Kamis, September 29, 2022
More
    Tips & TrikTanya Jawab (Pendapat Ahli)OLXers Bertanya, Auto2000 Menjawab: Bolehkah Air Wiper Pakai Shampoo?

    OLXers Bertanya, Auto2000 Menjawab: Bolehkah Air Wiper Pakai Shampoo?

    Menjawab pertanyaan ini, Auto2000 menyebut sangat tidak merekomendasikan untuk mencampur air wiper pakai shampoo

    Cuaca di Indonesia belakangan memang tidak menentu saat ini. Kondisi hujan berkepanjangan padahal seharusnya saat ini sedang waktunya musim panas.

    Kadang pagi sampai siang cuaca panas terik, tiba-tiba sore atau malam turun hujan dengan debit air yang besar. 

    Nah, kebanyakan orang dengan mobilitas yang tinggi seperti tidak siap menghadapi hal ini, khususnya bagi mereka yang setiap hari beraktivitas dengan mobil.

    Salah satu komponen penting di mobil yang harus diperhatikan ketika hujan adalah kondisi wiper, termasuk juga cairan wiper itu sendiri.

    Karet wiper yang masih berfungsi dengan baik untuk menyeka air hujan di kaca mobil sangat penting. Hal ini untuk menghindari rusaknya permukaan kaca mobil.

    Tapi selain itu, cairan wiper juga jangan diabaikan. Selalu pastikan tabung cairan wiper tidak kosong dan perhatikan juga cairan yang dimasukkan ke dalam tabung tersebut, karena sangat menentukan performa kerja wiper di kaca mobil.

    Baca Juga: Tips Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil, Bisa Pakai Minuman Soda Sampai Pasta Gigi

    Bolehkah Air Wiper Pakai Shampoo?

    Sebenarnya masih banyak pemilik mobil yang kerap abai terhadap kondisi wiper dan juga cairan yang dipakainya. 

    Karena tidak mau ribet, cairan wiper hanya diisi dengan air biasa. Malah masih banyak anggapan kalau mau hasil lebih maksimal, air wiper dicampur dengan shampoo. 

    Pertanyaan yang kerap muncul, boleh tidak air wiper pakai shampoo? 

    Menjawab pertanyaan ini, Auto2000 menyebut sangat tidak merekomendasikan untuk mencampur air wiper pakai shampoo. 

    “Alasannya jelas. Shampoo mengandung bahan deterjen atau zat pembersih lainnya yang tidak cocok dengan permukaan kaca mobil maupun bahan karet wiper itu sendiri,” ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (8/8/2022). 

    Hal ini jika terus dilakukan bisa menimbulkan efek negatif di permukaan kaca mobil. Bisa saja kaca tersebut menjadi baret lantaran terkikisnya lapisan kaca mobil oleh bahan shampoo yang disapu oleh wiper. 

    Atau juga muncul efek pelangi (bayangan) di kaca mobil akibat masih tertinggalnya cairan shampoo yang bisa mengganggu pandangan pengemudi saat berkendara

    Yang harus diketahui adalah, wiper mobil tidak menjangkau seluruh permukaan kaca mobil. Ini artinya cairan wiper yang bercampur shampoo tadi kemungkinan besar akan menempel di area-area tersebut dan menimbulkan bercak bekas shampo sebagai awal terbentuknya water spot atau jamur kaca. 

    “Salah satu alasan lainnya mengapa cairan wiper jangan pakai shampoo adalah karena dikhawatirkan cairan shampoo akan menggumpal di dalam tabung atau selang yang akhirnya membuat saluran air wiper mampet,” tambahnya.

    Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan dan Mencegah Kaca Mobil Berjamur

    Auto2000 Rekomendasikan TMO Wiper Fluid Bagi Pemilik Mobil Toyota

    Sebagai solusi pengganti shampoo untuk cairan wiper, Auto2000 merekomendasikan kepada pemilik mobil Toyota menggunakan TMO Wiper Fluid. Tidak perlu repot, cukup tuangkan 1 botol wiper fluid ini tanpa perlu dicampur dengan air. 

    Dalam spesifikasinya, TMO Wiper Fluid mengandung formula Dirt Breaker yang dikembangkan dengan beberapa keuntungan, yaitu maximum driving visibility untuk kejernihan kaca depan mobil yang maksimal, incredible cleansing power dengan kemampuan formula pembersih ekstrem sekali sapuan, dan anti scratch atau anti-gores untuk tetap menjaga kaca mobil tetap bening.

    “Air wiper memiliki fungsi penting untuk menjaga kebersihan kaca depan mobil supaya daya pandang pengemudi tidak terganggu. Pilihlah air wiper yang memiliki  berbagai formula spesifik untuk menjaga kondisi kaca mobil Toyota kesayangan Anda. Lebih mudah dengan membelinya di Auto2000 Digiroom,” tutup Nur Imansyah Tara.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here