Berada Dalam Mobil Lebih Aman dari Petir Lantaran Karet Ban?

0
44

Hujan deras disertai petir memang menjadi momok yang cukup menakutkan. Maklum, jangankan tersambar, mendengar suaranya yang menggelegar saja seperti jantung mau copot.

Belum lagi, menurut sejumlah sumber, sambaran petir sama seperti daya yang sangat tinggi sehingga mampu menyalakan bola lampu 100 watt selama 3 bulan dan energinya 150 kali lebih besar daripada listrik untuk industri. 

Lantas bagaimana jika berada di dalam mobil kemudian petir menyambar?

Tenang, jika hal itu terjadi maka OLXer tetap aman. Ini karena sebuah mobil memiliki body dengan struktur logam berbentuk Sangkar Faraday yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang ketika berada dalam kabin.

Disebutkan, saat petir menyambar, maka material logam menjadi konduktor listrik yang SANGAT baik, sehingga listrik akan mengalir melewati ban kemudian ke tanah. 

Oia, jika ada yang menyebutkan berada dalam mobil aman dari petir karena menggunakan ban berbahan karet, maka pernyataan tersebut adalah mitos bahkan cenderung salah. Sebab, ban karet tidak akan memberikan perlindungan dari petir. 

Sebaliknya, jika mobil tersambar petir, justru ban akan mengalami kerusakan. Selain itu, banyak kasus yang mengatakan, jika pengendara sepeda motor tersambar petir, maka tak sedikit nyawanya tak terselamatkan. 

Perlu diketahui, jika mobil tanpa atap atau convertible, maka itu tidak aman dari sambaran petir. Karena body mobil tidak dikelilingi oleh material logam.

Adapun apabila merasa mobil tersambar petir, OLXer yang berada di dalam kabin jangan menyentuh logam apapun, termasuk radio, pengisi daya ponsel, perangkat GPS seluler, pegangan pintu, hingga setir. 

Menjauh dari benda logam lebih aman ketika petir masih menyambar. Oleh karena itu tunggu beberapa saat, sampai gemuruh petir berkurang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here