Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruBMW Seri 3 Terbaru Meluncur, Termasuk Jenis Station Wagon Cocok Untuk Sultan

    BMW Seri 3 Terbaru Meluncur, Termasuk Jenis Station Wagon Cocok Untuk Sultan

    BMW  Indonesia secara resmi menambah jajaran produknya dengan meluncurkan line up dari BMW Seri 3 yaitu BMW 320i Touring M Sport dan BMW 330i M Sport ke pasar otomotif nasional.

    Selain fitur dan teknologi terbaru, BMW Seri 3 model touring dan sedan ini ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan yang memiliki animo sangat tinggi khususnya bagi fans dan pelanggan BMW. Model BMW Seri 3 termasuk sukses di pasaran dan dikenal legendaris.

    “Tahun ini BMW 320i Touring M Sport hadir dengan perubahan eksterior profile yang lebih modern dan sporty, interior BMW M interior trim finishers ‘Carbon Fibre’, dan teknologi baru berupa Remote Engine Start dan Parking Assistant Plus. Sedangkan untuk BMW 330i M Sport hadir dengan velg 19 inch – sebelumnya 18 inch, automatic tailgate of operation, dan sistem audio Harman Kardon surround sound,” ungkap Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania saat menjelaskan perbedaan secara umum kedua mobil di acara video conference, Rabu (18/8/2021).

    Nah, OLXer mau tahu apa saja yang menarik dari dua model ini BMW Seri 3, berikut ulasannya

    BMW 330i M Sport

    BMW 330i M Sport
    BMW 330i M Sport. (BMW)

    Untuk BMW 330i M Sport terbaru ini merupakan jenis sedan dengan beberapa ubahan setelah sempat meluncur pada 2019 lalu.

    Secara umum, ubahan BMW 330i M Sport sangat terlihat di beberapa bagian seperti velg model M light alloy wheels Double-spoke style 791 M Bicolour, Jet Black, burnished dengan ukuran lebih besar yaitu ring 19 inch, yang sebelumnya hanya 18 inch. Keempat velg ini berukuran dibalut dengan ban 225/40 R19 untuk depan dan 255/35 R19 belakang.

    BMW 330i M Sport terbaru ini juga sudah memiliki rem M Sport berwarna biru dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang.

    Teknologi pada BMW 330i M Sport juga diperbaharui, karena sudah menggunakan automatic tailgate yang tergabung dalam Comfort Access 2.0 sehingga memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan.

    Di bagian sistem audio, varian ini kini telah dilengkapi dengan sistem audio surround Harman Kardon dengan 16 speakers, berkekuatan 464 W amplifier, dan 9 channels.

    Untuk jantung pacu, BMW 330i M Sport sudah dibenamkan mesin 2.0 liter, empat-silinder in-line, ditambah BMW TwinPower Turbo dengan Twin Scroll Turbocharger, yang menghasilkan daya 258 tenaga kuda dan torsi puncak 400 Nm.

    Mobil yang sudah menggunakan Sistem High Precision Injection yang pembakaran bersih, dan pompa bahan bakar menghasilkan tekanan maksimum 350 bar ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu dibawah 6 detik.

    Lantas bagaimana dengan BMW 320i Touring M Sport?

    BMW 320i Touring M Sport

    BMW 320i Touring M Sport
    BMW 320i Touring M Sport. (BMW)

    Sekilas BMW 320i Touring M Sport dan 330i M Sport sama. Karena keduanya di desain secara dinamis dan aerodinamis. Akan tetapi, untuk BMW 320i Touring M Sport tampilannya lebih ke arah station wagon, dan sangat berbeda dengan hatchback.

    Eksterior

    Secara desain eksterior, BMW 320i Touring M Sport ini memiliki dimensi panjang meningkat 76 mm, dibandingkan dengan pendahulunya, menjadi 4.709 mm, lebih lebar 16 mm menjadi 1.827 mm, dan penambahan tinggi 8 mm menjadi 1.470 mm. Jarak sumbu roda lebih panjang 41 mm menjadi 2.851 mm. 

    Mobil ini memiliki garis atap dan jendela samping membuat siluet BMW Touring cukup menarik. Belum lagi garis dari panel sisi depan ke ujung belakang dengan lekukan di jendela samping belakang memberikan kesan sporty, ditambah penggunaan Satin aluminium.

    Adapun untuk pencahayaan, pada bagian depan mobil ini sudah menggunakan BMW LaserLight terbaru yang merupakan fitur teknologi tinggi BMW yang menawarkan glare-free hi-beam dan konsumsi energi yang efisien serta keamanan berkendara pada saat situasi gelap dan sulit. Sedangkan untuk bagian belakang sudah menggunakan LED, dan knalpot kembar sehingga membuatnya lebih dinamis.

    Untuk kaki-kakinya sama dengan BMW 330i M Sport, mobil ini sudah menggunakan velg model M light alloy wheels Double-spoke style 791 M Bicolour, Jet Black, burnished dengan ukuran 19 inch dan dibalut dengan ban 225/40 R19 untuk depan dan 255/35 R19 belakang. Termasuk rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan belakang.

    Selayaknya mobil touring, mobil ini dilengkapi anti-slip rail canggih, karena dapat mendeteksi ketika ada barang diatasnya dan secara otomatis dapat naik dan menahan barang tersebut ketika berkendara ataupun dalam keadaan parkir yang curam.

    Interior

    Masuk ke dalam kabin, interior BMW 320i Touring M Sport terlihat fungsionalitas modern dengan suasana premium serta sporty. Hal ini juga terlihat dari desain kokpit, Control Display dan instrument cluster dengan tampilan terbaru, dan alat pengontrol yang terkonsentrasi pada beberapa panel fungsi.

    Belum lagi mobil ini pada roda kemudi yang memiliki tombol multifungsi sudah menggunakan leather BMW M Sport, dengan jahitan kontras Alcantara atau Sensatec – Black  berkombinasi Hitam – Biru dengan embellisher galvanis untuk panel control dan beberapa tombol.  Pada saat yang sama, panel instrumen pada BMW 320i Touring M Sport tahun ini dilengkapi dengan M interior trim finishers ‘Carbon Fibre’.

    Belum lagi saat memasukkan barang akan semakin mudah, karena lebar kompartemen bertambah 112 mm, serta dapat dibuka 30 mm lebih tinggi dan juga 125 mm lebih lebar di bagian atasnya.

    Fitur

    Menariknya, BMW 320i Touring M Sport ini sudah dibekali pengoperasi tailgate otomatis, dimana terdapat Opsi Comfort Access 2.0 yang memungkinkan membuka dan menutup pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan.

    BMW 320i Touring M Sport fitur-fitur dengan teknologi canggih, mulai dari Sistem Operasi BMW 7.0 dengan fungsi digital modern yang disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. dan dapat disesuaikan pada cluster instrumen 12.3 inci yang sepenuhnya digital dan Display Control 10.25 inci.

    Untuk pengoperasian fitur ini, pengemudi dapat memilih dari fungsionalitas layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol isyarat (Gesture Control).

    Ada juga BMW Live Cockpit Professional yang merupakan BMW Intelligent Personal Assistant, karakter digital cerdas yang merespons ucapan suara “Hey BMW”, kemudian sistem suara surround Harman Kardon, serta adanya Apple CarPlay nirkabel yang meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, terutama dalam perjalanan panjang.

    BMW 320i Touring M Sport juga dilengkapi Parking Assistant Plus yang mampu melakukan akselerasi, pengereman, dan penggantian gigi melalui transmisi Steptronic saat berkendara masuk dan keluar dari tempat parkir, sehingga pengemudi hanya perlu siaga.

    Tak hanya itu, opsi ini juga memberikan anda keamanan yang lebih saat parkir ataupun saat dihadapi belokan atau tikungan yang sulit untuk dilihat, dengan Surround View dan Panorama View yang juga dapat di pin-point sesuai dengan titik yang anda sudah simpan sebelumnya, sehingga saat anda melewati jalan yang sulit tersebut di kemudian hari, mobil akan secara otomatis menampilkan Panorama View tanpa anda perlu menyetelnya.

    Mesin

    Untuk dapur pacu, BMW 320i Touring M Sport Mesin bensin empat-silinder in-line, BMW TwinPower Turbo dengan Twin Scroll turbocharger,  High Precision Direct Injection, yang mampu menyemburkan daya hingga 184 Tk dan torsi 300 Nm.

    Di atas kertas, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 7,5 detik, dan dapat melesat dengan kecepatan hingga 230 km per jam.

    Harga

    Menyoal harga, untuk BMW 330i M Sport dilepas dengan banderol harga Rp 1,009 miliar, sedangkan BMW 320i Touring M Sport yang dijual dalam jumlah terbatas dilepas Rp 1,329 miliar. Kedua harga ini masih off the road road. Ehm, kayanya BMW ini cocok untuk para Sultan.

    Oia, jika OLXer membeli mobil ini maka sudah termasuk BMW Service Inclusive, dimana semua biaya perawatan kendaraan gratis selama lima tahun atau 60.000 km (mana saja yang lebih dulu), dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

    Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here