Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBus Listrik PT INKA, E-Inobus Akan Digunakan TransJakarta?

    Bus Listrik PT INKA, E-Inobus Akan Digunakan TransJakarta?

    PT Industri Kereta Api atau INKA (Persero) yang dikenal dengan badan usaha milik negara yang memproduksi berbagai lokomotif termasuk kereta penumpang hingga gerbong barang, ternyata semakin dekat dengan keterlibatannya untuk membuat bus listrik.

    Ya, PT INKA tengah mengembangkan bus listrik bernama E-Inobus bahkan sedang dilakukan uji operasional di Jakarta dengan melibatkan Transjakarta.

    Menurut SM Pengembangan Produk dan Teknologi PT INKA Febry Pandu Wijaya, pengujian dilakukan untuk mengetahui performansi baterai, motor dan sebagainya pada rute operasional Transjakarta.

    “Saat ini, INKA sedang menawarkan E-Inobus ukuran 8-meter ke Transjakarta, dimana Transjakarta mensyaratkan pengujian bus selama kurang lebih 3 bulan pada rute operasional mereka”, ungkap Febry dilansir situs resmi PT INKA.

    Febry menyatakan, pengujian E-Inobus dilakukan mulai 23 Desember 2020 hingga 6 April 2021. Adapun pra-pengujiannya sendiri dilakukan selama dua minggu dan kemudian dilanjutkan dengan uji operasional selama tiga bulan.

    Sebelumnya, bus listrik E-Inobus sudah dilakukan uji landasan pada 13 Agustus 2020 dan telah lulus uji dengan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor pada 10 September 2020 di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat.

    Adapun bus listrik E-Inobus sendiri sejatinya merupakan produk hasil kerjasama PT INKA dengan Tron-E dari Taiwan sebagai mitra komponen drive train dan baterai bus serta Piala Mas dari Malang sebagai mitra pembuatan bodi bus listrik.

    Diketahui, waktu yang diperlukan dalam pengisian daya sampai penuh diperlukan waktu 3 – 4 jam. Tingkat kebisingan pada bus listrik jauh lebih baik (rata – rata sebesar 71 dB) jika dibandingkan dengan bus diesel (rata – rata sebesar 85 dB).

    Sekadar informasi, bus E-Inobus inni jika daya baterainya diisi penuh, maka dapat melaju dengan kecepatan maksimal hingga 90 km per jam dan jarak tempuhnya bisa mencapai 200 km per jam.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here