Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasBerburu Mobil SUV Bekas Harga Murah, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini!

    Berburu Mobil SUV Bekas Harga Murah, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini!

    News.OLX.co.id – Tren mobil Sport Utility Vehicle atau kerap kita sebut SUV di Tanah Air beberapa tahun belakangan memang sedang naik daun. Tampilannya yang terkesan tangguh memang ampuh dalam meningkatkan rasa percaya diri bagi para pemiliknya. 

    Kalau tidak percaya, coba saja OLXers buktikan sendiri, bagaimana rasanya berkendara menggunakan mobil MPV dengan mobil SUV, bisa jadi OLXers bakal merasa jauh lebih muda dan gagah duduk di belakang kemudi mobil SUV. 

    Dengan posisi duduk yang lebih tinggi, apalagi kalau SUV yang digunakan menggunakan ukuran ban lebih besar, serta tenaga mesin yang besar, OLXers akan merasakan sensasi berkendara yang benar-benar beda.

    Jadi jangan heran kalau banyak orang-orang penting semacam bos-bos besar atau pejabat negara lebih memilih pakai mobil SUV sebagai mobil operasional sehari-hari. Ya karena alasan itu tadi, rasa percaya dirinya lebih meningkat.

    Tapi yang jadi persoalan adalah harga mobil-mobil SUV baru punya banderol cenderung sangat mahal. Sehingga tidak semua orang mampu untuk memilikinya. 

    Kita ambil contoh New Mitsubishi Pajero Sport yang baru saja meluncur di tanggal 16 Februari 2021 lalu. Model baru di segmen high SUV yang sudah mendapat berbagai ubahan di berbagai sektor ini dijual dengan harga mulai dari Rp 502,8 juta hingga Rp 733,7 juta. 

    Sementara untuk rival abadinya, New Toyota Fortuner yang hadir di Indonesia pada pertengahan Oktober 2020 lalu, di tahun ini dijual dengan harga paling murah adalah Rp 509,9 juta serta yang termahal di harga Rp 709,5 juta.  

    Harga yang cukup fantastis bukan? 

    Mobil SUV Bekas Harga Murah Jadi Pilihan Bijak

    Buat kalian yang menganggap mobil hanya sebatas benda pendukung mobilitas sehari-hari, tentu merasa sayang kalau harus mengeluarkan bajet luar biasa untuk membeli mobil SUV keluaran terbaru. Bicara mendang-mending, tentu pilihannya bisa ke mobil MPV atau City Car, bahkan ke mobil LCGC dengan harga yang lebih murah dan juga keluaran terbaru.

    Tapi kalau kalian adalah pecinta SUV sejati, dan merasa harus memiliki mobil yang kental dengan aura adventure, saat merasa mentok dengan urusan bajet, biasanya akan lebih memilih untuk membeli mobil SUV bekas harga murah.

    Nah, jika OLXers termasuk golongan orang yang disebutkan di atas, tentu saja banyak sekali hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli dan memboyongnya ke garasi rumah.

    Lewat tulisan ini, kami berusaha membantu OLXers agar tidak sampai salah dalam membeli mobil SUV bekas harga murah, serta tentunya menghindarkan dari masalah-masalah kepemilikan di kemudian hari.   

    Sebagai langkah awal, tentukan dulu jenis SUV yang OLXers incar. Di Indonesia untuk varian SUV terbagi dua, mid-size SUV dan full-size SUV. Varian mid-size SUV kita mengenal ada model kembar Daihatsu Terios dan Toyota Rush serta beberapa merek lainnya. Sedangkan untuk varian full-size SUV yang paling populer adalah Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner yang sudah biasa saling 'menikam'.

    Beberapa merek mobil lain juga mengisi kedua varian SUV tersebut, namun model-model yang disebutkan di atas adalah yang paling populer dan banyak dicari orang. 

    Jika sudah mengenali varian mobil SUV, selanjutnya adalah menentukan besaran kapasitas mesin mobil SUV yang mau dibeli. Untuk varian mid-size SUV biasanya hanya menawarkan kapasitas mesin 1500 cc, dan untuk varian full-size SUV rata-rata menawarkan kapasitas mesin 2500 cc. Sesuaikan dengan kebutuhan dan juga pertimbangkan biaya operasional harian. 

    Jangan sampai karena bernafsu mau mobil SUV bekas harga murah dan bertenaga 'gahar', OLXers lantas memilih kapasitas mesin 2500 cc tapi hanya dipakai untuk putar-putar Jakarta yang macet. Sudah pasti OLXers akan tekor di urusan beli bahan bakar. 

    Tapi sekali lagi itu kembali pada pilihan dan selera. Bisa saja karena sudah 'kadung' suka dengan model Pajero Sport atau Fortuner, OLXers tidak mau ambil pusing dengan urusan bahan bakar. 

    Yang jelas, jika itu pilihannya, kedua model tersebut banyak dijual dalam kondisi yang terbaik dan ditawarkan dengan harga murah di OLX.co.id

    OLXers masih bisa mendapatkan Mitsubishi Pajero Sport lansiran 2015 dengan harga penawaran sebesar Rp 250 juta. Bahkan untuk mobil Pajero Sport produksi 2010 dan 2009 masih bisa dibeli dengan bajet di bawah Rp 200 juta jika OLXers beruntung.

    Sementara untuk Toyota Fortuner bekas, OLX punya banyak pilihan yang ditawarkan kepada pengunjungnya dengan rentang harga cukup bervariasi, bergantung pada tahun pembuatan dan kondisinya. Rata-rata untuk Fortuner bekas buatan tahun 2010 ke bawah dibanderol dengan harga pasaran tidak sampai Rp 200 juta, cukup murah meski harus beda beberapa generasi dengan model barunya. Cek disini untuk mobil SUV bekas harga murah.

    3 Hal Yang Wajib Di Cek Saat Membeli Mobil SUV Bekas Harga Murah

    Apabila OLXers akhirnya sudah menemukan mobil SUV bekas yang ditaksir, cocok dengan harga yang ditawarkan, kondisi sesuai ekspektasi, itu artinya sedikit lagi proses deal akan terjadi.

    Tapi sebelum semua itu, tidak ada salahnya sebagai calon pembeli OLXers harus sedikit bawel dan lebih detail lagi dalam melakukan pengecekan. 

    Berikut adalah hal yang wajib ditanyakan dan diperhatikan sebelum beli mobil SUV bekas harga murah :

    1. Kelengkapan Dokumen dan Surat-surat

    Periksa kelengkapan dan keaslian dokumen mulai dari STNK, BPKB, faktur pembelian, dan salinan KTP pemilik mobil pertama. Selain itu jangan sampai lupa menanyakan  buku manual dan buku servis untuk mengetahui riwayat perawatan mobil SUV bekas harga murah yang hendak dibeli. 

    2. Cek Eksterior dan Interior

    Jangan terpana akan silaunya kilap body mobil yang OLXers incar. Pastikan sudah melihat fisik mobil SUV bekas harga murah yang diincar secara langsung. Seperti yang disebutkan di atas, jangan sungkan untuk menjadi bawel dan detail dalam bertanya. 

    Ingat, OLXers punya hak sebagai calon pembeli untuk mendapatkan informasi kondisi mobil sedetail mungkin. Jika menemukan lecet atau baret di body mobil, tanyakan baretnya karena menabrak apa dan pastikan luka gores tersebut bisa hilang hanya dengan polesan saja. 

    Sementara untuk di sektor interior, perhatikan secara seksama mulai dari plafon sampai ke bawah karpet dasar. Jangan lupa selain pasang mata, pasang juga penciuman. Jaga-jaga ada tercium bau apek, segera tanyakan mobil bekas terendam banjir atau hanya akibat tumpahan air biasa saja. 

    3. Cek Mesin

    Selanjutnya adalah melakukan cek mesin di tempat atau sambil test drive. Pastikan mobil SUV bekas harga murah yang dibeli tidak punya masalah di teknis mesin serta punya riwayat service yang baik. 

    Jika OLXers merasa awam soal mesin, jangan ragu untuk mengajak rekan OLXers yang memang ahli di bidang tersebut. 

    Atau jika tidak mau ribet, manfaatkan jasa inspeksi untuk menggantikan OLXers dalam melakukan pengecekan mobil yang hendak dibeli. OLX Autos punya fasilitas layanan inspeksi untuk mobil yang mau dijual ataupun dibeli, sehingga membeli mobil SUV bekas harga murah melalui OLX Autos, dijamin OLXers akan mendapatkan yang terbaik.

    Sekarang OLXers tinggal tentukan antara Pajero Sport atau Fortuner, mana yang lebih baik?

    Selamat berburu mobil SUV bekas harga murah!

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here