Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBerpotensi Ngerem Sendiri, Mazda3 di Indonesia Kena Recall

    Berpotensi Ngerem Sendiri, Mazda3 di Indonesia Kena Recall

    Pabrikan mobil asal Jepang, Mazda, akhir 2019 lalu terpaksa harus melakukan recall atau penarikan kembali pada model Mazda3 di seluruh dunia. Diketahui, penyebab recall Mazda3 karena potensi adanya masalah pada software Smart Braking System Control atau Sistem Pengereman Otomatis. 

    Ya, masalah pada SBS Control ini diketahui bisa melakukan pengereman secara otomatis apabila mendeteksi benda apapun yang ada di depan. Tentu saja hal ini akan membuat pengemudi Mazda3 akan melakukan pengereman secara mendadak dan hal tersebut berbahaya bagi pengendara lain di belakang. 

    Lantas apakah kasus recall ini juga berimbas pada mobil-mobil Mazda3 yang ada di Indonesia?

    Menanggapi hal tersebut, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio tidak menampiknya. Sebaliknya, Mazda Indonesia akan bertanggung jawab. 

    “Namanya recall biasa ya, semua merek semua merek, model, pasti pernah ada recall. Jadi itu tanggung jawab kami,” ungkap Ricky saat ditemui di sela peluncuran Mazda CX-30 di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

    Lebih lanjut Ricky mengatakan, Mazda Indonesia sendiri sudah melakukan komunikasi dan pemberitahuan langsung untuk melakukan perbaikan melalui dealer-dealer resmi Mazda di Indonesia. 

    Soal recall, kata Ricky, Mazda tak akan kabur. Sebaliknya, Mazda Indonesia akan secara proaktif mengkomunikasikannya kepada konsumen.

    “Untuk detailnya bisa di cek langsung di bengkel,” tuturnya.

    Ricky sendiri mengaku, penyebab recall sama seperti di pasar global yaitu mengenai SBS Control. Hal ini karena mobil Mazda3 yang dijual ke Indonesia diracik di pabrik produksi Mazda di Hiroshima, Jepang. 

    Sekadar informasi, Mazda3 meluncur di Indonesia dengan dua versi, sedan dan hatchback. Keduanya diperkenalkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

    Saat menapakan kaki di Indonesia, Mazda3 hatchback dijual dengan harga Rp 489,8 juta. Sedangkan Mazda3 sedan dibandrol seharga Rp 538,8 juta.

    Kedua jenis Mazda3 ini mengadopsi mesin dengan bahan bakar bensin Skyactiv-G 2,0 liter terbaru yang telah mendapatkan pengembangan teknologi. Distribusi tenaga dan torsi jantung pacu itu dikawinkan melalui transmisi otomatis enam-percepatan Skyactiv-Drive.

    Oia, Mazda3 juga sudah dilengkapi fitur G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) yang merupakan pengembangan fitur G-Vectoring Control (GVC). Dengan fitur tersebut mobil diklaim dapat mengatasi manuver penghindaran darurat dengan lebih baik dan menawarkan pengendalian yang meyakinkan di berbagai situasi, tak terkecuali ketika merubah jalur dengan kecepatan tinggi dan berkendara di jalan licin. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here