Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBukan Karena Virus Corona, Ini Alasan Nissan Stop Produksi Mobil di Indonesia

    Bukan Karena Virus Corona, Ini Alasan Nissan Stop Produksi Mobil di Indonesia

    Nissan Motor Company mengumumkan bahwa akan menghentikan produksi mobilnya yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan bukan karena adanya isu pandemi virus corona, melainkan Nissan ingin melakukan konsolidasi produksinya secara global, dalam menghadapi penurunan penjualan yang kini tengah dihadapi.

    Seperti dilansir Reuters, keputusan Nissan menghentikan produksinya yang dilakukan di Purwakarta, Jawa Barat, sebagai rencana memperbaiki, mengoptimalkan produksi dan mereorganisasi operasi bisnis secara menyeluruh, Rabu (18/3/2020).

    Sementara itu, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi juga tak menampiknya. Menurut dia, sejumlah reformasi strategis dirancang untuk membangun basis operasional yang akan memastikan profitabilitas yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka menengah.

    “Kami akan terus bekerja dengan mitra Aliansi (Mitsubishi) kami untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia,” ungkap Isao dalam keterangan tertulis, Senin (23/43/2020).

    Penghentian produksi pabrik Nissan ini ternyata sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Sedangkan proses produksi Datsun, ternyata pada Januari 2020 mereka hanya meracik 272 unit.

    Nissan Indonesia Masih Melayani Penjualan dan Purna Jual

    Isao sendiri menyatakan, NMI akan terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan model-model baru.

    “Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada pelanggan kami di sini,” ucapnya.

    Artinya, meski Nissan tak lagi memproduksi mobil-mobilnya di Indonesia, mereka akan tetap melakukan kegiatannya seperti biasa mulai dari penjualan hingga purna jual.

    Tentu saja dengan begitu beberapa mobil Nissan tak lagi berstatus made in Indonesia, melainkan Thailand yang memproduksi Terra dan Navara atau Jepang menggarap X-Trail dan Serena. Tapi perlu dicatat, meski tak lagi membuat mobil Nissan, pabrik Nissan di Indonesia diketahui akan digunakan untuk merakit mesin Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina.

    Sementara itu, mobil Nissan Livina model baru yang diluncurkan pada awal 2019 memang dibuat di pabrik Mitsubishi di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Karena dari itu, sosok Nissan Livina memang mirip Mitsubishi Xpander, lantaran keduanya berbagi platform.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here