Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaSambil Beternak Sapi dan Kambing, Ricky Elson Siapkan Mobil Listrik Terbaru

    Sambil Beternak Sapi dan Kambing, Ricky Elson Siapkan Mobil Listrik Terbaru

    Bagi generasi milenial pasti masih asing mendengar nama Ricky Elson. Namun begitu, yang harus OLXer harus tau, pria asal Padang, Sumatera Barat ini adalah salah satu orang jenius yang mampu mengembangkan mobil listrik.

    Ya, karya Ricky Elson yang terkenal adalah Tucuxi dan Selo. Dengan buah karya dan pengembangan mobil listrik inilah, dia bisa disebut juga menjadi pelopor mobil nasional.

    Hanya saja, untuk Tuxuci yang juga digarap bersama Danet Suryatama mengalami nasib mengenaskan, di mana saat diuji coba mobil yang dikendarai Dahlan Iskan (saat itu menjabat sebagai Menteri BUMN) menabrak tebing di daerah Sarangan, Magetan, Jawa Timur, 23 Desember 2012. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

    Dahlan Iskan mengemudkan mobil listrik Tuxuci di temani Ricky Elson di kawasan GBK Senayan, Jakarta. (Wikipedia)

    Sedangkan untuk Selo yang merupakan mobil bergaya sport, masih ada. Bahkan mobil yang sempat dipamerkan di KTT APEC Bali 5-6 Oktober 2013 itu mampu menarik perhatian banyak orang, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini karena desain mobilnya mirip supercar.

    Selo, mobil listrik yang dikembangakn Ricky Elson. (Instagram @ricky_elson)

    Namun entah mengapa, Ricky Elson yang juga pernah menempuh pendidikan jurusan teknik mesin hingga bergelar master dan bekerja di Jepang sebagai ahli dalam motor penggerak listrik namanya seakan tak mencuat lagi dengan kendaraan listriknya.

    Usut punya usut, Ricky Elson rupanya masih tetap berkarya. Dia menetap dan membuka sebuah tempat yang disebut Lentera Bumi Nusantara di sebuah desa di ujung selatan Tasikmalaya yaitu Ciheras.

    Di desa ini, Ricky Elson mencoba membuat berbagai riset dengan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang dibuat sendiri. Uniknya lagi, ternyata dia juga beternak sapi dan kambing, serta berkebun. Pada intinya hal itu sengaja dilakukannya untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di desa tersebut.

    (Instagram @ricky_elson)

    Lantas apakah Ricky Elson masih ingin membuat mobil?

    Ya, diam-diam pria kelahiran Padang, 11 Juni 1980 tersebut memang mengerjakan proyek mobil listrik. Lalu bagaimana prosesnya?

    “Mobil saya ya yang ada di Instagram (belum selesai),” kata Ricky menjawab pertanyaan News OLX beberapa waktu lalu.

    Tampak depan calon mobil listrik baru Ricky Elson. (Instagram @ricky_elson)

    Untuk mengembangkan kendaraan listrik memang tak mudah membalikan telapak tangan. Apalagi, mobil listrik memang belum menjadi tren secara global. Sedangkan di Indonesia sendiri baru dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 55  tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan pada 12 Agustus 2019 lalu.

    Lalu kira-kira kapan mobil listrik karya Ricky Elson kembali dipamerkan?

    “Sampai budget kita cukup. Karena kita swadaya, belajar swadaya,” jawabnya.

    Tampak belakang calon mobil listrik baru Ricky Elson. (Instagram @ricky_elson)

    Ya, menurutnya memang tak ada investor dalam pengembangan kendaraan listrik terbaru nya itu. Bahkan Ricky Elson sendiri memang masih menutup rapat detail bagaimana proses produksinya.

    Hanya saja, dia mengatakan untuk produksi mobil listrik terbarunya tidak dilakukan di Ciheras, melainkan ada di satu tempat yang dirahasiakan.

    Namun begitu, jika OLXer ingin melihat bagaimana perkembangan untuk mobil listrik buah karya Ricky Elson, bisa dilihat di akun Instagramnya @ricky_elson.

    Ya, kita doakan saja agar Uda Ricky Elson bisa mempersembahkan mobil listrik supaya Indonesia bisa bangga dengan karya anak bangsa. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here