Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    MotorBuktikan Kuat, IRC Ecotrax Uji Jalan Sejauh 17 Ribu Kilometer

    Buktikan Kuat, IRC Ecotrax Uji Jalan Sejauh 17 Ribu Kilometer

    PT. Gajah Tunggal Tbk sukses meluncurkan model ban motor terbarunya yang diberi nama IRC Ecotrax. Ban ini sendiri merupakan pengembangan dari model sebelumnya yakni Enviro. IRC Ecotrax disebut memiliki hambatan gulir (rolling resistance) yang lebih kecil dibanding Enviro.

    “Imbasnya konsumsi bahan bakar motor yang menggunakan Ecotrax akan lebih irit dibanding ban lainnya,” jelas Takenori Nakamoto, Head of Global Sales IRC Tire di Proving Ground PT. Gajah Tunggal Tbk, Karawang, Jawa Barat, Kamis (14/11/2019).

    Penjelasan mengenai hal ini sebenarnya sangat sederhana. 

    Rolling resistance adalah gaya yang ditimbulkan oleh jalan atau permukaan terhadap ban kendaraan untuk menahannya dari menggelinding. Keadaan ini akan muncul saat ban bergesekan dengan permukaan jalan.

    Jika hambatan berputarnya besar, tentu mesin kendaraan bakal bekerja lebih keras untuk mempertahankan putaran roda. Ujung-ujungnya pasti bahan bakar tersedot lebih banyak. 

    Dengan ban yang lebih mudah berputar tentu membantu mesin untuk melakukan penghematan bahan bakar. 

    Jadi kalau ada pertanyaan apa hubungan antara pemilihan ban dengan soal efisiensi bahan bakar kendaraan, jawabannya seperti itu.

    Keunggulan lain dari Ecotrax sebagai ban untuk motor di segmen skutik seperti Honda BeAT, Yamaha Mio yang menggunakan ukuran ring 14’ adalah dari soal harga yang cukup ekonomis. 

    Untuk sepasang ban baru dari IRC ini, cukup dengan menebusnya seharga Rp 450 ribu saja.

    Tapi yang gak kalah penting dari keunggulan yang sudah disebutkan tadi, ternyata IRC Ecotrax juga punya kekuatan yang super kuat. Bahkan untuk membuktikannya, pihak PT, Gajah Tunggal Tbk, sudah melakukan pengetesan durability dari produk ini.

    “Kita sudah uji jalan melewati rute Tangerang-Cianjur selama 2 bulan. Kita juga tambahkan beban di bagian belakangnya sampai dua kali lipat. Hasilnya sampai jarak 17.000 km Ecotrax gak jebol, sementara punya kompetitor jebol,” terang Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT. Gajah Tunggal Tbk di tempat yang sama.

    Gimana, minat pakai IRC Ecotrax? Ban ini hadir dengan berbagai ukuran yang bisa kalian pilih, 70/90-14, 80/90-14, 90/90-14, 70/90-17, 80/90-17, dan 90/90-17. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here