Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBukan Sekadar Estetika, Ini Fungsi Kehadiran Pohon di Tepi Jalan

    Bukan Sekadar Estetika, Ini Fungsi Kehadiran Pohon di Tepi Jalan

    Ketika berkendara, OLXer pasti kerap melihat banyak pohon lebat nan dengan berbagai ukuran dan jenis berbeda di sepanjang jalan. OLXer harus tahu keberadaan pepohonan di tepi jalan bukan sekadar hiasan atau pemanis seperti yang kerap ada di sebuah gambar atau lukisan.

    Bahkan pohon-pohon yang ada di samping jalan juga bukan media pemasangan spanduk atau pamflet serta tempat bersandarnya para pedagan agar terasa sejuk.

    Sebaliknya pohon-pohon yang menjulang memiliki fungsi yang sangat nyata. Seperti yang diungkapkan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru penanaman pohon tidak hanya untuk estetika lingkungan, tetapi memiliki manfaat dari aspek ekologi, aspek keselamatan dan kenyamanan.

    “Penanaman pohon akan mengurangi pencemaran udara, menyerap kebisingan, mencegah erosi, meningkatkan serapan air, pemecah angin untuk mengurangi efek hempasan angin pada pengendara, penghalang silau dari kendaraan yang berlawanan arah, penahan benturan untuk menghindari fatalitas jika terjadi kecelakaan hingga menjaga keseimbangan sistem ekologi,” ungkap Heru dalam situs resmi PT Jasa Marga Tbk.

    Heru menyampaikan pohon yang ditanam biasanya termasuk pohon pelindung yang memiliki daya resapan air cukup tinggi serta potensial untuk dibudidayakan.

    “Diantaranya adalah seperti mahoni, sengon, kaliandra, trembesi, kersen, tabebuya, ketapang, jati, mangrove, flamboyan, bougenville dan masih banyak jenis lainnya,” ungkap Dwimawan

    Kata Heru, penanaman pohon merupakan wujud nyata untuk mengurangi dampak lingkungan dari adanya pembangunan dan pengoperasian jalan tol.

    Jasa Marga dan kelompok usahanya (Jasa Marga Group) termasuk perusahaan yang berkomitmen untuk menanam hingga 22.000 pohon di wilayah operasional jalan tol Jasa Marga se-Indonesia selama satu tahun ke depan.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here