Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    TipsBikers Wajib Tahu, 6M Fungsi Oli Dalam Mesin Motor

    Bikers Wajib Tahu, 6M Fungsi Oli Dalam Mesin Motor

    News.OLX.co.id – Mesin pada semua jenis kendaraan menjadi “nyawa” di kendaraan itu sendiri. Bagian inilah yang menjadi leader bagi seluruh komponen yang merupakan sebuah kesatuan dalam menggerakkan kendaraan, mobil maupun motor.

    Maka sangat penting bagi seluruh pemilik kendaraan untuk menjaga bagian mesin bekerja optimal tanpa mengalami gangguan-gangguan yang tentunya bisa menjadi masalah saat di jalan.

    Satu-satunya kunci membuat mesin bekerja optimal adalah asupan pelumas yang dimasukkan ke dalam ruang mesin. Kualitas serta jenis oli yang digunakan merupakan penentunya.

    “Salah satu hal wajib yang harus diketahui oleh pemilik kendaraan adalah memahami fungsi oli mesin dengan baik. Oli mesin jadi kebutuhan esensial yang membantu komponen mesin melakukan kerjanya,” terang Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan fungsi penting pelumas mesin dalam kendaraan melalui keterangan tertulis, Selasa (28/9/2021).

    Khusus sepeda motor yang digunakan setiap hari, sangat membutuhkan perhatian dan perawatan di bagian mesin agar kinerjanya tetap optimal dan bebas gangguan. 

    “Penggunaan oli mesin yang tepat dan sesuai kebutuhan kendaraan dapat menunjang cara kerja mesin menjadi optimal. Kami sarankan agar pengguna sepeda motor Suzuki selalu datang dan memanfaatkan kemudahan layanan di bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melakukan perawatan mesin, termasuk penggantian oli secara berkala,” lanjutnya.

    Menurutnya fungsi pelumas di mesin, khususnya sepeda motor terbagi menjadi 6 M. Melumasi, Melapisi, Mendinginkan, Membersihkan, Menghaluskan serta Melindungi.

    6M Fungsi Oli Mesin Motor

    Melumasi Komponen Mesin

    Fungsi paling utama adalah memberikan proses pelumasan untuk setiap komponen di dalam mesin yang bekerja saat dihidupkan. Proses melumasi ini tentunya akan meminimalisir gesekan antar komponen dan menjadikan mesin bekerja lebih ringan serta menghasilkan langkah kerja mesin yang optimal. 

    Disini sangat penting bagi pemilik motor, apapun merek motor tersebut untuk memberikan oli dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan jenis mesin agar fungsinya tercapai, membuat mesin bekerja optimal, mesin berjalan mulus, bebas gangguan dan hal yang tak kalah penting melindungi komponen mesin.

    Melapisi Permukaan Komponen Mesin

    Fungsi kedua adalah melapisi mesin dengan baik sehingga setiap komponen yang saling terhubung di dalamnya bekerja maksimal. 

    Oli akan membentuk lapisan di setiap permukaan komponen mesin untuk menutupi celah (clearance) yang timbul akibat renggangnya komponen mesin.

    Mendinginkan Komponen Mesin

    Saat bekerja suhu mesin akan naik akibat komponen yang saling bergesekan. Fungsi oli mesin adalah sebagai pendingin dan menjaga suhu mesin tetap stabil. 

    Dengan suhu yang stabil ini akan mampu mempertahankan bentuk komponen tetap dalam kondisi terbaik.

    Membersihkan Komponen

    Berikutnya fungsi oli di dalam mesin yang juga tak kalah penting adalah mengalirkan gram komponen yang muncul akibat proses gesekan antar komponen. 

    Gram ini boleh disebut sebagai sampah di dalam mesin. Oli bekerja mengangkut gram-gram tersebut untuk ditinggalkan di filter oli, sehingga sirkulasinya berjalan sebagaimana mestinya. 

    Proses ini membuat bagian dalam mesin tetap bersih karena tidak ada lagi kotoran yang menempel maupun menggumpal.

    Menghaluskan Suara Mesin

    Oli yang ada di dalam mesin juga berfungsi untuk meredam suara yang timbul akibat interaksi maupun gesekan antar komponen mesin, sehingga suara mesin jadi lebih halus. Tapi harus kembali diingat, pakai oli yang tingkat kekentalannya (viskositas) sesuai kebutuhan mesin.

    Melindungi dari Korosi

    Yang terakhir, oli mesin juga berguna memberikan lapisan menyeluruh di tiap komponen. 

    Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terkena proses elektrokimia atau karat yang terbentuk akibat tercampurnya hidrogen, oksigen dan atom di besi. 

    Dengan oli mesin yang yang terjaga kualitasnya, mampu melindungi setiap komponen dari karat yang menyebabkan korosi. 

    Jadi jika saat mengganti oli lama dengan yang baru, melihat kondisi oli lama berubah warna menjadi gelap, itu tandanya oli bekerja dengan baik mengangkat semua kotoran dalam mesin. 

    Dengan penjelasan 6M fungsi oli mesin pada motor di atas, sudah menjadi kewajiban bagi pemilik sepeda motor untuk selalu memperhatikan oli mesin.

    “Dengan melakukan perawatan di bengkel resmi Suzuki, memberikan keuntungan bagi konsumen, yakni kinerja mesin sepeda motor yang tetap optimal dan bebas gangguan,” tutup Hariadi.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here