Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    MobilReviewBukan Cuma Alasan Tangguh dan Gagah Saja, Wuling Almaz RS Diburu Konsumen...

    Bukan Cuma Alasan Tangguh dan Gagah Saja, Wuling Almaz RS Diburu Konsumen Karena Punya ADAS

    News.OLX.co.id – Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada akhir Maret 2021 lalu, Wuling Almaz RS kemudian begitu melekat di benak konsumen mobil SUV Tanah Air. Almaz RS terus menjadi pusat perhatian terutama saat berada di jalanan kota. 

    Bentuknya yang gagah, tangguh dan elegan tak pelak menjadikannya sebagai mobil impian banyak orang. 

    Jadi jangan heran kalau akhirnya Wuling Almaz RS dari waktu ke waktu terus mendulang angka penjualan lumayan banyak. Bahkan hanya dalam kurun waktu satu bulan sejak diluncurkan, mobil SUV ini sudah berhasil mengantongi surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak lebih dari 2.000 unit.

    Malah saking keren dan canggihnya, Almaz RS juga langsung didapuk menjadi mobil terbaik di Indonesia versi Otomotif Award beberapa waktu lalu.

    Tapi kesuksesan Wuling Almaz RS ini tidak semata-mata karena desain dari tampilannya saja. Lebih dari itu, berbagai teknologi canggih juga sudah tersematkan, sehingga mobil ini memberikan nilai lebih kepada konsumennya.

    Mengusung tagline ‘Drive Unlimited Way’, Almaz RS yang menjadi model flagship Wuling Motors (Wuling) dibekali dengan teknologi perintah suara berbahasa Indonesia yang disebut Wuling Indonesian Command (WIND) hingga inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang menawarkan teknologi keselamatan dan keamanan bernama ADAS (Advanced Driving Assistant System) dan IoV (Internet of Vehicle).

    Terkait teknologi keselamatan dan keamanan di kendaraan, belakangan ini banyak pabrikan mobil memang sudah mulai mengaplikasikannya pada berbagai model yang diproduksi. Sebut saja Honda dengan teknologi Honda Sensing, ataupun Toyota dengan Toyota Safety Sense.

    Sayangnya, rata-rata teknologi keselamatan yang super canggih ini biasanya cuma dijejalkan ke model kendaraan yang berada di level premium dengan banderol 'selangit'.

    Tapi ini tidak berlaku bagi Wuling. Dengan banderol Almaz RS tidak sampai Rp 400 jutaan saja, teknologi keselamatan serta keamanan sekeren itu sudah bisa dirasakan. 

    Detail Fitur ADAS di Wuling Almaz RS

    ADAS sendiri meliputi beberapa fitur penunjang keamanan serta keselamatan berkendara. Fitur-fitur tersebut antara lain: 

    Adaptive Cruise Control (ACC)

    ACC akan secara otomatis melakukan penyesuaian antara kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan yang ada di bagian depan, sehingga bisa menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

    Bend Cruise Assistance (BCA)

    BCA bisa membantu mengurangi kecepatan laju kendaraan secara otomatis, terutama ketika kendaraan memasuki jalan tikungan.

    Traffic Jam Assistance (TJA)

    TJA mampu membantu kendaraan menjaga jarak aman secara otomatis dalam kondisi lalu lintas yang padat atau lancar.

    Intelligent Cruise Assistance (ICA) & Lane Departure Warning (LDW)

    ICA dan LDW akan memberikan peringatan otomatis ketika kendaraan atau mobil keluar dari lajur.

    Lane Keeping Assistance (LKA)

    LKA akan secara otomatis melakukan koreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman atau sesuai.

    Safe Distance Warning (SDW)

    SDW akan memberikan peringatan saat mobil yang ada di depan jaraknya terlalu dekat atau di bawah jarak yang aman.

    Forward Collision Warning (FCW)

    FCW akan mendeteksi adanya potensi tabrakan di bagian depan dan akan memberikan peringatan dalam bentuk suara dan tampilan secara visual. Rem sekejap pastinya akan disesuaikan dengan tingkat bahaya yang terjadi.

    Automatic Emergency Braking (AEB)

    AEB akan bekerja saat pengemudi tidak melakukan respons terhadap peringatan bahaya tabrakan dan sistem AEB akan otomatis melakukan pengereman secara darurat.

    Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA)

    IHBA akan menyesuaikan dengan besarnya gaya pengereman yang dilakukan secara otomatis sesuai dengan risiko bahaya dan jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

    Collision Mitigation System (CMS)

    CMS akan mengurangi kecepatan kendaraan untuk memperkecil keparahan cedera atau kerusakan mobil akibat tabrakan.

    Intelligent Head Beam Assistance (IHMA)

    IHMA adalah teknologi yang akan membuat mobil secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar.

    Praktisi Keselamatan Berkendara Bicara Keunggulan ADAS

    Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) merupakan konsultan Fleet Safety Management System yang sudah sering melaksanakan program pendidikan serta pelatihan yang erat kaitannya dengan keselamatan berkendara, menjelaskan bagaimana ADAS di Wuling Almaz RS bisa sangat membantu pengemudi untuk berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

    “ADAS dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan pengemudi dengan kondisi lingkungan yang beragam, dan membantu pengemudi baik secara aktif maupun pasif untuk tetap berkendara secara aman dan nyaman,” terang Sony Susmana, Training Director SDCI.

    Perlu diingat, lanjutnya, fitur ADAS tidak lantas mengambil alih proses mengemudi.

    “Jadi, meskipun sudah ada teknologi keselamatan dan keamanan yang canggih seperti ADAS di Wuling Almaz RS, pengemudi tetap harus selalu proaktif dan bertanggung jawab untuk keselamatan berkendara,” lanjutnya.

    Fitur ADAS membantu meminimalisir dampak ataupun mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang selalu mengintai.

    Pengemudi tetap harus menjaga fokus dan kewaspadaan, serta memiliki rasa tanggung jawab besar untuk selalu berkendara dengan aman.

    Apalagi adanya ADAS ini tidak lantas menjadikan Wuling Almaz RS sebagai kendaraan autonomous yang bisa melaju sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi.

    ADAS hanya bersifat semi-autopilot, perannya untuk membantu pengemudi dalam berkendara. Beda dengan kendaraan berteknologi autonomous yang sudah full autopilot, di mana kendaraan terhubung dengan sekelilingnya melalui radar serta koneksi internet. Teknologi ini (autonomous) memungkinkan kendaraan melaju otomatis sesuai input dari pengguna, tanpa perlu dikemudikan sama sekali.

    “Pengguna Almaz RS sepatutnya memahami berbagai fitur keselamatan yang ada di ADAS, termasuk cara mengoperasikannya,” tegas Sony.

    Selain itu, tambahnya, penggunaan fitur di ADAS sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan saat berkendara. Karena pada dasarnya faktor manusia adalah kunci utama dari keselamatan berkendara. 

    “Pengemudi harus tetap proaktif dan bertanggung jawab penuh, ADAS merupakan teknologi pendukung untuk memudahkan proses berkendara,” pungkasnya.

    Keunggulan ADAS Di Mata Pengguna Wuling Almaz RS 

    Hadirnya teknologi keselamatan dan keamanan ADAS menjadi salah satu daya tarik minat konsumen untuk membeli dan memiliki Almaz RS. 

    Banyak diantara pemilik Wuling Almaz RS mengemukakan kepuasannya ketika mencoba memanfaatkan berbagai fitur ADAS saat berkendara.

    “Saya merasa ADAS tidak hanya membuat perjalanan menjadi mudah dan nyaman namun berkendara menjadi lebih aman dengan berbagai fitur-fiturnya. Salah satu alasan mengapa saya memutuskan beli Almaz RS, selain harganya yang kompetitif, juga karena adanya ADAS,” kata Yusuf, pemilik Almaz RS dari Jakarta.

    Begitu juga menurut Verry Iskandar, pemilik Almaz RS yang berdomisili di Bekasi. “Saya sangat suka dengan mobil ini karena sudah lengkap dengan fitur-fitur canggih berupa ADAS dan IoV. Fitur Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, dan Traffic Jam Assist memudahkan saya dalam berkendara sehari-hari.”

    Adam asal Jakarta juga menceritakan bagaimana rasa penasarannya untuk beli Almaz RS karena teknologi canggih yang ada didalamnya.

    “Selama beberapa bulan terakhir saya berekendara bersama keluarga menggunakan Almaz RS. Dan jujur ADAS sangat membantu saya memberikan rasa aman selama berkendara. Setiap melaju di jalan tol, 90% saya mengaktifkan fitur yang ada di ADAS. Dan sejauh ini saya sangat puas,” ucapnya.

    Terakhir ada Kian Ping yang juga dari Jakarta yang mengaku teknologi keselamatan di Wuling Almaz RS miliknya sangat membantunya dalam melewati situasi jalan yang macet di Ibukota. 

    “Punya fitur yang canggih memang selalu jadi pilihan saya ketika memutuskan untuk membeli mobil. Almaz RS ada ADAS yang membuat berkendara jadi lebih mudah dan menyenangkan. Khususnya fitur Traffic Jam Assist (TJA) yang sangat membantu saya melewati situasi kemacetan Jakarta.”

    Harga Wuling Almaz RS

    Berbagai komentar di atas terkait pengalaman pemilik Almaz RS yang memanfaatkan ADAS mungkin semakin mendorong keinginan kalian untuk meminangnya. 

    Mumpung Wuling Motors masih memberikan subsidi untuk pembelian Almaz RS, rasanya saat ini jadi momen yang pas untuk mewujudkannya. 

    Daftar harga Wuling Almaz RS September 2021

    Varian

    Harga OTR Jakarta

    Harga Subsidi OTR Jakarta

    Almaz RS EX 5-Seater

    Rp 365.800.000

    Rp 350.800.000

    Almaz RS EX 7-Seater

    Rp 375.800.000

    Rp360.300.000

    Almaz RS Pro 7-Seater

    Rp 395.800.000

    Rp 379.800.000

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here