Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBudget Rp 300 jutaan Bisa Beli Mobil SUV Apa?

    Budget Rp 300 jutaan Bisa Beli Mobil SUV Apa?

    Meski segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) memiliki banyak peminatnya di Indonesia, namun begitu jenis mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dalam beberapa tahun terakhir menunjukan perkembangan permintaannya semakin tinggi. Bahkan hal tersebut juga terjadi di pasar global.

    Hal ini membuat sejumlah pabrikan otomotif semakin gencar menghadirkan mobil SUV yang digadang-gadang memiliki segudang kelebihan. Di Indonesia, SUV yang memiliki ground clearance tinggi dianggap sangat cocok untuk kondisi jalanan yang bergelombang dan tidak hanya jalur aspal, melainkan tanah dan bebatuan.

    Tidak hanya itu, jika musim hujan tiba, mobil-mobil berjenis SUV banyak diminati karena dengan ground clearance tinggi mampu menerjang genangan dan terkadang banjir.

    Namun yang menjadi pertanyaan, adakah sosok mobil SUV yang harganya cukup terjangkau, seperti di kisaran Rp 300 jutaan?

    Ya, SUV dengan harga Rp 300 jutaan di Indonesia bisa saja banyak ditemui, mulai dari Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Chevrolet Trax, Wuling Almaz hingga DFSK Groly 560.

    Namun OLXer juga harus tahu, merek mobil asal Korea Selatan, KIA juga punya SUV yang banderolanya sekitar Rp 300 jutaan, yaitu KIA Seltos. Dimana mobil ini bisa jadi pilihan lantaran produknya benar-benar sangat baru sehigga tidak pasaran.

    Tampilan belakang dan samping KIA Seltos. 

    Selain itu, KIA Seltos juga punya tiga varian berbeda, mulai dari KIA Seltos tipe E dijual Rp 295 juta, tipe EX dilego Rp 320 juta dan tipe EX+ dilepas Rp 355 juta. Semua harga dijual on the road (Jakarta).

    Lalu mengapa harus pilih KIA Seltos?

    1. KIA Seltos jadi mobil SUV paling baru di Indonesia. Singkat kata mobil ini tak akan pasaran sehingga akan terasa eksklusif jika mengemudi di jalan raya.

    Tak hanya jadi produk baru, kini brand KIA sendiri berada di bawah naungan PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai agen pemegang merek di bawah naungan Indomobil Group. Artinya, pengalaman Indomobil Group di Industri nasional akan semakin mengembangkan produk KIA di Tanah Air.

    2. Secara tampilan eksterior, KIA Seltos ini memiliki desain modern dan kekinian. Selain karena grill ‘Tiger Nose’ sebagai identitas utama, KIA Seltos juga memberikan kesan bahwa mobil ini tergolong sangar.

    Adanya cladding hitam di sekeliling bodi KIA Seltos membuat mobil ini  menggambarkan sifat kuat SUV. Selain itu, wajah KIA Seltos juga cukup menarik karena sudah menerapkan auto light, LED proyektor serta garis siang hari (DRL). Sedangkan tipe termurahnya dilengkapi sistem lampu otomatis.

    3. Seperti yang telah disebutkan di atas, KIA Seltos memiliki karakters sebuah SUV, dimana ground clearance tergolong tinggi yaitu mencapai 183 mm, ditambah kaki-kaki menggunakan roda berukuran 215/60R17 (tipe EXP dan EX) dan 205/65R16 (tipe E).

    4. KIA Seltos tak bisa dipandang sebelah mata, apalagi jika dibandingkan dengan deretan mobil Jepang. Pasalnya KIA Seltos sudah dijejali berbagai fitur menggugah dan kekinian, seperti atap sunroof, monitor Meter cluster Supervision berukuran 7 inci, dan monitor LCD untuk hiburan 8 inci.

    Fitur kekinian mobil ini tak lain karena head unit sudah terkoneksi dengan  Bluetooth voice recognition, Apple CarPlay dan Android Auto. Layar monitor juga mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir. OLXer yang tak pernah lepas dari gadget ternyata nggak perlu bawa kabel. Sebab mobil ini dilengkapi wireless charging. Namun begitu, pilihan alternatif USB slot dan power outlet 12V juga tetap tersedia.

    5. Tak perlu ragu soal keamanan dan keselamatan, pasalnya, KIA Seltos tidak hanya dual SRS Airbags, tetapi punya enam airbag yang diterapkan di sekitar pengemudi, penumpang, samping dan tirai.

    Sistem pengereman depan menggunakan cakram di depan, sementara drum di belakang dan terpasang fitur Anti lock braking (ABS), Electronic Stability Control, Hill Assist di semua unit.

    6. Untuk jeroan dapur pacu, KIA Seltos dilengkapi mesin Kappa 4-silinder berkapasitas 1,4-liter (1.353 cc) ditambah turbocharger yang mampu memuntahkan daya 138 Tenaga kuda pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi maksimum 242 Nm pada rentang 1.500-3.200 rpm.

    Seluruh daya tersalur menuju roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed. Nah, untuk mesin ini ternyata masih sama seperti yang digunakan KIA di India lho.

    Gimana OLXer, tertarik dengan SUV KIA Seltos? yuk cek lebih detail lagi di sini. 

    Ayo bantu perangi COVID-19 dengan melakukan donasi untuk pembelian APD, caranya klik disini.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here