Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasBody Mulus Bukan Jaminan Beli Mobil Bekas Berkualitas, Cek Mesin dan Surat-Surat

    Body Mulus Bukan Jaminan Beli Mobil Bekas Berkualitas, Cek Mesin dan Surat-Surat

    News.OLX.co.id – Beli mobil bekas saat ini bisa jadi opsi tepat untuk mendukung aktivitas di tengah masa pandemi. Tapi sebelum memutuskan mobil bekas jenis dan merek apa yang akan diincar, OLXers perlu tahu terlebih dahulu tips dan trik untuk memilih mobil bekas berkualitas agar nantinya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

    Sangat penting jika OLXers punya pandangan awal serta referensi untuk memilih mobil sesuai dengan kebutuhan, selera serta budget yang dimiliki. 

    Mobil dari tangan kedua atau bisa dibilang mobil yang sudah tidak baru lagi membuat calon pembeli mobil bekas harus paham benar kondisi dari mobil yang ditaksir. 

    Banyak lho kejadian, body mobil dan interior terlihat begitu mulus, kinclong tanpa cacat, tapi ternyata kondisi mesin dan spare-partnya atau jeroan di dalamnya sudah tidak layak atau minus.

    Pandai-pandailah menentukan dimana melakukan pembelian mobil bekas. Sekarang banyak bermunculan pusat jual beli mobil bekas di berbagai daerah yang sudah terkenal. 

    Atau belilah mobil di OLX Authorized Dealer dan OLX Jual-Beli-Tukar-Tambah yang ada di Jakarta agar bisa mendapatkan pilihan mobil berkualitas. Karena rata-rata mobil yang dijual disana sudah melewati proses inspeksi dan dinyatakan lulus dengan pemeriksaan di 300 titik mobil. 

    Hal tersebut akan menjadi jaminan bagi OLXers terkait kualitas mobil bekas yang akan dipilih, tentunya dengan harga yang sangat kompetitif. 

    Nah, tips beli mobil ini bisa OLXers terapkan :

    Perhatikan Kesehatan Keadaan Mesin

    Mobil bekas bukan berarti jelek, tetapi tetap butuh ketelitian tinggi dari calon pembelinya. Banyak sekali faktor yang menyebabkan orang menjual mobil yang akan kita beli. Bisa karena faktor bosan atau memang lagi butuh dana segar untuk menutupi kebutuhan. Bahkan bukan tidak mungkin juga, mobil tersebut dijual karena mesinnya sudah pernah rusak atau pernah terendam banjir. Hal ini harus benar-benar dipahami oleh calon pembeli mobil bekas. 

    Kesehatan mesin mobil sangatlah penting saat OLXers memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas. Semua yang menjadi bagian atau parts pada sebuah mobil sangatlah penting guna menunjang performa serta fungsinya masing-masing. Namun mesin menjadi komponen utama dalam sebuah mobil.

    Kondisi mesin mobil patut diperhatikan, khususnya saat OLXers mencoba atau test drive mobil bekas yang akan dibeli. Kalau sekiranya OLXers awam soal kondisi mesin, tidak ada salahnya mengajak teman yang lebih mengerti serta paham mengenai dunia mesin khususnya mobil.

    Asisten yang dibawa inilah yang nantinya akan menjelaskan kepada OLXers bagaimana kondisi mesin mobil bekas yang hendak dibeli. Hal tersebut penting sebagai referensi serta pandangan bagi OLXers untuk menentukan sikap dan pilihan. 

    Kondisi mesin yang masih bagus serta terjaga kesehatannya mencirikan mobil tersebut selama pemakaian pemilik terdahulu benar-benar dirawat dan selalu rutin diservis. Sehingga sewaktu dicoba dan dikendarai juga akan tetap nyaman. Ada kekurangan tentu hal yang wajar, selama persentasenya tidak terlalu besar. 

    Perhatikan Kelengkapan Surat dan Pajak

    Membeli sebuah mobil bekas memang harus sangat jeli dan sabar. Bukan hanya dari segi fisik mesin serta body dan kondisi sparepart lain, dalam hal legalitas sebuah mobil harus sangat diperhatikan khususnya mobil bekas. 

    Banyak sekali mobil bekas dari aspek legalitas melanggar berbagai aturan  yang telah diterapkan dan ditegakkan oleh pemerintah.

    Misalnya pajak tahunan yang tertunggak. Padahal ini merupakan kewajiban pemilik mobil untuk membayarkan sejumlah nominal pajak kepada pemerintah sesuai aturan yang sudah ditetapkan. Pada kenyataannya banyak pemilik mobil yang mangkir untuk membayar pajak karena mungkin nominalnya yang terlalu tinggi. 

    Sebelum deal, cek terlebih dahulu kelengkapan surat-suratnya. Kemudian jangan lupa melihat tanggal pajak mobilnya. Apakah pajaknya mati atau masih hidup. Ketika pajak masih jalan berarti pemiliknya memang tertib dalam pembayaran pajak serta itu bisa mengindikasikan bahwa mobil tersebut terawat dengan baik.

    Namun jika pajaknya mati, pertimbangkan dahulu biaya pajak serta dendanya. Jika sudah dikalkulasi secara total harga mobil kemudian pembayaran pajak serta dendanya tidak terlalu tinggi, ambil keputusan untuk membelinya. 

    Tips lainnya adalah dengan memperhatikan Biaya Balik Nama. Membeli mobil bekas pasti suratnya masih atas nama pemilik terdahulu, sehingga nantinya perlu mengganti nama pemilik lama tersebut. Penggantian nama tersebut dimaksudkan agar ketika melakukan pembayaran pajak tidak perlu repot dan ribet menggunakan KTP Pemilik lama.

    Ini juga akan mempermudah urusan administrasi mobil bekas yang telah dibeli. Karena jika nama pemilik mobil dalam suratnya sudah tertera nama OLXers, jika terjadi apa-apa di kemudian hari akan lebih mudah dan tidak ribet. Ini juga menghindari biaya-biaya tambahan pengurusan pajak lainnya yang memberatkan.

    Keuntungan lainnya, bisa dijadikan jaminan saat ada kebutuhan mendadak sehingga harus menjaminkan kepada pihak bank. 

    Sebelum membeli mobil bekas, persiapkan anggaran OLXers sesuai keadaan keuangan. Perhatikan biaya balik nama serta perhitungkan biaya pengurusan jika pajaknya mati. 

    Untuk mencari tahu besaran cicilan dari mobil bekas yang OLXers beli dengan cara kredit, bisa langsung cari informasi lengkapnya disini!

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here