Kamis, September 29, 2022
More
    BeritaBolehkah Hyundai Stargazer Pakai BBM Pertalite?

    Bolehkah Hyundai Stargazer Pakai BBM Pertalite?

    Hyundai Stargazer diklaim dijejali teknologi canggih dan telah mengusung mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC, dengan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT) yang mampu memaksimalkan kecepatan dengan efisien dan irit bahan bakar.

    Nah, kecanggihan Hyundai Stargazer ini membuat tanda tanya apakah mobil yang dijuluki Bintang Baru Keluarga Indonesia boleh menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite yang mengandung Research Octane Number (RON) 90.

    Pasalnya, BBM jenis Pertalite saat ini bisa disebut memiliki kualitas paling rendah diantara produk yang ditawarkan Pertamina. BBM jenis ini juga hanya bisa digunakan untuk kendaraan dengan kompresi 9:1 sampai 10:1.

    Lantas bagaimana dengan Hyundai Stargazer?

    Menanggapi hal tersebut, Chief Operating Officer Hyundai Mobil Indonesia (HMID) Makmur memperbolehkan konsumen Hyundai Stargazer menggunakan Pertalite.

    “Warranty tidak gugur, jadi clear tidak ada masalah menggunakan bahan bakar itu,” ungkap Makmur di sela media Test Drive Surabaya-Malang-Solo, Rabu (31/8/2022).

    Hanya saja, dia menyarankan jika ingin mengendarai Hyundai Stargazer dengan mengedepankan konsep fun to drive, maka jenis BBM yang direkomendasi tingkat oktannya lebih tinggi dari Pertalite. Misalnya, Pertamina Pertamax atau Shell Super.

    “Memang kalau untuk mengejar performa, mobil-mobil Hyundai sekarang ini memiliki kompresi mesin yang tinggi ini menunjukkan BBM yang tinggi juga,” klaim Makmur.

    Jualan Hyundai Stargazer di tengah kabar kenaikan BBM

    Di Indonesia, BBM jenis  Pertalite paling banyak dibeli masyarakat, karena jenis ini di subsidi pemerintah sehingga harganya murah yaitu sekitar Rp 7.650 per liter.

    Namun, untuk mendapatkan BBM dengan harga murah ini rupanya tak akan lama lagi, karena kabarnya pemerintah akan menaikan harga.

    Nah, dengan kenaikan harga BBM, banyak yang memprediksi bahwa hal tersebut akan mempengaruhi penjualan otomotif. Tak terkecuali Hyundai yang sedang fokus menjual mobil barunya Stargazer.

    Menurut Makmur untuk saat ini dirinya tak bisa memastikan apakah ada pengaruhnya atau tidak. Akan tetapi, dia mengaku optimis melihat pasar otomotif di Indonesia.

    “Pasti bulan-bulan pertama kalau benar terjadi kenaikan, akan ada shocking. Tapi seperti biasa, masyarakat kita adalah masyarakat yang sudah terbiasa, tahan banting terhadap penyesuaian,” jelasnya

    Sekadar informasi, jika memang OLXers mau beli Hyundai Stargazer, maka tak ada salahnya mengetahui harga mobil tersebut saat ini.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here