Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriBegini Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah!

    Begini Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah!

    Apakah Anda tahu cara ganti oli mobil sendiri di rumah? Ternyata, hal ini cukup mudah untuk dilakukan sendiri, dan tidak perlu ke bengkel. Selain bisa menghemat waktu, bisa menghemat ongkos untuk montir juga!

    Oli mobil berperan penting dalam menjaga performa mesin dan rem agar selalu dalam keadaan yang prima. Dengan peran yang krusial seperti itu, penting sekali untuk melakukan penggantian oli secara berkala.

    Anda mungkin bertanya-tanya, ganti oli mobil berapa KM? Rata-rata mobil setidaknya harus diganti pelumas atau oli nya setidaknya 3 bulan sekali atau sekitar 5 ribu km.

    Mungkin Anda berpikir lebih baik mengganti oli di bengkel saja karena tidak ribet. Tidak ada salahnya untuk mengetahui cara mengganti oli mobil sendiri karena kemampuan ini membantu untuk menghemat banyak sekali biaya. Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya, langsung saja simak langkah langkah mengganti oli mobil berikut.

    1. Buat posisi mobil lebih tinggi

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat posisi mobil lebih tinggi. Anda bisa melakukan hal ini dengan memanfaatkan dongkrak atau dudukan. Posisi mobil sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, jika sampai tak diindahkan, bisa-bisa mobil cepat rusak.

    2. Siapkan peralatan untuk mengganti oli mobil

    Kemudian, cara ganti oli mobil selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Berikut adalah alat-alat yang harus disiapkan:

    • Kunci pas.
    • Wadah untuk menampung oli bekas.
    • Corong
    • Pompa
    • Oli baru yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan.

    Pastikan semua alat-alat tersebut sudah tersedia dan berada di dekat Anda dan mobil saat akan ganti oli. Karena proses ganti oli cukup cepat dan Anda tidak perlu repot-repot kesana kemari bila semua alat sudah dikumpulkan.

    Baca juga: Ganti Oli Mobil Berapa KM? Ini Panduannya Lengkapnya!

    3. Siapkan temperatur yang sesuai

    Langkah langkah mengganti oli mobil selanjutnya, Anda harus mempersiapkan suhu temperatur tertentu sebelum mengganti oli mobil. Temperatur mobil yang ideal untuk mengganti oli adalah dalam kondisi hangat, sekitar 35 derajat Celcius.

    Jika proses pembuangan oli bekas dilakukan saat keadaan baru dipanaskan, kotoran bisa bercampur dengan oli dan nantinya ikut terbuang. Terlebih, oli pun menjadi mudah mengalir ketika tutupnya dibuka.

    4. Buka penutup mesin dan kenop tempat ganti oli

    Selanjutnya, buka kap mesin mobil dan buka juga kenop tempat pengisian oli. Metode ini harus dilakukan jika Anda ingin proses pengurasan oli berjalan dengan lebih lancar dan cepat. Pastikan juga penutup pengisian oli diletakkan di dekatnya agar tidak kesulitan untuk mencari saat akan ditutup.

    Ilustrasi membuka kap mesin untuk ganti oli mobil

    5. Buka baut penguras oli

    Tahap ini memerlukan ketelitian yang lebih karena bisa dibilang cukup merepotkan. Anda harus mencari baut penguras yang lokasinya ada di bawah blok mesin. Gunakanlah kunci pas untuk membukanya. 

    Selanjutnya, jangan lupa untuk melepaskan terlebih dahulu gasket atau ring-nya. Sebelum baut benar-benar terlepas, pastikan juga Anda sudah memposisikan wadah untuk menampung oli bekas agar tidak tumpah dan meluber mengotori rumah Anda.

    Baca juga: 6 Risiko Ketika Lupa Untuk Mengganti Oli

    6. Lepaskan filter oli

    Jangan simpan dahulu kunci pas yang Anda pegang karena alat ini masih dibutuhkan untuk langkah selanjutnya. Gunakan kunci ini untuk membuka filter oli. Sebenarnya penggunaan kunci biasa bisa dilakukan, namun sayangnya baut bisa menjadi tidak awet.

    Pastikan lagi jika gasket sudah terlepas dari filter oli. Jika sampai terlupakan, oli bisa bocor. Jangan lupa untuk mengganti filter yang kotor dengan filter baru dan lumasi filter oli serta gasket dengan oli baru.

    Filter oli biasanya berbentuk bulat. Namun demikian, ada beberapa mobil Eropa memiliki filter berbentuk cartridge.

    7. Kuras oli hingga habis

    Langkah selanjutnya saat mengganti oli yakni hanya perlu menunggu oli terkuras hingga habis. Proses ini memakan waktu yang cukup lama karena oli tidak langsung keluar semuanya.

    Untuk memastikan semua oli bisa keluar dari mesin, gunakan pompa angin untuk menghembuskan udara dari lubang pengisian oli di kap mesin. Pastikan terus menembakkan udara hingga oli kotor benar-benar habis / berhenti menetes.

    Baca juga: Overheat, Kenali Gejalanya dan Cara Mengatasinya

    8. Tutup baut penguras oli

    Setelah proses menguras selesai, ember atau wadah yang Anda sediakan pasti sudah penuh dengan cairan berwarna hitam. Pastikan untuk memasang kembali baut penguras oli dan gasketnya untuk menghindari kebocoran.

    Setelah itu, cek sekali lagi untuk memastikan apakah oli masih menetes atau tidak. Pastikan juga cek gasket yang digunakan. Apabila gasket terlihat rusak, gantilah dengan yang baru untuk menghindari kebocoran.

    9. Pasang kembali filter oli

    Saat memasang filter oli, cek kembali filter dan baut supaya masuk ke dalam ulir di jalur yang benar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memutarnya dengan tangan terlebih dahulu.

    Jika sudah agak susah atau keras, teruskan dengan kunci untuk mengencangkannya. Pastikan untuk tidak mengencangkan baut terlalu keras karena hal tersebut bisa merusak ulir dan mengakibatkan kebocoran oli.

    10. Tuang oli yang baru

    Setelah melalui berbagai cara mengganti oli yang sudah dijelaskan di atas, ini adalah langkah yang paling ditunggu-tunggu, yakni menuangkan oli baru.

    Tuangkan oli baru yang sudah disiapkan ke lubang yang terletak di mesin bagian atas. Nah, hal utama yang harus diperhatikan saat melakukan proses ini adalah memastikan terlebih dahulu batas maksimal oli mobil.

    Mengapa demikian? Pasalnya, oli tidak boleh sampai kelebihan apalagi kekurangan. Setelah semua sudah selesai dilakukan, tutup kembali knop tempat ganti oli dan kap mobil.

    Baca juga: Masalah yang Terjadi Jika Kekurangan dan Kelebihan Oli Mesin

    11. Hidupkan mesin mobil

    Terakhir, Anda hanya perlu menghidupkan mesin terlebih dahulu selama 3 menit saja. Setelah itu, Anda bebas untuk membawa mobil yang tentunya performanya terasa lebih mulus dari sebelumnya.

    Itulah pembahasan dari OLX Autos mengenai cara mengganti oli mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Ternyata, tidak sesulit yang Anda pikirkan, bukan?

    Meskipun terkesan mudah, Anda masih harus tetap berhati-hati dalam menjalankan semua langkah-langkah di atas, ya. Apabila masih merasa belum yakin, Anda juga bisa belajar dengan para montir handal sebelum benar-benar melakukannya sendiri.

    Artikel ini diperbarui pada 17 Agustus 2022 oleh Bisma L.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait