Rabu, Juni 29, 2022
More
    BeritaBertemu Perdana Menteri Australia, Jokowi Bahas Ekspor Mobil dari Indonesia Terus Terbuka

    Bertemu Perdana Menteri Australia, Jokowi Bahas Ekspor Mobil dari Indonesia Terus Terbuka

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut hangat kedatangan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

    Dalam pertemuannya, Jokowi dan Perdana Menteri Australia ke-31 disebut membahas isu-isu bilateral, berbicara mengenai kerja sama ekonomi, termasuk otomotif.

    “Saya menyampaikan pentingnya perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Australia, misalnya otomotif,” ungkap Jokowi seperti dilansir situs Sekretariat Kabinet RI.

    Seperti diketahui, sejak Februari 2022, Jokowi telah resmi melepas mobil Toyota Fortuner buatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk diekspor ke negeri Kangguru dalam bentuk Completely Built Up (CBU).

    “Saya mengharapkan akses ekspor seperti ini akan terus terbuka,” ucap Jokowi.

    Tentu saja dengan pertemuan ini, diharapkan mobil-mobil yang dibuat di Indonesia, akan semakin banyak mengaspal di jalanan Australia.

    Harapan Jokowi untuk mobil yang dibuat di Indonesia

    Toyota fortuner di Ekspor ke Australia
    Toyota Fortuner secara resmi dilepas Presiden Joko Widodo untuk diekspor ke Australia. (Dok: TMMIN)

    Indonesia memang bukan pertama kali melakukan ekspor ke luar negeri. Namun hal itu tidak untuk Australian. 

    Maka dari itu saat melepas ekspor perdana produk otomotif ke Australia Februari lalu, mantan Walikota Solo itu memberikan pesan-pesan yang perlu dipahami dan diterapkan pabrikan.

    “Hati-hati, produk ekspor itu akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Jadi bukan hanya sendirian di pasar, tetapi bersaing,” jelas Jokowi.

    “Dan konsumen itu akan memilih kalau produk kita memiliki kualitas, memiliki kualifikasi yang baik untuk dipakai,” sambung Jokowi.

    Menurut Jokowi, dengan diekspornya mobil Toyota di Indonesia, ini membuktikan bahwa SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam memproduksi mobil.

    “Sangat teliti, sangat cermat, sangat hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang,” ujarnya.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Baca juga  PLN Siap Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here