Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    TipsBisakah Kaca Mobil di Waxing Seperti Body Supaya Mengkilap?

    Bisakah Kaca Mobil di Waxing Seperti Body Supaya Mengkilap?

    Sudah jadi hal lumrah ketika pemilik sebuah mobil melakukan perawatan body mobil dengan cara waxing. Untuk melakukan perawatan ini, memang membutuhkan biaya tak sedikit.

    Namun perlu diketahui, saat ini banyak bengkel atau salon mobil menyediakan peralatan dan perlengkapan waxing, agar OLXer bisa melakukannya di rumah.

    Ya, dengan waxing mobil setidaknya ada beberapa manfaat, seperti body lebih mengkilap, melindungi dari pancaran sinar matahari, mencegah terjadi goresan, melindungi dari kotoran dan air menempel, menyamarkan bagian tidak sempurna dan lainnya.

    Nah, jika bicara soal waxing, sebenarnya cara tersebut bisa juga diaplikasikan pada jendela?

    Melansir The Drive, melakukan waxing mungkin untuk sebagian orang dikenal hanya digunakan pada panel body. Namun faktanya, meski fungsi utama waxing bukan untuk kaca mobil namun, hal ini masih bisa dilakukan pada kaca jendela  agar melindungi dari kotoran, serpihan debu, hingga kerusakaan akibat sinar Ultraviolet.

    Dengan menggunakan waxing pada kaca jendela, maka hal ini bisa membuat kaca jendela lebih jernih, alhasil  kaca terhindar dari paparan debu jalanan, atau membuat permukaan kaca mobil bebas dari bercak air saat turun hujan atau saat mencuci.

    Adapun untuk proses melakukan waxing pada kaca jendela sejatinya tak jauh berbeda ketika melakukannya pada body mobil. Nah, berikut ini beberapa tahapan Ketika hendal memoles kaca mobil, yaitu:

    1. Lakukan di tempat sejuk dan teduh

    Langkah yang paling penting ketika hendak melakukan waxing pada kaca jendela yaitu simpan mobil di garasi atau tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kotoran atau debu yang menempel sehingga dapat merusak kaca jendela.

    2. Cuci mobil

    Sebelum membersihkan kaca jendela mobil, sebaiknya cuci bagian tersebut dengan air mengalir agar kotoran yang menempel terhapus terbawa air. Setelah itu, keringkan kaca jendela mobil, atau bisa juga dibantu kain halus atau microfiber.

    3. Berikan waxing

    etelah memastikan kaca jendela bersih dan kering, maka proses selanjutnya langsung mengaplikasikan waxing seperti pada body mobil. Namun perlu dicatat, gunakan kain halus seperti microfiber.

    Saat melakukan waxing sebaiknya oleskan dengan lembut, dan gosok perlahan dengan cara melingkar-melingkar kecil dari atas ke bawah sampai rata. Lakukan beberapa kali agar memberikan hasil maksimal, kemudian diamkan sampai mengering.

    4. Kupas kerak waxing

    Setelah bahan waxing yang menempel di jendela mengering maka gosok dengan kain yang juga halus dengan sedikit ditekan. Lakukan ke seluruh permukaan sampa semua waxing tidak terlihat menempel.

    Nah, OLXer yang ingin mencoba dan mengaplikasinya bisa melakukannya di rumah. Tentunya persiapkan semua peralatan dan perlengkapannya. Selamat mencoba.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here