Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsCara Aman Membersihkan Kotoran yang Menempel di Kaca Film Mobil

    Cara Aman Membersihkan Kotoran yang Menempel di Kaca Film Mobil

    Penggunaan kaca film pada mobil sudah jadi hal lumrah. Sebab, kaca film tidak hanya sekadar untuk mengurangi intensitas sinar matahari masuk ke dalam kabin, tetapi juga banyak manfaat lainnya.

    Ya, kaca film juga bisa digunakan untuk menjaga privasi, agar lebih aman, entah karena soal pencurian atau menghindari kaca pecah ketika terjadi kecelakaan.

    Selain itu, kaca film juga dianggap menghemat konsumsi bahan bakar minyak.

    Namun OLXer juga harus tau, kalau pemasangan kaca film itu tidak dilakukan pada bagian kaca luar, melainkan kaca pada bagian dalam.

    Lantas, bagaimana jika kaca film kotor, baik karena tersentuh telapak tangan, atau hal lainnya?

    Menanggapi hal tersebut, Direktur PT V-Kool Indo Lestari (kaca film V-Kool) Linda Widjaja angkat bicara. Kata dia untuk membersihkan kaca film caranya cukup sederhana, yaitu boleh dilakukan dengan menggunakan lap dan air biasa.

    “Kalau lap pakai kain yang halus bisa. Misalnya memang masih ada minyaknya, bersihkan pakai sabun tapi jangan yang glass cleaner ya, kalau bisa sabun yang kimianya sedikit, shampo baby mungkin lebih aman,” ungkap Linda beberapa waktu lalu.

    Sebaliknya, membersihkan kaca film mobil dengan cairan kimia yang mengandung alkohol, hal tersebut justru mengurangi kinerja fungsi peredam panas matahari.

    Linda sendiri menganjurkan untuk tidak menggunakan lap bekas yang cukup kotor. Selain itu cara membersihkan kaca film perlu diperhatikan, yaitu dengan gerakan satu arah atau gerakan memutar. Sebab, kata dia, jika lap kotor dan cara melap asal-asalan bisa menimbulkan scratch atau goresan.

    “Kalau sudah scratch kita nggak masuk garansi, karena kan human error,” ucapnya. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here