Minggu, Juni 26, 2022
More
    BeritaCara Legenda Paris Dakar ‘Siksa’ Mitsubishi Xpander Terbaru

    Cara Legenda Paris Dakar ‘Siksa’ Mitsubishi Xpander Terbaru

    Mitsubishi Xpander kini sudah mengalami penyegaran ringan pada bagian eksterior, interior dan performa mesinnya.

    Namun OLXers harus tahu, sebelum resmi diluncurkan, mobil penantang Avanza-Xenia, Mobilio dan Ertiga tersebut rupanya sudah mengalami berbagai pengujian.

    Bahkan, pengujian juga dilakukan pereli Mitsubishi Motors sekaligus Legenda Paris Dakar, Hiroshi Masuoka. 

    Tidak hanya itu, pengujian New Mitsubishi Xpander ini diunggah ke akun Youtube  berjudul “New Xpander Top Class Stability!”.

    Pengujian Mitsubishi Xpander Terbaru

    Nah, OLXers mau tahu bagaimana mantan Masuoka menyiksa New Xpander? Berikut beberapa tantangannya. 

    1. Mengemudi di atas gundukan

    Mitsubishi Xpander melintasi trek di atas gundukan. (Mitsubishi)

    Dalam video rekaman yang diunggah ke Youtube, Masuoka mengemudikan New Xpander berkelir merah melalui jalanan besi, yang ternyata hal tersebut merupakan simulasi gundukan dengan ketinggian satu meter.

    Bagaimana hasilnya? Matsuoka ternyata dengan mulus melewatinya. 

    Disebutkan, hal ini karena New Xpander menawarkan approach angle yang cukup di bawah bumper depan, ground clearance di bawah bodi mobil dan departure angle di bawah bumper belakang.

    “Mobil menawarkan ground clearance yang sangat cukup sehingga Anda dapat berkendara dengan aman tanpa terlalu khawatir tentang permukaan jalan. Dengan tiga baris kursi seluruh keluarga dapat menikmati perjalanan jarak jauh bersama-sama, bahkan dengan kapasitas penuh 7 penumpang,” ungkap Matsuoka.

    2. Xpander Lewati Chambering

    Mitsubishi Xpander melewati jalur untuk teknik Chambering. (Mitsubishi)

    Matsuoka juga menguji mobil dengan contoh jalan Chambering, dimana kondisi mobil dikemudikan miring ke samping. 

    Hasilnya, mesin dengan satu ban mengambang dari tanah, namun mobil ini masih terlihat kekakuan yang tinggi dari struktur bodi New Xpander yang memberikan stabilitas dan handling. 

    Bahkan, pada permukaan jalan yang sangat tidak stabil, tiga rodanya ternyata kuat mencengkram permukaan.

    “New Xpander memiliki bodi yang solid dengan pengendalian yang luar biasa, dan dapat merespon dengan cepat ketika Anda perlu menghindari rintangan,“ ucapnya.

    3. Mogul Driving

    Mitsubishi Xpander menguji di jalur Mogul Driving. (Mitsubishi)

    Matsuoka juga menjajal dengan Teknik Mogul Driving, yaitu kondisi dimana pengemudi berkendara di atas permukaan yang sangat tidak rata. 

    Hasilnya, ayunan suspensi New Xpander membuat roda banyak bergerak ke atas dan ke bawah, namun mobil tidak terlalu miring ke kedua sisi. 

    Maka dari itu, hal ini akan membantu penumpang yang tidak biasa berkendara dengan mobil dengan kemungkinan yang lebih kecil untuk mabuk kendaraan.

    4. Lolos dari Kondisi Terjebak

    Mitsubishi Xpander lolos dari kondisi terjebak. (Mitsubishi)

    Matsuoka juga melakukan simulasi dengan New Xpander dimana ia lolos dari kondisi ban yang selip. 

    Ya, ban bagian depan kini diposisikan pada roller, untuk mendemonstrasikan kendaraan dalam kondisi selip. 

    Alhasil, mobil ini memiliki sebuah mekanisme meloloskan diri pada waktu mobil terjebak, seperti dalam kondisi gundukan atau lumpur dalam. 

    Menggunakan sebuah sistem pengendalian traksi yang secara elektronis menghentikan selip dengan cara menginjak pedal gas, hingga dapat lolos. Fitur yang dapat diandalkan seperti ini menawarkan manfaat yang besar ketika Anda sedang berada dalam situasi serupa.

    Baca juga  Mitsubishi Triton Terbaru Lebih Sangar Dengan Standar Emisi Euro 4

    5. Xpander Mendaki Tanjakan Curam

    Mitsubishi Xpander berhasil melalui pengujian menanjak. (Mitsubishi)

    Nah, yang sempat diragukan sejumlah orang, dimana New Xpander berpenggerak roda depan kurang kuat menanjak. Namun hal itu rupanya ditepis langsung oleh Matsuoka.

    Bagaimana tidak, Matsuoka ternyata mampu mengendarai New Xpander pada kemiringan yang curam, dan ban depan mencengkram permukaan tanpa membuat kondisi ban selip. 

    Usut punya usut, ini juga tak lepas dari transmisi CVT baru yang menggunakan kecepatan mesin jadi lebih efisien dan jarak torsi. Dengan begitu, kekuatan mesin dapat disalurkan ke permukaan jalan bahkan pada tanjakan dengan kemiringan curam seperti dalam video. 

    Dari pengujian New Mitsubishi Xpander, Masuoka mengatakan bahwa New Xpander merupakan mobil yang dapat dikendarai dengan nyaman dan aman pada berbagai kondisi jalan, mulai dari aspal yang rata, hingga jalanan bebatuan.

    “Dengan diameter shock absorber belakang yang lebih besar, mobil ini memberikan kenyamanan berkendara dengan suspension stroke yang cukup untuk melaju sangat stabil. Saya harap Anda akan menikmati New Xpander,” tutupnya.

    Mau jual mobil lama dan beli Mitsubishi Xpander Terbaru? Bisa langsung lakukan di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here