Minggu, Mei 29, 2022
More
    BeritaCara Korlantas Polri Siasati Arus Balik Mudik Lebaran 2022

    Cara Korlantas Polri Siasati Arus Balik Mudik Lebaran 2022

    Korlantas Polri siap melakukan antisipasi arus balik mudik Lebaran yang diprediksi akan terjadi mulai hari ini, (Kamis) 5-6  Mei 2022 dan mengalami puncaknya pada 7-8 mei 2022.

    Menurut Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan saat arus balik nanti, kepolisian akan menyiapkan CB (Cara Bertindak), diantaranya melalui pemberlakuan oneway ganjil-genap dan contraflow.

    “Kita sudah membuat jadwal yang sudah disosialisasikan kepada masyarakat,” ungkap Aan seperti disitat NTMC Polri, Kamis (5/5/2022)

    Rencananya, jadwal oneway ganjil-genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jumat sampai dengan pukul 24.00 WIB.

    “Namun untuk waktu pemberlakuan lebih lanjut bersifat situasional,” sambung dia.

    Apabila terjadi kepadatan arus balik atau stagnasi macet, maka Kepolisian akan menutup semua akses masuk ke arah barat, kemudian mengeluarkan kendaraan di Tol Cipali ke arteri Pantura.

    Selain itu, kepolisian juga akan melakukan penambahan full penuh oneway Gage hingga Km 3+500 Jakarta.

    Bahkan hal ini tidak menutup kemungkinan bakal diteruskan keluar di pintu Semanggi atau di lima alternatif yang telah disiapkan Ditlantas Metro Jaya.

    Aan berharap, agar arus balik lebaran ini tidak terjadi kemacetan seperti di Dawuan, Majalengka, pada saat arus mudik kemarin.

    “Pada saat arus balik, semua dialirkan, dialihkan, tidak ada lagi yang membuka sebelum dinyatakan normalisasi dilakukan atau oneway ditutup,” tegasnya.

    Kata Aan, hal ini dilakukan agar masyarakat tidak menunggu lama di depan gate tol hingga berakibat antrian.

    “Tetap semangat pada saat kita mengamankan arus balik nanti, yang tentunya ini akan lebih berat dari arus mudik kemarin karena masyarakat akan berlomba-lomba untuk kembali pada tanggal 7-8 ini,” jelas Aan.

    Arus balik mudik lebaran lebih berat

    Berkaca dari kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2022 kemarin, Aan menyebutkan ada beberapa hal yang mengakibatkan terjadinya perlambatan.

    Nah, perlambatan tersebut diakibatkan kendaraan tidak laik jalan, pemudik yang menerobos dari jalur B ke A maupun sebaliknya di u-turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) saat pemberlakuan one way maupun contra flow di ruas tol.

    Selain itu ada juga pengemudi yang tidak mematuhi aturan dan sangat membahayakan, yaitu berhenti di bahu jalan menjelang rest area.

    Adapun untuk mengurai tingginya volume kendaraan arus balik, maka ada beberapa hal yang dipersiapkan, yaitu:

    – Siapkan anggota yang melakukan PAM di Rest area. Karena ini akan menjadi trouble spot perlambatan saat arus balik.

    Ketika masuk Cipali Km 102, kendaraan akan mulai padat dan menjadi titik lelah pengemudi dari arah timur.

    Sehingga personel di rest area dan tim urai harus kuat untuk mengatur dan mengarahkan masyarakat. Serta siaga di U-turn atau dobrak.

    Baca juga  Gara-Gara Virus Corona Banyak Pabrik Otomotif Terancam Tutup

    – Siapkan rest area di exit tol terdekat atau arteri untuk pengemudi limpahan dari Tol yang ingin istirahat atau yang berhenti di bahu jalan.

    – Laksanakan manajemen media, karena ini sangat ampuh untuk terus disampaikan update kondisi arus terakhir kepada masyarakat.

    – Tetap mengalihkan arus ke jalur arteri pada saat pemberlakuan Oneway sampai dengan ada informasi pembukaan arus normal.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here