Sabtu, November 27, 2021
OLX Auto
More
    TipsBerisiko Tinggi! Ini 5 Bagian Mobil yang Tidak Boleh Diperbaiki Sendiri

    Berisiko Tinggi! Ini 5 Bagian Mobil yang Tidak Boleh Diperbaiki Sendiri

    News.OLX.co.id – Seiring meningkatnya biaya reparasi mobil, banyak orang mulai mencoba memperbaiki kendaraan mereka sendiri berbekal tutorial di YouTube dan situs web. Meskipun di beberapa situasi tindakan tersebut masih masuk akal, namun kita tidak boleh langsung memperbaiki mobil jika belum memahami seluk-beluk kendaraan dengan baik. 

    Tentu, kebanyakan orang bisa mengganti busi atau memasang ban serep mereka sendiri. Bahkan kebanyakan dari kita bisa mengganti aki mobil atau menghilangkan karat pada rem. Tetapi kenyataannya, beberapa perbaikan bagian mobil harus dilakukan oleh mekanik berlisensi dan bersertifikat agar tidak menimbulkan kerusakan yang semakin parah. 

    Berikut Adalah Daftar Perbaikan Mobil yang Tidak Boleh Dilakukan Sendiri :

    1. Radiator

    Radiator pada mobil termasuk dalam kategori “komponen penting”. Tanpa radiator, mobil akan mengalami panas berlebih dan dapat menyebabkan kerusakan mesin besar serta biaya perbaikan yang mahal. Sebagai jantung dari sistem pendingin mobil, saat radiator tidak bekerja dengan benar, hal itu tentunya akan sangat merepotkan.

    Ada banyak sekali video dan blog online yang menjelaskan cara mengganti radiator layaknya profesional hanya dengan beberapa langkah mudah. Namun faktanya, mengganti radiator mobil tidak semudah yang diyakini komunitas online. 

    Masalah terbesar ketika memperbaikinya adalah, karena selang penghubung radiator ke mesin tidak cukup aman dan kendor, sehingga bisa menyebabkan masalah yang signifikan. Selain itu, jika mengacaukan penggantian radiator, kita bisa menyebabkan mesin mobil meledak.

    2. Pompa Bahan Bakar

    Pompa bahan bakar di mobil berguna untuk memasok bahan bakar dengan tekanan yang benar ke injektor di mesin. Sebagai peralatan yang sangat sensitif dan presisi, pompa bahan bakar memiliki biaya sangat mahal untuk diperbaiki atau diganti jika rusak. 

    Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak orang mencoba memperbaiki atau menggantinya sendiri. Namun, melakukan perbaikan yang salah pada pompa bahan bakar dapat menyebabkan kegagalan yang parah pada kendaraan. 

    Oleh karena itu, sebaiknya mintalah mekanik untuk melakukan perbaikan atau penggantian pada pompa bahan bakar yang bermasalah. Perlu diingat bahwa pompa bahan bakar dapat dijaga dalam kondisi baik, dengan menggunakan bahan bakar berkualitas untuk kendaraan.

    3. Rem

    Banyak orang melakukan penggantian rem mobil mereka sendiri, karena hal tersebut sama sekali bukan perbaikan otomotif yang sulit. Meskipun demikian, jika ingin mengganti rem mobil sendiri, sebaiknya kita lebih dulu mengerti komponennya dengan baik, yang tidak hanya melibatkan bantalan rem, tetapi juga kaliper, rotor, bantalan roda dan minyak rem. 

    Jika merasa yakin bisa memperbaiki rem mobil sendiri, tentunya tidak apa-apa. Tetapi yang terbaik adalah meminta bantuan profesional untuk mengganti rem mobil untuk menghindari kerusakan lain, karena beberapa masalah keselamatan berkendara muncul akibat rem yang tidak berfungsi dengan baik. 

    4. Head Gasket

    Head gasket yang pecah adalah mimpi buruk bagi kebanyakan pemilik mobil. Dibutuhkan 20 hingga 25 jam kerja, serta menghabiskan setengah minggu atau lebih bagi mekanik yang berkualifikasi untuk mengerjakan satu head gasket. 

    Jadi bisa disimpulkan, bahwa mencoba memperbaiki sendiri head gasket bukanlah ide yang bagus. Jika butuh setengah minggu bagi mekanik yang terlatih secara profesional untuk memperbaiki head gasket, bayangkan berapa lama Anda bisa memperbaikinya di garasi rumah? 

    Selain itu, ini adalah salah satu perbaikan yang, jika kita salah mengerjakan, dapat merusak mesin mobil secara permanen. 

    5. Transmisi

    Transmisi, bisa dibilang, adalah bagian paling kompleks dari sebuah mobil. Mengandung ribuan bagian yang rumit, sebuah transmisi memiliki peran yang sangat penting untuk menggerakkan mobil saat maju atau mundur. 

    Saking kompleksnya, transmisi hampir tidak pernah dapat diperbaiki atau diganti oleh mekanik biasa. Bahkan, mengganti cairan transmisi di dalam mobil memerlukan prosedur khusus yang harus dilakukan oleh seorang yang ahli. 

    Daripada menimbulkan risiko dan menanggung biaya yang lebih besar, segeralah bawa mobil ke bengkel berlisensi untuk diperbaiki jika bagian transmisi mulai bermasalah.

    Nah, berbeda dengan transmisi yang kompleks dan tidak boleh diperbaiki sendiri. Pengajuan KPR melalui aplikasi BRIspot bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja dan dimana saja.

    Tanpa harus datang ke bank dan mengeluarkan biaya tambahan, sekarang kita bisa mengajukan KPR lewat aplikasi BRIspot yang pastinya lebih cepat, mudah, dan transparan.

    Punya banyak keunggulan untuk millennials, KPR BRI memiliki biaya kredit yang ringan, jangka waktu tenor sampai dengan 20 tahun, serta suku bunga yang kompetitif. 

    Kini, impian millennials untuk memiliki rumah idaman bisa diwujudkan dengan mudah lewat KPR BRI, karena biaya DP-nya cuma mulai dari 5%*. Ingin memiliki rumah tinggal, apartemen? Semuanya bisa dimiliki dengan KPR BRI!

    Yuk langsung buka aplikasi BRIspot dan mulai pengajuan KPR BRI dari sekarang!

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here