Minggu, Juni 26, 2022
More
    MobilPanduan PembeliBerikan Perhatian Lebih Untuk Komponen Ini Saat Musim Hujan Tiba

    Berikan Perhatian Lebih Untuk Komponen Ini Saat Musim Hujan Tiba

    JAKARTA – Wah! Gak terasa kita sudah masuk di musim penghujan lagi. Jalanan basah dan becek jadi kondisi yang harus kita lalui saban hari saat melakukan aktivitas.

    Bagi pemilik mobil, musim penghujan seperti saat ini memang tidaklah mengenakkan, bahkan cenderung bikin susah.

    Kebersihan mobil tidak pernah bisa bertahan lama. Habis dicuci pastinya bakalan kotor lagi. Begitu terus berulang-ulang, capek.

    Tapi sebenarnya saat musim hujan, yang perlu menjadi concern utama adalah bukan soal kebersihan mobil. Ada bagian yang lebih penting pada kendaraan yang menuntut perhatian lebih.

    Bagian rem adalah salah satu komponen utama dari kendaraan yang harus mendapat perhatian lebih saat musim hujan.

    Kenapa? Karena saat hujan, permukaan jalan cenderung menjadi licin dan basah,  jarak pengereman akan bertambah dibanding ketika permukaan jalan kering. 

    Ban dan rem menjadi unsur penting yang akan mempengaruhi jarak pengereman.

    Üntuk memastikan keselamatan berkendara, pemeriksaan atas kesiapan rem kendaraan patut menjadi perhatian. Pemeriksaan berkala sangat disarankan untuk memastikan kelayakan komponen rem lebih lanjut,” tegas Boediarto, General Manager Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.  

    Menurutnya, semua komponen yang ada di kendaraan Mitsubishi Motors memang sudah dipersiapkan untuk memudahkan penggunanya berkendara dengan aman dan nyaman dalam berbagai kondisi, termasuk saat musim hujan. 

    “Namun pemilik mobil tentu harus lebih waspada dan memperhatikan aspek-aspek vital dan juga sikap berkendara termasuk saat memasuki musim hujan,” tambahnya. 

    Bagian Sistem Pengereman yang Harus Diperhatikan

    1. Piringan Cakram dan Kampas Rem

    Idealnya, sistem pengereman pada kendaraan harus di cek berkala setiap per 20.000 km. 

    Pemeriksaannya meliputi kuantitas minyak rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram, dan ketebalan kampas rem.

    Saat musim hujan dengan tantangan menghadapi kondisi permukaan jalan yang basah dan licin, kampas rem harus jadi perhatian utama.

    Kalau kondisi kampas rem sudah tipis atau habis, sebaiknya harus segera diganti. Sebaliknya, kalau masih cukup tebal, cukup dibersihkan saja. 

    Sama halnya dengan piringan cakram, pastikan permukaannya masih cukup rata. 

    Efek kampas rem yang sudah tipis namun tetap dipaksa untuk bekerja menjepit piringan cakram, mengakibatkan gesekan metal yang akan membuat permukaan piringan cakram jadi tidak rata atau bergelombang.

    Jika kondisinya seperti ini, saat melakukan pengereman berpotensi menimbulkan getaran yang bisa terasa saat menginjak pedal rem. 

    Solusinya ada dua. Pertama piringan cakram harus dibubut, atau kedua adalah dengan menggantinya. 

    Untuk informasi, harga piringan cakram mobil itu tidak murah sob kalau harus diganti. Jadi jangan menunggu sampai kejadian seperti ini.

    Kalaupun masih bisa dibubut, disarankan untuk menggunakan alat bubut langsung di kendaraan untuk hasil maksimal.

    Baca juga  4 Bagian Sepeda Motor yang Dianggap Tidak Penting, Tapi Ternyata Bermanfaat

    2. Cek dan Ganti Minyak Rem

    Satu lagi bagian dari sistem pengereman di mobil yang perlu diperhatikan adalah kondisi minyak rem-nya.

    Pastikan untuk rutin mengecek kondisi minyak rem di tangki cadangan setiap seminggu sekali, bersamaan dengan pemeriksaan komponen lainnya. 

    Sobat juga lebih baik untuk ikut petunjuk anjuran penggantian minyak rem setiap 40.000 km dengan merek minyak rem yang sudah direkomendasikan.

    Bagi pemilik mobil Mitsubishi Motors, merek maupun jenis minyak rem yang direkomendasikan ada di dalam Owner Manual maupun di bengkel resmi. 

    Nah, kalau ternyata ditemukan kondisi minyak rem habis sebelum batas jarak minimal yang ditentukan, besar kemungkinan terjjadi kebocoran yang harus segera diperiksakan.

    Untuk pemeriksaan ini jangan lakukan sendiri, tapi sebaiknya langsung bawa ke bengkel resmi terdekat biar ketemu solusi dan hasil maksimal.

    Namun pada prinsipnya, perawatan rutin serta pengecekan selalu direkomendasikan dibanding harus melakukan perbaikan saat terlanjur rusak.

    Apalagi disini kita bicara soal piranti rem yang punya peran vital dalam mendukung keselamatan berkendara. 

    Dan yang terakhir, pastikan juga suku cadang yang sobat pakai adalah suku cadang original. 

    Manfaatkan Program Rainy Campaign Mitsubishi Motors

    Pemilik mobil Mitsubishi Motors di musim hujan tahun ini tak perlu khawatir. BKondisi rem dan kendaraan bisa tetap terjaga maksimal dengan memanfaatkan program Rainy Campaign hanya di bulan ini. 

    “Rainy Campaign” merupakan program paket perawatan yang tujuannya untuk mempersiapkan kondisi kendaraan tetap prima menghadapi musim hujan dengan menggunakan suku cadang asli Mitsubishi Motors.

    Periode program berlangsung hingga 31 Januari 2022, di seluruh dealer resmi Mitsubishi Motors dengan fasilitas 3S, dan ditujukan kepada konsumen dengan model Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Outlander Sport dan Mirage.

    Manfaatkan program layanan ini dengan menghubungi layanan hotline Mitsubishi Customer Care di 0804-1-300-300.

    Untuk urusan jual mobil bekas, percayakan pada OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here