Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    TipsBolehkan Menyalakan AC Mobil Saat Menerjang Banjir?

    Bolehkan Menyalakan AC Mobil Saat Menerjang Banjir?

    Hujan yang mengguyur di sejumlah wilayah Indonesia menyebabkan beberapa diantaranya terendam banjir yang cukup tinggi. Bahkan beberapa ruas jalan termasuk di jalur tol ikut terendam banjir sehingga membuat mobilitas terganggu.

    Bicara soal banjir, pengendara diwajibkan lebih berhati-hati. Khusus pengendara mobil, jika harus melewati genangan ada baiknya mengetahui tekniknya. Termasuk mematikan AC mobil.

    Seperti diketahui, jika air mengenai komponen yang berhubungan dengan AC mobil, maka kemungkinan merusak komponen AC mobil sehingga menjadi bermasalah.

    Menurut Service Manager Plaza Toyota, Parman Suanda, bagian AC mobil yang kerap menjadi masalah jika mengenai bagian kompresor.

    “Kalau sudah sampai kompresor terendam, ya paling nggak bearing magnetic clutch nya biasanya kena karatan, sehingga bisa bunyi (berdecit),” ungkap Parman, dalam pesan tertulis, Selasa (25/2/2020).

    Bunyi berdecit juga bisa dikarenakan saat AC menyala dan mobil melintasi genangan, maka yang terjadi V-Belt terkena cipratan. Hal tersebut juga dapat menimbulkan bunyi berdecit.

    Namun kata Parman, ketinggian kompresor atau V-Belt pada sebuah mobil berbeda-beda, seperti pada mobil keluarga jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) atau sedan. Karena itu, memang terkena air atau tidaknya kompresor atau V-Belt tergantung dari ketinggian mobilnya.

    Akan tetapi tidak dipungkiri, resiko yang terjadi pada AC mobil menyala ketika melewati banjir tidak langsung terasa. Hanya saja, performa AC yang berfungsi menyejukan udara kabin lambat laun justru menjadi bermasalah (tidak dingin).

    Disarankan, jika memang terjadi banjir di jalur yang akan dilalui, pastikan ketinggian genangan tidak sampai di atas bemper apalagi meredam kap mesin. Selain itu, sebaiknya hindari jalur yang terendam banjir untuk mengurangi resiko masalah pada mesin atau AC mobil.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here