gratis biaya admin untuk setiap pembelian secara kredit, serta extra cashback untuk pembelian cash.

    Selain itu, ada juga fasilitas trade-in atau tukar-tambah dengan beragam benefit menarik. Program  trade-in  mobil lamanya dengan mobil baru dengan benefit serupa. Calon konsumen juga berkesempatan mendapatkan benefit tambahan berupa voucher e-money, serta hadiah menarik lainnya.

    Selain program promo penjualan, konsumen juga dapat menikmati berbagai acara hiburan menarik dari Daihatsu di akhir pekan, seperti talkshow bersama Ken & Grat yang merupakan food reviewer, content creator, sekaligus pengusaha, serta special performance dari Gerry & Friends.

    Untuk dapat bergabung pada acara ini dapat melakukan registrasi melalui website daihatsu.co.id .setelah melakukan registrasi, konsumen akan mendapat link virtual meeting sebagai akses untuk masuk dan bergabung pada acara ini.

    Bagi Sahabat yang ingin menyaksikan acara ini secara live, dapat langsung mengunjungi media sosial Daihatsu di Instagram @daihatsuind dan Youtube channel Daihatsu Sahabatku.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here