Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriKupas Tuntas Blower AC Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

    Kupas Tuntas Blower AC Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

    Mengetahui setiap komponen yang ada di mobil tentu saja menjadi hal yang wajib untuk setiap pengendara. Nah, satu komponen penting yang ada di mobil dan berfungsi untuk menciptakan kenyamanan adalah AC mobil, termasuk di dalamnya blower AC mobil. 

    Komponen ini terletak di bagian belakang komponen evaporator mobil yang bertanggung jawab untuk memberikan kesejukan di kabin mobil. Lalu apa sih fungsi dari blower pada sistem AC di mobil?

    Fungsi Blower AC Mobil

    Blower AC mobil adalah salah satu komponen yang sangat krusial pada sistem AC Mobil. Blower AC mobil memiliki beberapa komponen kunci, seperti motor blower, sekring, tahanan pengatur kecepatan dari motor blower, dan saklar pengatur.

    Baca juga: Mengenal AC Mobil: Komponen, Fungsi Beserta Cara Kerjanya

    Komponen ini fungsinya adalah menghisap udara yang ada di sekitar blower. Lalu, udara ini akan dihembuskan ke kabin mobil melalui sirip-sirip dari evaporator. Melalui mekanisme ini, udara akan melepaskan panas ke bagian freon yang memiliki suhu lebih rendah. Sehingga, udara yang masuk ke kabin mobil Anda akan menjadi dingin dan sejuk.

    Banyaknya udara yang masuk ke kabin mobil sangat bergantung pada kecepatan blower AC mobil. Kecepatan ini akan dipengaruhi oleh pengaturan AC yang Anda pilih. Mobil keluaran baru umumnya sudah dilengkapi dengan pengaturan suhu AC untuk area-area tertentu. Sehingga, Anda bisa mengatur suhu AC dengan tingkat yang berbeda-beda tergantung area.

    Mengingat fungsinya yang krusial, blower AC mobil harus dirawat secara berkala. Namun, sebelum membahas mengenai bagaimana perawatannya, penting juga untuk memahami cara kerja blower AC mobil.

    Baca juga: 6 Ciri Kondensor AC Mobil Rusak Beserta Penyebabnya

    Cara Kerja Blower AC Mobil

    Seperti yang telah disampaikan di atas, blower AC mobil memiliki komponen-komponen yang memiliki peran sendiri-sendiri. Setiap komponen ini harus diperhatikan agar performa blower AC dapat bekerja dengan maksimal.

    Mengetahui komponen blower menjadi hal yang penting untuk memahami cara kerja blower AC mobil secara umum. Cara kerja blower AC mobil dibedakan Berdasarkan posisinya, seperti posisi low (rendah), medium (sedang) dan high (tinggi). 

    Pada posisi low atau rendah, artinya suhu dingin yang dikeluarkan ke kabin mobil tidak terlalu dingin. Cara kerjanya dimulai dari arus udara yang mengalir ke bagian saklar motor blower.

    Nantinya, udara akan dibawa masuk ke massa dan motor blower. Motor blower ini akan berputar secara perlahan melalui tua tahanan pengatur kecepatan. Inilah penyebab posisi low membuat blower menyuplai udara yang tidak terlalu dingin.

    Sedangkan posisi medium (sedang), blower AC mobil akan mengalirkan udara hanya melalui satu tahanan pengatur kecepatan saja. Hal ini menyebabkan udara yang disuplai ke kabin mobil lebih besar dan dingin dibanding posisi low. 

    Pengaturan blower pada posisi medium akan membuat kabin mobil menjadi lebih sejuk dan dingin secara normal saat mobil digunakan.

    Terakhir adalah posisi high (tinggi), posisi ini akan menyalurkan arus udara tanpa harus melewati tahanan pengatur kecepatan. Sehingga suhu yang dihasilkan akan menjadi yang paling dingin. Jika kondisi cuaca sedang sangat panas, gunakan blower pada posisi ini.

    Melihat ketiga cara kerja blower ini, satu kesimpulan yang bisa diambil adalah pentingnya pengatur kecepatan dalam menyalurkan udara dan dingin. Jika tahanan pengatur kecepatan mobil Anda bermasalah, maka sistem AC mobil tidak dapat bekerja dengan maksimal.

    Baca juga: 11 Alasan Kenapa AC Mobil Juga Harus Servis Rutin

    Cara Membersihkan Blower AC Mobil

    Mengingat pentingnya kerja dari blower AC, tentu saja merawatnya menjadi kewajiban setiap pemilik mobil. Salah satu hal termudah yang bisa Anda lakukan adalah membersihkannya. Blower AC yang kotor bisa menyebabkan masalah di kemudian hari, bahkan dapat merusak komponen AC hingga tidak bisa dinyalakan.

    Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan blower AC, pertama adalah membongkar dan mengeluarkan blower AC. Setelah itu, bersihkan debu pada blower menggunakan sikat dengan bulu yang halus dan panjang, agar bisa menjangkau kisi-kisinya.

    Selanjutnya, pakailah air untuk membersihkan blower, Sebisa mungkin gunakan selang dengan tekanan tinggi agar air yang disemprotkan dapat membersihkan kotoran pada blower. Terakhir adalah mengeringkan blower dan memasangnya kembali ke tempat semua.

    Cara Memperbaiki Blower AC Mobil

    Tentu saja membersihkan dan memperbaiki adalah dua hal yang berbeda. Meskipun rutin membersihkan, bukan berarti blower AC mobil tidak akan mengalami masalah. Namun, tidak perlu khawatir, terdapat beberapa langkah sederhana untuk mengatasi hal tersebut, yaitu:

    1. Membersihkan blower dan komponen AC secara rutin

    Faktor utama yang sering menyebabkan blower AC mobil bermasalah adalah tidak banyak pengemudi yang peduli akan komponen ini. Banyak orang rutin membersihkan bagian luar mobil, tapi luput dengan komponen-komponen di dalam mobil. 

    Jika tidak rutin dibersihkan, maka debu dan kotoran akan menumpuk pada blower. Ini akan memicu kerusakan blower dan membuat blower mati. Untuk membersihkannya, baiknya menggunakan kain setengah basah untuk bagian luar blower, sedangkan untuk bagian dalam sebaiknya dilakukan saat melakukan servis rutin.

    2. Mengganti blower AC jika bermasalah

    Jika masalah pada blower AC mobil sudah parah, tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru. Apalagi jika usia blower mobil sudah cukup lama, sama dengan usia kendaraan yang sudah tua. 

    3. Bawa mobil untuk servis rutin

    Penting bagi pemilik mobil untuk rutin membawa mobil ke tempat servis mobil secara berkala, misalnya setiap 2-3 tahun sekali. Mobil perlu mendapatkan servis rutin agar kondisinya tetap terjaga dan terpelihara serta menjadi lebih tahan lama. 

    Nah, setelah mengetahui fungsi dan cara kerja blower AC Mobil, tentu Anda telah paham pentingnya merawat dan membersihkan blower AC mobil, serta menggantinya jika bermasalah untuk kenyamanan berkendara. 

    Kalau untuk urusan mobil, jangan lupa untuk membeli mobil bekas di dealer dan showroom terpercaya seperti OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait