Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsBenarkah Sering Mencuci Mobil di Tempat Umum Bisa Merusak Cat Body?

    Benarkah Sering Mencuci Mobil di Tempat Umum Bisa Merusak Cat Body?

    Mencuci mobil jadi salah satu bentuk perawatan yang bisa disebut paling mudah. Namun terkadang, para pemiliknya terlalu malas mencuci sendiri, dan merasa lebih baik dilakukan di tempat pencucian umum.

    Oia, mencuci mobil di tempat umum memang bisa disebut jadi cara praktis, apalagi dengan menggunakan tenaga robot. Akan tetapi, seperti dilansir Car From Japan, beberapa orang mungkin tidak menyadari, mencuci mobil dengan tenaga robot bisa jadi penyebab utama cat body mobil mengalami masalah.

    Nah, mau tau kenapa mencuci mobil di tempat umum apalagi menggunakan tenaga robot jadi ancaman bagi cat body mobil, berikut alasannya. 

    1. Bahan yang digunakan

    Tidak semua tempat cuci mobil bersikap jujur, walaupun memang banyak yang baik. Hanya saja, oknum tempat cuci terkadang ada saja yang nakal dan menggunakan larutan asam fluorida atau Hydrofluoric Acid yang dipercaya sebagai cara ampuh penghilang noda debu dan kotoran. 

    Akan tetapi menurut Car From Japan, kandungan Hydrofluoric Acid dalam pembersih justru sangat berbahaya. Bahkan larutan ini dilarang digunakan oleh sejumlah dinas kesehatan di beberapa negara.

    2. Menggunakan air bertekanan tinggi

    Sering kali cara paling mudah merontokan kotoran pada mobil dengan menyemprotkan air menggunakan tekanan sangat tinggi. Usut punya usut, semburan air yang cepat dan kuat dapat merusak cat dan tidak menutup kemungkinan justru membuat cat terkelupas.

    3. Muncul goresan 

    Ketika mencuci di tempat umum, bukan tak mungkin kuas atau spons yang digunakan untuk mencuci mobil kita membawa kotoran dari mobil yang sebelumnya dibersihkan. 

    Nah, jika kotoran yang menempel di mobil menyentuh kuas atau spons, bukan tak mungkin hal tersebut justru akan terjadi pada mobil yang selanjutnya akan dibersihkan. 

    4. Saat mengeringkan

    Setelah mobil dicuci, maka tahapan selanjutnya dilakukan pengeringan. Nah, tahapan ini juga rawan membuat cat mobil jadi rusak atau lecet.

    OLXer sendiri pasti tidak tahu, berapa kali kain kering atau LAP Plas Chamois (Kanebo) sudah digunakan untuk mengelap mobil lain, atau bisa juga jatuh ke tanah tanpa kita ketahui.

    Apabila OLXer ragu untuk mencuci mobil di luar sana, sudah sebaiknya lakukan sendiri di rumah agar lebih puas. Jika tidak, lakukan di tempat pencucian umum yang terpercaya langganan OLXer yah…

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here