Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    MotorIntip Spesifikasi Benelli Panarea dan Harga Terbarunya

    Intip Spesifikasi Benelli Panarea dan Harga Terbarunya

    Suka tipe skuter matik bergaya retro? Benelli Panarea cocok jadi pilihan Anda. Setelah vakum kurang lebih 2 tahun, PT Benelli Motor Indonesia (BMI) kembali hadir dengan skuter matik berkonsep retro modern, Panarea 125.

    Gaya retro begitu terasa pada motor ini hanya dengan melihat tampilan warnanya dan modelnya yang menyerupai Vespa S. Garis desainnya sangat kalem dengan lekukan-lekukan pada bodi yang dibuat sangat halus. Jika diperhatikan, tidak ada garis desain yang runcing dan kaku.

    Sisi modernnya dipancarkan melalui seluruh lampu LED dengan DRL (Daylight Running Light). Mulai dari lampu utama hingga sein, seluruhnya menggunakan LED. Logo Benelli ditonjolkan di tengah lampu utama.

    Kesan klasik juga hadir kala melihat speedometer yang pada bagian penunjuk kecepatannya menggunakan jarum. Sedangkan, kesan modern terlihat pada layar digital di bagian atasnya. Dari segi penampilan, Benelli Panarea memang sangat menggiurkan, apalagi jika melihat harganya yang cukup bersaing.

    Baca juga: Honda Scoopy 2023, Skuter Laris dengan Tampilan Lebih Fresh

    Harga Benelli Panarea

    Bicara soal harga, Benelli Panarea 125 cukup kompetitif jika dibandingkan dengan skuter matik serupanya, seperti Vespa S yang dibanderol Rp 40 jutaan atau Kymco Like 150i yang dibanderol Rp 29 jutaan. Harga yang disematkan untuk Benelli Panarea yang unik ini sekitar Rp 24,8 jutaan. Harga yang sangat menarik untuk sebuah skuter matik retro modern di kelas 125 CC. 

    Spesifikasi Benelli Panarea

    Beralih ke bagian spesifikasinya, Benelli Panarea dibekali mesin dengan kapasitas 125 CC dengan diameter piston 23 mm dan langkah 55 mm. Mesin ini didukung dengan konfigurasi silinder tunggal, 4-step, berteknologi SOHC pada penggerak katupnya. serta memiliki pendingin udara. Untuk tenaga puncak mencapai 8,7 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimalnya mencapai 9,2 Nm pada 6.000 rpm. Tergolong cukup bertenaga besar pada kelasnya.

    Saat pertama kali dinyalakan, respon gasnya serupa dengan skuter matik keluaran pabrikan Jepang. Namun, penyaluran tenaganya terasa lebih padat dengan power band yang terasa lebih luas.  Suara yang dihasilkan knalpot dan mesinnya begitu halus, serta sangat minim getaran. 

    Untuk suspensi bagian depannya, Benelli Panarea menggunakan teleskopik dikombinasikan dengan suspensi belakang tunggal samping. Kemudian, pada pengereman bagian depan menggunakan cakram, sedangkan bagian belakang masih menggunakan tromol.

    Baca juga: 9 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik 2023, Harganya di Bawah Rp15 Juta

    Kelebihan Benelli Panarea

    Dilihat dari segi penampilan, skuter matik modern retro yang satu ini memang sangat eye catching, apalagi harganya cukup kompetitif. Spesifikasinya? Memang cukup menggiurkan. Lantas, apa lagi kelebihan Benelli Panarea? Berikut beberapa kelebihannya yang bisa kami kupas.

    Compact

    Jika dilihat dari dimensinya, Benelli Panarea tergolong cukup compact. Total panjangnya 1.825 mm dengan lebar hanya 685 mm, ground clearance hanya 125 mm, serta wheelbase 1.270 mm. Dibandingkan ukuran Vespa S, Benelli Panarea memang lebih panjang, tetapi lebih ramping. Bagian wheelbase juga lebih pendek dari vespa, sehingga Benelli Panarea lebih unggul dari segi kelincahan berkendara

    Fitur menarik

    Fitur menarik sudah terlihat dari tampilan lampu utama, sein, stop lamp, hingga lampu penerangan plat motor, seluruhnya sudah menggunakan lampu LED. Pada bagian stang kanan, terdapat fitur yang cukup jarang ditemukan pada kebanyakan skuter matik, seperti engine cut off yang berfungsi untuk mematikan mesin. Pada bagian bawahnya, terdapat tombol hazard dan starter.

    Terdapat pula sebuah fitur yang hampir selalu ada di line up Benelli, yaitu Power Outlet. Letaknya ada pada kompartemen bagian kiri, lengkap dengan colokan model USB. Spesifikasinya cukup baik, yaitu sebesar 5 volt, 2 ampere, dan 10 watt.

    Bagasi besar

    Ruang penyimpanan pada motor Benelli Panarea cukup besar. Letaknya di bawah jok dan bersanding dengan tangki bensin 4,6 liter. Sayangnya, bagasi ini hanya cukup untuk menaruh helm dengan dimensi kecil dan sederhana, seperti helm retro. Namun demikian, di bawah stang terdapat dua buah kompartemen yang cukup besar dengan ukuran yang sama. Setidaknya, keduanya bisa memuat sarung tangan dan botol minum ukuran 1 liter.

    Penggantian ban mudah

    Kelebihan lainnya adalah penggunaan ban 12 incinya. Tipe ban Benelli Panarea, yaitu ban tubeless berukuran 100/90-12 di bagian depan dan 110/90-12 di bagian belakang. Ban ini banyak digunakan oleh skuter matik Jepang keluaran Yamaha dan Honda. Sehingga, tidak terlalu sulit untuk menemukan subtitusi ban ini, jika akan melakukan pergantian.

    Konsumsi bahan bakar cukup irit

    Dengan menggunakan bahan bakar Pertamax, Benelli Panarea mampu melewati berbagai medan untuk digunakan harian. Konsumsi bahan bakarnya tergolong cukup irit. Sebagai gambaran, berkendara lebih dari 300 km, dapat mengkonsumsi bensin rata-rata sekitar 42,1 km/jam dengan berkendara santai dan sesekali kecepatan penuh.

    Pilihan warna unik

    Bagi para pecinta motor dengan konsep retro, tentu ini menjadi salah satu yang sangat diminati. Pilihan warna Benelli Panarea begitu unik, yaitu Elegance White dengan jok berwarna creme, Dynamic Yellow dengan warna jok hitam, dan Serious Black dengan warna jok merah maroon. Kesan retro sangat terasa pada tampilan warna motor ini.

    Baca juga: Keeway Shiny 150, Skuter Retro Penantang Vespa Hingga Scoopy

    Itulah tadi beberapa informasi mengenai skuter matik Benelli Panarea yang bisa kami paparkan. Dengan banderol harga tersebut, skuter matik bergaya modern retro ini sangat layak untuk dimiliki. Motor ini ideal bagi para kaum muda yang ingin merasakan kenyamanan berkendara dengan konsumsi bahan bakar irit untuk digunakan harian.

    Jika Anda ingin membeli mobil bekas berkualitas terbaik dengan harga yang paling reasonable, kunjungi situs OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih dan terjamin berkondisi prima, serta bergaransi. Seluruh unit telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhan Anda bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait