Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBoleh Ditiru, Polisi Malaysia Usulkan Remaja Hanya Pakai Motor Bermesin 70cc

    Boleh Ditiru, Polisi Malaysia Usulkan Remaja Hanya Pakai Motor Bermesin 70cc

    Kecelakaan yang melibatkan anak muda saat berkendara sepeda motor tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Sebaliknya di berbagai negara termasuk negara tetangga, Malaysia juga mengalami hal yang sama. 

    Untuk mengurangi resiko kecelakaan sepeda motor yang disebabkan anak muda, Kepolisian Diraja Malaysia mengusulkan agar Departemen Transportasi Malaysia merombak regulasi izin mengemudi. 

    Dalam usulan itu disebutkan, pengendara yang berusia 16-20 tahun hanya diizinkan mengendarai sepeda motor dengan kapasitas di bawah 70 cc pada 2025 mendatang. 

    Menurut Direktur Jenderal Departemen Transportasi Jalan Malaysia Datuk Zailani Hashim, rencana tersebut saat ini akan diteliti terlebih dulu dengan melibatkan Institute of Road Safety Research Malaysian dan Departemen Pekerjaan Umum.

    “Rekomendasi ini dibuat karena meningkatnya kasus kecelakaan dan kematian pengendara sepeda motor yang melibatkan anak-anak muda berusia 16 sampai 20 tahun,” ungkap Zailani seperti dilansir Bernama.

    Sama seperti di Indonesia dan negara lainnya, kepemilikan Surat Izin Mengemudi syarat wajib pengemudi berkendara. Untuk sepeda motor, pengendara di Malaysia harus memiliki SIM B. Dengan kepemilikan SIM B atau B2, maka tak sedikit pengendara dengan berbagai usia bisa menggunakan sepeda motor bermesin besar secara legal.

    Lain halnya jika regulasi ini dibuat, maka pengendara dengan usia 16-20 tahun akan menggunakan kategori SIM B3. Tentu saja, jika pengalaman berkendara dengan baik, maka nantinya akan bisa naik level ke SIM B pada umumnya.

    Melansir media otomotif Malaysia, bikesrepublic, aturan ini bukan tak mungkin akan terjadi pro dan kontra. Hanya saja, ada beberapa poin penting yang justru memberikan nilai positif, yaitu selain mengurangi angka kecelakaan, produsen sepeda motor akan memiliki pangsa pasar lain untuk menjual motor dengan mesin kecil, harga terjangkau, dan tetap dapat diandalkan.

    Disebutkan pula, bahwa di negeri Jiran, saat ini kepolisian sedang fokus menekan tingginya kecelakaan karena balapan liar sepeda motor yang melibatkan anak di bawah usia 20 tahun.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here