Rabu, Juni 29, 2022
More
    BeritaCara Daihatsu Kembalikan Pamor Sirion di Indonesia

    Cara Daihatsu Kembalikan Pamor Sirion di Indonesia

    Daihatsu Sirion terbaru akhirnya dirilis untuk pasar Indonesia. Mobil yang masuk segmen city car ini diklaim telah mengalami penyegaran seperti pada bagian eksterior, interior maupun fitur.

    Kehadiran New Daihatsu Sirion ini mendapatkan sorotan, pasalnya mobil yang dibawa utuh oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dari Malaysia tersebut penjualannya tergolong kecil di Indonesia.

    Kecilnya penjualan Daihatsu Sirion rupanya tak dibantah Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso.

    Menurut Hendrayadi, penjualan city car di Indonesia sekitar 7-10 tahun lalu meyumbangkan 10 persen dari total pasar otomotif secara nasional. Namun, tidak dengan saat ini yang hanya menyisakan 1,5 persen. 

    Bahkan, Daihatsu Sirion beberapa tahun lalu mampu menjual Sirion 150-200 unit per bulan. Hanya saja, selama pandemi merosot, jadi sekitar 50-70 unit per bulan.

    “Saat ini pasar yang besar itu Low MPV, LCGC dan yang sedang tren itu Low dan Medium SUV,” jelas Hendrayadi saat peluncurannya.

    Lantas apa alasan Daihatsu tetap menjual Sirion?

    “Saat ini pasar city car hatchback ini kelihatannya akan segmented sekali. Konsumen segmen ini membutuhkan stylish, yang lebih baik ketimbang SUV, lalu mereka lebih membutuhkan mobil yang compact,” kata Hendrayadi.

    “Segmen konsumen seperti itu yang menurut saya beberapa tahun ke depan akan tetap seperti itu,” sambung Hendrayadi.

    Memanfaatkan model Daihatsu Sirion facelift dengan ubahan ringan yang dilakukan, maka langkah tersebut diharapkan mampu mendongkrak kembali penjualannya mobil berkapasitas 3-4 penumpang di segmen city car.

    Daihatsu sendiri rupanya tidak muluk-muluk memasang target penjualan Sirion facelift, yaitu minimal 100 unit per bulan. 

    Strategi Daihatsu 

    Menyadari kecilnya pasar segmen city car, Daihatsu ternyata memiliki strategi untuk membuat pamor Sirion naik kembali.

    Hendrayadi menyebutkan, setidaknya ada tiga hal yang dilakukan, yaitu produk, harga dan promosi.

    “Kalau kita bandingkan dengan city car hatchback lain, fitur di Daihatsu Sirion facelift itu jauh lebih banyak dibanding model kompetitor lain,” ujar Hendrayadi.

    “Sehingga kita berharap dengan produk improvement kali ini maka ini merupakan strategi untuk lebih meningkatkan pamor tadi dan lebih disukai lagi oleh target market kita,” tambahnya

    Dari segi harga, kata Hendrayadi, jika dibandingkan dengan competitor yang hanya ada tiga brand menyasar segmen citycar, Daihatsu Sirion cocok untuk konsumen anak muda dan keluarga muda.

    “Dari sisi promosinya, kita sudah siapkan aktivitas iklan yang sesuai dengan tren saat ini, yang mengarah ke dunia metaverse,” ucapnya. 

    Dengan model facelift , Daihatsu juga akan melakukan promosi atau pameran di kota-kota besar yang berlangsung akhir Juni atau Juli 2022.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here