Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBukti Mobil DFSK Glory 560 di Tengah Euforia Brand Jepang

    Bukti Mobil DFSK Glory 560 di Tengah Euforia Brand Jepang

    Hadir di pasar otomotif nasional sebagai merek mobil China, Dongfeng Sokon (DFSK) ternyata cukup optimis menghadapi euforia brand Jepang yang sudah ada di Tanah Air puluhan tahun lamanya.

    Meski jadi pendatang yang baru hadir selama dua tahun, DFSK yang berada di bawah payung PT Sokonindo Automobile menawarkan tiga model mobil, mulai dari Super Cab, Glory 580 dan terbaru Glory 560.

    Untuk mengulas soal DFSK ini rasanya kurang elok, hanya berdasarkan cerita para pejabat DFSK. Karena itu bagaimana DFSK di mata konsumen?

    Menurut Bambang Musyawardana, yang berdomisili di Ciganjur, Jakarta Selatan, memiliki mobil DFSK khususnya Glory 560 memang tak salah pilih. Bahkan, mantan Walikota Administrasi Jakarta Timur 2015-2018 ini mengaku sudah tertarik dengan Glory 560 ketika dirinya melihat wujud Glory 560 di pameran Indonesia International Motors Show (IIMS) April 2019 lalu.

    “Setelah saya lihat, saya coba test drive, ternyata rasanya enak, suspensi empuk, dan interiornya cukup keren dibandingkan beberapa merek mobil lain sekelasnya (Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V),” jelas Bambang saat ditemui di kawasan Lido, Cigombong, Kabupaten Bogor.

    Kata Bambang, stigma produk China memang masih banyak dipandang sebelah mata di Indonesia. Termasuk dirinya sendiri sempat ditentang oleh keluarga dan sang istri tercinta. Kendati demikian, pria berusia 60 tahun tersebut tetap yakin akan pandangan pertama pada Glory 560. Hal ini pula membuat istri dan anaknya tak lagi komplain akan mobil pilihan Bambang tersebut. 

    “Saya pikir, China saat ini sudah menguasai teknologi dan pengetahuannya sudah sangat tinggi. Contohnya alutsista juga sangat kuat, berarti alatnya kuat dan teknologinya canggih. Semua alat- alat yang ada di Indonesia saja bisa ditiru,” ungkapnya.

    Kata Bambang, jika dipikir secara logika, jika suatu negara menguasai teknologi, maka bukan tak mungkin teknologi lainnya dapat terpenuhi. Termasuk akan sebuah teknologi mobil.

    Karena itu pula, Bambang membeli sebuah Glory 560 dengan pembayaran secara cash.”Kalau tidak percaya, ya mending kredit saja,” katanya.

    Bambang menyatakan, meski secara total dirinya memiliki tujuh unit mobil jenama Jepang, namun ketika mudik lebaran 2019 lalu, Glory 560 menemani dirinya dan istri hingga Salatiga.

    “Saya akui, saya pakai mudik itu larinya gila. Untuk sekelasnya tampilannya kaya mobil Eropa, mobil ini bandel, saya ngejar mobil-mobil gede seperti Pajero Sport, sampai Fortuner. Semuanya lewat,” ucap Bambang.

    Menjajal DFSK Glory 560

    Mendengar apa yang diutarakan Bambang menjadikan OLX.co.id jadi penasaran. Terlebih untuk DFSK Glory 560 yang notabenenya jadi mobil baru. Nah, untuk itu tidak ada salahnya jika langsung dijajal performanya.

    Secara tampilan eksterior dan interior sudah tak perlu diragukan. Benar kata Bambang, mobil ini mengadopsi desain mobil-mobil Eropa. Fitur yang dibenamkan pada mobil ini juga cukup komplit. Mau tau apa saja kelebihannya lihat di artikel ini.

    Secara keseluruhan, ketika berada di belakang kemudi ternyata lingkar stir Glory 560 cukup ringan. Termasuk ketika meliuk-liuk dan bermanuver di jalanan padat Ibukota, Glory 560 sangat mudah dikendalikan.

    Yang kurang dari mobil ini memang sedikit terasa ketika ditarikan awal yang kurang responsif. Namun begitu, mobil berkapasitas 1.500 cc plus turbocharger ini dapat memperlihatkan taringnya ketika pedal gas diinjak lebih dalam, alhasil mobil langsung melesat dengan cepat.

    Bahkan ketika dipacu di jalan tol Bogor-Sukabumi-Ciawi (Bocimi), Glory 560 yang dilengkapi transmisi CVT sangat halus perpindahan giginya sehingga ketika kondisi jalanan lengang tembus di angka 150 km/jam. Bahkan berbeda dengan rekan lainnya yang mengatakan mobil sempat dipacu hingga 165 km/jam.

    Pada dasarnya, saat mobil dipacu di atas 100 km/jam Glory 560 tidak terasa limbung. Sebaliknya, penumpang di baris kedua ternyata masih merasa nyaman. Ya, selain karena gaya mengemudi, bagian joknya memang menggunakan bahan kulit yang cukup empuk.

    Tak hanya itu, kabin juga cukup senyap. Bahkan raungan mesin di kap depan juga tak mengurangi kualitas kenyamanan di dalam kabin. Hanya saja, pada bagian belakang atau baris ketiga, sedikit terasa ada suara yang kemungkinan dihasilkan dari ban.

    Tapi balik lagi, mobil ini soal pilihan. Tapi jika memang ingin memiliki mobil nyaman dengan fitur melimpah dan harga miring, DFSK Glory 560 bisa jadi pilihan. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here