Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    MobilReviewBMW X1 Paling Terjangkau Diantara Keluarga BMW, Ini Spesifikasi & Kelebihannya

    BMW X1 Paling Terjangkau Diantara Keluarga BMW, Ini Spesifikasi & Kelebihannya

    BMW X1 menjadi salah satu mobil premium asal Jerman yang dibanderol kurang dari Rp 1 miliar. Bahkan jika dilihat di situs resmi BMW Indonesia, mobil bergaya Sport Activity Vehicle (SAV) ini menjadi mobil yang termurah dengan harga Rp 851 juta per Desember 2020. 

    OLXer juga harus tahu, dengan status entry level di segmen mobil premium, BMW X1 yang meluncur pertama kali di dunia pada 2009 dan di Indonesia pada 2016, faktanya menjadi model paling laris di keluarga BMW seri X. 

    Walau disebut harganya paling terjangkau, BMW X1 tetap dikenal memiliki desain cukup menarik dan juga keren. Bahkan fitur-fitur yang dibenamkan tak perlu diragukan lagi. 

    Menyoal harga BMW X1 yang terjangkau, hal tersebut lantaran sejak BMW X1 terbaru diluncurkan pada 2019 lalu, hal itu bertepatan dengan dirakitnya secara lokal di Indonesia tepatnya di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta.  

    Untuk lebih jelas BMW X1 bisa lihat lebih detail fakta-fakta spesifikasi hingga cicilan soal mobil tersebut di bawah ini:

    BMW X1 Hanya Satu Varian-Wajib Tahu Sebelum Membeli

    BMW X1 tidak seperti mobil-mobil Jepang yang ada di Tanah Air, dimana menawarkan banyak varian sebagai pilihan untuk konsumen. Sebaliknya, di Indonesia hanya ada satu varian BMW X1 sDrive18i xLine dengan mesin bensin. 

    Padahal, jika kita menelisik ke negara asal BMW berada yaitu Jerman, BMW X1 hadir dengan banyak varian ditambah ada mesin bensin, diesel, dan juga plug in hybrid. 

    Harga BMW X1

    BMW

    Harga

    Off The Road

    On The Road

    X1 sDrive18i xLine

    Rp 749.000.000

    Rp 851.000.000

    *harga mobil dapat mengalami perubahan dari waktu waktu baik baru atau bekas.

    Keunggulan BMW X1

    BMW X1 sDrive18i xLine memang jadi mobil entry level bahkan bisa juga disebut model paling terjangkau di antara strata brand BMW. Kendati demikian, BMW X1 tetap mobil yang cukup menarik karena memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

    Desain

    Secara design, BMW X1 memiliki bentuk kompak, elegan dan tetap terlihat sporty. Belum lagi, sejak diperkenalkan model BMW X1 terbaru pada 2019 desain kidney grille yang lebih lebar memperlihatkan bahwa mobil ini turut mengikuti tren desain BMW saat ini.

    Seperti mobil-mobil Eropa pada umumnya, meski BMW X1 terbilang murah di kelas mobil BMW, namun aura kemewahan ini masih terasa pada bagian luar. Bahkan jika OLXer hendak membuka pintu, maka akan disambut dengan lampu selamat datang X1 yang menyoroti ke bagian lantai luar.

    Interior Mewah 

    Saat hendak masuk ke kabin BMW X1, kesan mewah akan tetap terasa pada mobil ini. Belum lagi balutan material yang digunakan juga mengedepankan kesan premium, seperti jok dan dan lapisan dashboard berlapis kulit warna hitam.

    Tampilan head unit atau sistem infotaimentnya juga tak kalah keren dengan layar sentuh berukuran 8,8 inci, yang juga dapat dioperasikan melalui pengaturan berupa tombol-tombol di lingkar kemudi. Hal ini akan memudahkan bagi pengemudi. 

    Kesan keren juga terlihat dari tuas transmisi, yang ada pada konsol tengah. Ya, bentuk tuas transmisi otomatis ini menggunakan desain joystick.

    Fitur Melimpah

    BMW X1 ini memang paling terjangkau dalam masalah harga. Kendati demikian, BMW rupanya tak mau kompromi akan teknologi dan fitur yang dibenamkan pada mobil yang satu ini. Tak heran, kalau BMW X1 disebut memiliki fitur melimpah, apalagi jika dikaitkan dengan mobil-mobil buatan Jepang. 

    Fitur-fitur yang keren pada BMW X1 ini disematkan mulai dari eksterior seperti lampu depan dan lampu kabut LED, hingga bagian interior yang memperlihatkan kesan mewah seperti sunroof. 

    Tak hanya itu, BMW X1 juga memiliki banyak fitur keamanan dan keselamatan yang bisa OLXer lihat pada tabel di bawah. 

    Mesin Tangguh

    Untuk urusan jantung pacu, OLXer tak perlu ragu untuk urusan mesin. Pasalnya, BMW X1 sudah dijejali mesin bensin BMW TwinPower Turbo 1.5 liter, tiga silinder yang menghasilkan daya maksimum 140 Tk pada 4400 rpm dan torsi maksimum 220 Nm pada 1.250 rpm. Tenaga dikirim ke roda depan melalui transmisi baru dual-clutch 7-percepatan, yang memungkinkan transisi yang mulus dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

    Degan mesin tersebut, BMW X1 diklaim mampu melesat dari 0-100 km per jam hanya dalam 9,7 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 15,9 km per liter dan emisi CO2 rata-rata 144 g per km [siklus WLTP].

    Harga – Harga BMW X1 Bekas

    BMW X1 menjadi merek mobil premium yang termasuk banyak dicari konsumen OLX.co.id. Termasuk BMW X1 terdahulu yang awal kemunculannya di Indonesia cukup banyak dicari. 

    Di OLX, BMW X1 dengan kondisi tangan kedua harganya masih cukup tinggi. Tentu saja ada harga tinggi dan rendah, bisa sangat  bervariasi, tergantung tahun perakitan, kondisi mobil, jarak tempuh kilometer, hingga kelengkapan surat-surat.

    Simak beberapa rekomendasi kami berikut ini:

    *harga mobil bekas berbeda beda tergantung dari kondisi mobilnya. Rekomendasi kami tidak bersifat mutlak, namun didasarkan pada harga iklan mobil bekas di OLX.

    BMW X1 Harga di bawah Rp 200 juta

    Apabila OLXer memiliki budget terbatas, namun tetap ingin membeli mobil BMW X1. Tentu pilihannya adalah memilih yang bekas. Namun tipe seperti apa atau tahun berapa sajakah untuk budget di bawah Rp 200  juta ini?

    ·   BMW X1 Tahun : 2010, 2011, dan 2012.

    Cek Disini Untuk BMW X1 Harga Rp 200 Jutaan

    Mazda Harga di bawah Rp 400 juta

    Sementara itu, BMW X1 dengan harga kurang dari Rp 400 jutaan juga cukup diminati. Bahkan modelnya masih cukup menarik. Namun tipe seperti apa atau tahun berapa sajakah untuk budget di bawah Rp 200 juta ini?

    ·   BMW : 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016

    Cek Disini Untuk BMW X1 Harga Rp 400 Jutaan

    Skema Cicilan BMW X1

    Bagi sebagian orang mobil merupakan kebutuhan utama untuk mobilitas sehari hari, atau sebagian orang lainnya yang berfungsi sebagai gaya hidup. Apapun latar belakangnya membeli mobil bekas secara tunai tidak bisa ditempuh oleh semua orang. 

    Nah bagi sebagian lainnya jalur kredit atau membeli secara mencicil adalah pilihannya. Berikut simulasi untuk beli kredit BMW X1

    Kredit BMW X1 Cicilan Rp 2  juta per bulan & Rp 9  Juta per bulan

    Membeli mobil BMW X1 baru atau bekas bisa juga dilakukan dengan cicilan kredit. Bahkan ada cicilan Rp 2 jutaan untuk BMW X1 bekas. Sedangkan untuk BMW baru cicilan paling rendah Rp 9 juta

    Lantas tipe apakah atau tahun berapakah yang bisa dibeli dalam rentan harga cicilan tersebut?

    1. Tentukan terlebih dahulu mobil bekas atau baru

    2. Kemudian pilih tipe sesuai selera dan kebutuhan

    3. Selanjutnya pilih harga dan tahun produksinya

    Misalkan ingin membeli BMW X1 dengan cicilan dari Rp 2  jutaan per bulan. Maka berdasarkan subtopik di atas bisa diperoleh beberapa tipe BMW X1 namun dengan lama cicilan 8 tahun. Perlu dicatat, cicilan ini berlaku untuk BMW X1 dengan status bekas. 

    Namun jika ingin model baru, maka besar cicilan paling tidak Rp 9 jutaan, dengan tenggang waktu 8 tahun. 

    Berikut adalah gambaran atau simulasi cicilan kredit BMW X1. Silahkan sesuaikan berdasarkan kebutuhan masing masing.

    BMW

    Harga OTR

    Pinjaman

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    Cicilan/Bln

    5th

    6th

    7th

    8th

    BMW X1

    851,000,000

    638,250,000

    13,296,875

    11,523,958

    10,257,589

    9,307,813

    Bekas

    200,000,000

    150,000,000

    3,125,000

    2,708,333

    2,410,714

    2,187,500

    Bekas

    400,000,000

    300,000,000

    6,250,000

    5,416,667

    4,821,429

    4,375,000

    *Perlu diketahui, ada beberapa hal yang membuat kredit BMW X1 berbeda-beda, yaitu:

    *setiap bank memiliki ketentuan masing masing, simulasi ini dibuat berdasarkan gambaran umum perkreditan. Silahkan kunjungi bank terdekat untuk perhitungan pastinya

    *Simulasi ini dihitung menggunakan DP 25%,

    *Bunga flat 5% per tahun.

    *Simulasi di atas belum termasuk asuransi dan biaya administrasi

    Review Tampilan Eksterior dan Interior BMW X1

    BMW X1 memang sudah mengalami ubahan secara tampilan pada 2019. Nah, OLXer mau tahu review singkat pada bagian eksterior dan interior, begini ulasannya:

    Eksterior

    Desain eksterior BMW X1 diklaim tegas dan sporty, berkat pembaruan pada 2019 khususnya di bagian depan seperti pada kidney grille lebih besar, kemudian tersambung dengan lampu depan LED terbaru, bumper hadir dengan foglamp LED terintegrasi dan air intake yang lebih besar.

    Fitur terbaru lainnya adalah proyeksi gambar X1 dari lampu LED di spion sisi pengemudi saat kunci BMW X1 dibuka. Tampilan visual ini menambah kecanggihan dan juga berikan kemudahan saat masuk dan keluar dari kendaraan.

    Bagian belakang New BMW X1 juga baru mulai dari, inlay baru pada apron belakang sewarna bodi utama. Selain itu, desain lampu belakang LED juga baru dengan LED L shape khas BMW yang melebar. Sementara, desain roda terbaru hadir sebagai standar dengan ukuran 18 inci Y-spoke style 579 bicolour Orbit Grey, burnished dengan run-flat tyres 225/50/18.

    Interior

    Masuk ke dalam kabin BMW X1 memang tak perlu diragukan lagi, sebab seperti BMW pada umumnya, kesan mewah akan sangat terasa ditambah berbagai inovasi teknologi canggih dan fitur lengkap sehingga dapat memberikan kenyamanan, kemudahan dan fleksibilitas yang dibutuhkan oleh penggunanya.

    Salah satu fitur yang paling menarik pada interior mobil ini adalah Control Display. Hadir dengan layar sentuh berukuran 8.8 inci yang dapat dioperasikan melalui BMW iDrive Controller atau menggunakan suara, sehingga dapat mengeksplorasi fitur infotainment yang beragam, termasuk Apple CarPlay dengan kemampuan koneksi wireless.

    Mobil ini juga sudah dilapisi jok terbaru berbahan Sensatec dengan interior trim finishers Aluminium, elemen finely brushed dengan highlight trim finishers Pearl Chrome tersedia sebagai standar. 

    Kabin mobil ini bisa menjadi lega, karena jok belakang dapat dilipat hingga rata dalam tiga bagian (40:20:40) dan, sebagai pilihan digeser ke depan hingga 13 cm. Fitur pembuka tailgate otomatis dan Comfort Access – memungkinkan pembukaan dan penutupan tailgate tanpa menyentuh kendaraan – tingkatkan kemudahan dalam mengakses ruang bagasi yang berkapasitas 505 hingga 1550 liter.

    Konfigurasi / Spesifikasi BMW X1

    Mesin

    BMW X1 sudah dibenamkan mesin bensin BMW TwinPower Turbo 1.5 liter, tiga silinder yang menghasilkan daya maksimum 140 Tk pada 4400 rpm dan torsi maksimum 220 Nm pada 1.250 rpm. Tenaga dikirim ke roda depan melalui transmisi baru dual-clutch 7-percepatan.

    Mesin

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    Kapasitas Mesin (cc)

    1499

    Jumlah Silinder

    3

    Jumlah Katup

    12

    Tipe Penggerak

    Roda Depan

    Maksimal Tenaga (HP) / rpm

    136/4400

    Maksimal Torsi (nm) / rpm

    220/1250

    Jenis Bahan Bakar

    Bensin

    Kapasitas Bahan Bakar (liter)

    51

    Konfigurasi mesin

    Twint Power Turbo 1.499 liter,

    3 silinder, 12 katup, DOHC

    Dimensi Kendaraan

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    Panjang (mm)

    4439

    Tinggi (mm)

    1612

    Lebar (mm)

    2060

    Radius Putar (m)

    4,5

    Jarak sumbu roda (mm)

    2670

    Jarak pijak (mm)

    183

    Ban & Velg

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    Lebar

    225

    Aspek Rasio

    55

    Diameter

    18

    Material Velg

    Alloy wheels

    Suspensi dan Rem

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    Rem Depan

    Ventilated Disc

    Suspensi depan

    Macpherson strut

    Rem Belakang

    Ventilated Disc

    Suspensi belakang

    Multi-Link

    Keselamatan dan Keamanan

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    Anti lock Braking System

    Ya

    Brake Assist

    Ya

    Electronic Brake

    Distribution

    Ya

    Vehicle Stability

    Assist (VSA)

    Ya

    Hill Launch Assist

    Ya

    Sensor parkir

    Ya

    Rearview Camera

    Ya

    Airbag system

    5 Airbag

    Child safety locks

    Ya

    Sabuk pengaman depan

    Ya

    ISOFIX

    Ya

    Uphill & Downhill

    Assist Control

    Ya

    Vehicle Stability

    Control System

    Ya

    Dynamic Stability

    Control (DSC)

    Ya

    Automatic Stability

    Control (ASC)

    Ya

    Dynamic Brake

    Control (DBC)

    Ya

    Dynamic Traction

    Control (DTC)

    Ya

    Multi Collision Brake

    Ya

    Anti theft system

    Ya

    Immobilizer

    Ya

    Kenyamanan

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    AC

    Ya

    Pengaturan posisi setir

    Ya

    Power window depan

    Ya

    Power window belakang

    Ya

    Tombol multi fungsi

    di Stir

    Ya

    Cruise Control

    Ya

    Engine start stop button

    Ya

    Front & Rear Defogger

    Ya

    Ambient Lights

    Ya

    Headrest

    Ya

    Keyless entry

    Ya

    Power outlet

    Ya

    Power steering

    Ya

    Kursi lipat belakang

    Ya

    Pengaturan tempat duduk

    Ya

    Bahan tempat duduk

    Leather

    Vanity mirror

    Ya

    Eksterior

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    Lampu depan

    LED

    Lampu kabut

    LED

    Kaca spion

    Electric Auto folding mirrors

    Roof rack and rail

    Roof Rail

    Rear Defogger

    Ya

    Lampu Belakang

    LED

    Shark Fin

    Ya

    Hiburan dan Komunikasi

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    Audio

    8,8 inch Colour display with touch function

    BMW iDrive Controller,

    USB, Bluetooth, dan Aux-In

    Audio Steering Wheel

    Ya

    Fitur dan Lain – lain

    Varian / Tipe Mobil

    BMW X1 sDrive18i xLine

    Warna Kabin

    Hitam

    Sistem Navigasi

    Ya

    Tachometer

    Ya

    Stir Dibalut Kulit

    Ya

    Jam Digital

    Ya

    Mode Berkendara

    Ya

    Odometer Digital

    Ya

    Tips Membeli BMW X1

    Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil impian. Termasuk jika ingin membeli mobil BMW X1 bekas. Berikut hal yang harus diperhatikan;

    – Periksa service record dan kondisi mesin. Pastikan pemilik mobil BMW X1 sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.

    – Periksa body dan cat. Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.

    – Periksa interior. Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.

    – Periksa kelengkapan surat. BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

    Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

    Review Pengalaman BMW X1

    BMW X1 yang merupakan entry level diantara deretan mobil BMW  sempat mengalami penyegaran ringan pada 2019 lalu. Apa saja yang menarik dari mobil ini tentu beberapa diantaranya sudah kita ulas seperti yang sudah dijelaskan di atas.

    Nah kali ini bagaimana review menurut para ahlinya berikut penjelasan dari Reviewer Otodriver Fitra Eri. Menurut Fitra, secara keseluruhan pada bagian eksterior maupun interior BMW X1 benar-benar merefleksikan sebuah mobil SUV premium, bukan hanya karena mobil tersebut BMW tetapi karena kualitasnya.

    “Rasa berkendara mobil ini solid ya, jadi bobot setirnya pas, rasanya seperti berada di dalam mobil yang dibuat dengan kualitas yang tinggi. Kemudian pengendaliannya sangat baik walaupun ini menggunakan penggerak roda depan. 

    Kata Fitra, meskipun BMW X1 hanya tiga silinder dan tenaganya paling kecil dari pesaingnya dari Mercedes-Benz GLA Class atau Audi Q3, namun hal tersebut tak terlalu bermasalah jika mengendarai mobil ini di jalanan Indonesia. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here