Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    InformasiModifikasiKerennya Cafe Racer Reborn Motor Berbasis Yamaha XSR 155 Lahir Karena Pandemi

    Kerennya Cafe Racer Reborn Motor Berbasis Yamaha XSR 155 Lahir Karena Pandemi

    Sejumlah perusahaan sepeda motor kini rajin menghadirkan desain retro atau klasik untuk memenuhi permintaan konsumen. Meski terlihat jadul, secara umum pada bagian teknologi dan fitur yang dibenamkan tetap modern serta terbarukan. 

    Cafe Racer, jadi salah satu desain sepeda motor klasik yang hingga saat ini banyak diminati secara global, termasuk di Indonesia dan disukai pecinta modifikasi. 

    Namun jika OLXer merasa tidak puas dengan tampilan café racer ala pabrikan, maka bisa juga memodifikasinya, dengan syarat tidak mencolok, tetap mematuhi aturan keselamatan, serta tetap nyaman dan tidak menghilangkan sistem keselamatan. 

    Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155. (@glanetsradicalkustom)

    Nah, jika bicara modifikasi motor ala café racer agar lebih keren, seorang modifikator dari Bandung, yaitu Purnama Sultan punggawa Glanets Radical Kustom telah mengubah wujud sosok Yamaha XSR 155 yang awalnya café racer standar pabrikan Yamaha menjadi terlihat lebih keren.

    Menurut Purnama, pada dasarnya desain Yamaha XSR 155 sangat mudah dibuat dengan gaya style apapun sesuai selera. Karena itu dia sengaja mengkombinasikan antara paduan konsep café racer old school dan new school, sehingga motor tersebut diberi nama Reborn Caferacer.

    Lantas apa saja yang diubah pada Reborn Cafe racer?

    Menurut Purnama, ubahan yang dilakukan termasuk pada bagian frame serta penempatan pijakan agar tetap nyaman saat rider mengendarainya. Selain itu, dia juga menggunakan plat berbahan galvanis berukuran 1,5 mm untuk membuat full body.

    “Kecuali tangki, masih ori bawaan XSR karena mewakili ciri khas dari XSR,” ujarnya Purnama saat berbincang dengan News OLX. 

    Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155 dimodifikasi dengan menggunakan kopling sistem hidrolik. (@glanetsradicalkustom)

    Selain itu, dia juga mengubah bagian kopling dengan menggunakan sistem hidrolik. Hal ini dia lakukan agar pengoperasian kopling lebih empuk sehingga tangan tidak cepat pegal, serta mengurangi risiko kabel kopling putus.

    Untuk kaki-kaki, Purnama mengatakan tetap mempertahankan velg bawaan Yamaha XSR 155. Hanya saja, dia mengganti ban tapak lebar seperti pada bagian depan berukuran 150-70/17 dan belakang 180-80/17. Kedua velg ini dibalut dengan ban merk Metzeler Sportec M3.5.

    Adapun pemilihan warna hitam dan emas pada motor ini ternyata punya filosofi sendiri. Ya, Purnama menjelaskan, jika penggunaan warna hitam, tak lain karena motor dibuat saat masa pandemic sehingga terasa lebih kelam.

    Namun, dengan adanya warna emas, maka hal itu diartikan agar manusia tetap bersabar dan harus kuat, serta tetap semangat supaya bisa merubah dunia agar tetap bersinar seperti emas.

    “Warna gold (emas) melambangkan hati & pikiran bersih agar bisa sejalan sebagaimana mestinya. Ditambah tahun 2021 ini pas banget disebut tahun Kerbau Emas, jadi motor ini mewakili di tahun 2021,” jelas Purnama.

    Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155. (@glanetsradicalkustom)

    Adapun untuk mengubah Yamaha XSR 155 berkonsep Café Racer Reborn, setidaknya Purnama telah menghabiskan waktu selama tiga bulan, dengan budget kisaran Rp 30-35 jutaan.

    Mau lihat karya-karya modifikasinya, lihat akun instagramnya di bawah ini:

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here